Camcorder Full HD Camileo S20 Keluaran Toshiba yang Cantik dan Mungil

18 Feb 2013 11:30 2444 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apabila camcorder full HD lain didesain dengan bodi berukuran besar dan tentunya dengan harga yang cukup mahal, berbeda dengan **Camileo S20**. Toshiba yang merupakan manufaktur penelur Camileo S20, merancang secara khusus inovasi terbarunya tersebut dengan beberapa pembaharuan fisik yang membuatnya memiliki perbedaan sangat jauh dengan camcorder konvensional lain.

Apabila camcorder full HD lain didesain dengan bodi berukuran besar dan tentunya dengan harga yang cukup mahal, berbeda dengan Camileo S20. Toshiba yang merupakan manufaktur penelur Camileo S20, merancang secara khusus inovasi terbarunya tersebut dengan beberapa pembaharuan fisik yang membuatnya memiliki perbedaan sangat jauh dengan camcorder konvensional lain. Pada umumnya, camcorder yang tersebar dipasaran memiliki bentuk fisik yang terbilang besar, dan semakin tinggi kemampuan yang diusungnya, maka semakin besar pula ukuran bodinya.

Namun, kali ini Toshiba mencoba merakit sebuah camcorder yang didesain sedemikian rupa, hingga pada akhirnya ia berhasil merilis sebuah camcorder full HD (1920 x 1080 pixels) terbaru dengan seri Camileo S20 ke pasar kamera Indonesia dengan wujud dan rupa yang unik dan menarik. Dikatakan unik dan menarik, karena bodinya yang betul - betul ramping, mungil, dan sepintas terlihat seperti sebuah smartphone masa kini. Namun, sangat dipastikan akan banyak yang bertanya mengenai seberapa baik kemampuan yang dimiliki oleh Camileo S20 ini, tidak terkecuali anda, bukan. Untuk itu, Paseban juga akan menulis sedikit review beserta keterangan spesifikasi yang tertanam pada Camileo S20, sehingga bisa sedikit membantu dalam menjawab pertanyaan tersebut. Mari kita simak reviewnya dibawah ini!

Camcorder full HD Camileo S20 memiliki tatanan kendali yang terbilang praktis, karena hampir seluruh tombol akses diletakkan pada bagian belakang, yang akan sangat mudah terjangkau oleh pengguna saat menggunakan Camileo hanya dengan satu tangannya sekalipun. Sedangkan untuk melakukan perekaman video, Camileo menyediakan pilihan resolusi mulai dari 320 x 240 pixels (QVGA) hingga resolusi maksimum 1920 x 1080 pixels (Full-HD). Sedangkan untuk fitur pemotretan objek diam (foto), disediakan resolusi gambar mulai dari 3 MP, 5 MP, hingga 16 MP (interpolasi). Sayangnya, camcorder ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di mana fungsi zoom yang dimilikinya hanya sebesar 4x digital dan tanpa perbesaran optis, serta besaran aperture (bukaan cahaya) yang hanya sebesar f/3.2 (fixed). Selain itu, memori internal yang disediakan oleh camcorder ini hanya berkapasitas 128 MB, dan itu pun hanya dapat digunakan 96 MB saja. Sehingga mengharuskan anda untuk menggunakan memori eksternal sebagai media penyimpanan utama.

Penggunaan camcorder full HD ini bisa dibilang sangat mudah. Hal itu didukung dengan tombol kontrol yang cukup minim. Hanya saja, bagi yang belum terbiasa menggunakannya, mungkin akan mengalami sedikit kebingungan dalam penggunaannya. Untuk kualitas rekam dan potret, Camileo S20 bisa dikatakan mapan sebagai camcorder kelas entry-level. Namun, meskipun resolusi video Full HD bisa didapatkan, ternyata kualitas rekam video akan jauh lebih baik apabila menggunakan kerapatan 848 x 480 pixels (WVGA) dengan frame rate 60 fps. Dan ternyata, sistem video stabililization pada Camileo hanya bekerja pada perekaman dengan pilihan resolusi dibawah 720 pixels. Camileo juga menyediakan tombol PreRec, yang fungsinya untuk merekam objek lebih awal. Selain itu, tombol tersebut juga dapat berfungsi untuk melakukan upload foto atau video ke YouTube saat dikoneksikan ke laptop atau PC.

Beralih ke spesifikasi yang diusung oleh Camileo S20. Dibawah ini adalah spesifikasi lengkap yang Paseban dapatkan dari Toshiba, yang merupakan sang vendor dari pada camcorder Full HD Camileo S20.

Camileo S20 menyuguhkan resolusi foto dengan kerapatan 2048 x 1536 pixels (3 MP) hingga 4608 x 3456 pixels (16 MP). Sementara untuk videonya, ia menyediakan pilihan resolusi dengan kerapatan 320 x 240 pixels hingga 1920 x 1080 pixels. Sebagai pendukung konektifitas, telah disediakan port A/V , miniUSB, dan miniHDMI, yang mana Toshiba juga memberikan paket kabel lengkap pada bundel kemasan Camileo. Camcorder full HD ini mengusung layar LCD Color widescreen berdimensi 3 inci yang ditanamkan pada bodi berukuran 10.8 x 6.2 x 1.7 cm dengan bobot 118 gram. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan energi, Camileo mengandalkan baterai isi ulang jenis Lithium-Ion yang memiliki kapasitas hingga 1000 mAh. Disamping itu, camcorder ini memberikan fitur rekam dengan ketentuan format MPEG4 / AVC untuk videonya dan JPEG untuk format foto yang dihasilkan. Lalu bagaimana soal harganya? Sesuai dengan informasi yang didapat, Camcorder full HD Camileo S20 dipasarkan dengan bandrol harga berkisar Rp1.100.000. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel