Perbandingan Ponsel Berkamera Sekunder : O2 XDA Comet vs Nokia X6 8GB

17 Nov 2011 15:00 3891 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada artikel ini, mari kita mengeksplorasi persamaan dan perbedaan antara dua ponsel yakni O2 XDA Comet vs Nokia X6 8GB. O2 XDA Comet merupakan sebuah ponsel yang berteknologi GSM yang diriis sekitar bulan November 2007, sedangkan Nokia X6 8GB dirilis sekitar bulan Juli 2010. Nokia X6 8GB merupakan sebuah ponsel dengan model yang relatif lebih baru dari O2 XDA Comet.

Pada artikel ini, mari kita mengeksplorasi persamaan dan perbedaan antara dua ponsel yakni O2 XDA Comet vs Nokia X6 8GB. O2 XDA Comet merupakan sebuah ponsel yang berteknologi GSM yang diriis sekitar bulan November 2007, sedangkan Nokia X6 8GB dirilis sekitar bulan Juli 2010. Nokia X6 8GB merupakan sebuah ponsel dengan model yang relatif lebih baru dari O2 XDA Comet.

Perbedaan utama antara kedua ponsel ini yakni, Nokia X6 8GB menawarkan video player dan GPS yang tidak hadir dalam O2 XDA Comet. Keduanya memang mendukung fitur audio player, kamera primer dan sekunder, Bluetooth, speakerphone, touchscreen, FM Radio, GPRS serta 3G. Nokia X6 8GB merupakan perangkat yang memiliki berat lebih ringan dan lebih kecil dari Comet.

Sekarang, mari kita bandingkan fitur-fitur dari perangkat O2 XDA Comet vs Nokia X6 8GB ini lebih terinci.

Konektivitas dan Komunikasi

O2 XDA Comet tidak memiliki fitur GPS, sedangkan Nokia X6 8GB mendukung fitur ini. Seperti yang telah dibahas pada perbandingan sebelumnya yang masih tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dengan seri Nokia X6, Nokia X6 8GB menyediakan dukungan A-GPS beserta Ovi Maps 3.0. Nokia X6 8GB ini ternyata tidak memiliki port inframerah, sedangkan O2 XDA Comer memilikinya.

O2 XDA Comet hanya mendukung Bluetooth v1.2 sedangkan Nokia X6 8GB telah dilengkapi dengan A2DP Bluetooth v2.1. Bluetooth merupakan sebuah komputasi dan spesifikasi industri telekomunikasi yang menjelaskan bagaimana telepon selular, komputer dan personal digital assistant (PDA) dapat dengan mudah menghubungkan satu sama lain dengan telepon rumah dan bisnis menggunakan koneksi nirkabel jarak pendek. Bluetooth sangat berguna ketika mentransfer informasi antara dua atau lebih perangkat yang dekat satu sama lain dalam keadaan bandwidth yang rendah.

Dalam konektivitas, O2 XDA Comet hanya menawarkan jaringan EDGE saja sementara Nokia X6 8GB dilengkapi dengan EDGE Class 32. Selain itu, O2 Comet menawarkan WiFi 802.11 b/g WLAN dan Nokia X6 8GB memiliki WiFi 802.11 b/g dengan UPnP WLAN. LAN nirkabel (WLAN) merupakan jaringan area lokal nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih komputer atau perangkat yang menggunakan spread spektrum atau modulasi OFDM.

O2 XDA Comet hanya menyediakan layanan 3G HSDPA sementara Nokia X6 8GB mendukung HSDPA 3.6 Mbps 3G. HSDPA adalah sebuah protokol berbasis paket yang meningkatkan kecepatan data dalam jaringan UMTS dan mengangkat kecepatan transmisi ke kisaran megabit, sedangkan 3G adalah generasi ketiga yang melibatkan nirkabel berkecepatan tinggi, data multimedia dan komunikasi suara. Video streaming dengan jaringan 3G akan sangat membantu Anda dalam menghemat biaya secara efektif dan ekonomis bagi operator nirkabel.

Multimedia

Jika O2 XDA Comet hanya memiliki kamera 2MP, 1600x1200 piksel dan kamera LED flash, maka Nokia X6 8GB memiliki kamera 5MP, 2592x1944 piksel, Carl Zeiss optik, autofocus, dual LED flash, lampu video dan Geo-tagging kamera. Autofocus atau AF merupakan fitur kamera yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan fokus yang tepat pada sasaran, bukan membutuhkan operator untuk mengatur fokus secara manual. Perbedaan lainnya terletak pada kamera sekunder dari masing-masing ponsel, di mana O2 XDA Comet menawarkan kamera sekunder dengan video call camera sedangkan Nokia X6 8GB telah mendukung kamera sekunder QCIF @15fps. Fungsi kamera sekunder adalah membantu pengguna untuk terhubung untuk konferensi video call.

Tampilan

Tampilan layar O2 XDA Comet mengahdirkan jenis layar TFT touchscreen resistif 65K warna sementara Nokia X6 8GB dilengkapi dengan TFT capacitive touchscreen 16M warna. Jenis layar TFT juga dikenal sebagai layar matriks aktif. TFT (Thin Film Transistor) merupakan display kristal cair yang ditemukan pada komputer notebook dan display panel datar. Sebuah layar touchscreen mampu mendeteksi keberadaan dan lokasi sebuah sentuhan dalam area layar.

Perbedaan mencolok lainnya terlihat pada ukuran layar di mana O2 XDA Comet memiliki resolusi 240 x 320 piksel dengan ukuran layar sebesar 2.7 inci sementara Nokia X6 8GB memiliki resousi 360 x 640 piksel dengan ukuran layar 3.2 inci. Selain itu, O2 XDA Comet memiliki fitur display handwriting recognition yang tidak dimiliki oleh Nokia X6 8GB, tetapi ponsel Nokia X6 8GB ini menyediakan Sensor jarak untuk auto turn off, accelerometer sensor untuk auto rotate dan tampilan fitur display scratch resistant Gorilla glass.

Kesimpulan

Berhubung O2 XDA Comet dirilis sekitar tahun 2007 silam, ketersediaannya di pasaran saat ini mungkin tidak terlalu banyak dan kalaupun tersedia hanya tersedia dalam kondisi second saja. Oleh karena itu, Paseban tidak mendapatkan informasi harga yang jelas dari ponsel O2 XDA yang satu ini. Sedangkan untuk seri Nokia X6 8GB, harga produksinya dijual dengan kisaran harga Rp 3.050.000 dan harga second yang dijual dengan harga sekitar 2 juta rupiah. Jadi, Anda pilih yang mana? [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel