Fitur-Fitur Baru Pada OS Ice Cream Sandwich Android (Part-1)

8 Nov 2011 13:00 3262 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

*Mobile OS* (Operating System) baru milik Google, OS Ice Cream Sandwich Android 4.0, sudah bukan berita baru lagi. Google pertama kali mengumumkannya pada acara Google I/O bulan Mei 2011 lalu. Namun Google belum secara resmi merilis "Ice Cream Sandwich Android".

Mobile OS (Operating System) baru milik Google, OS Ice Cream Sandwich Android 4.0, sudah bukan berita baru lagi. Google pertama kali mengumumkannya pada acara Google I/O bulan Mei 2011 lalu. Namun Google belum secara resmi merilis "Ice Cream Sandwich Android".

Pada acara tersebut Google memberikan demo dari Ice Cream Sandwich Android masih dalam versi Beta. Versi "final" dari mobile OS ini baru diumumkan oleh Google Oktober kemarin dan bersamaan dengan launching smartphone Samsung Nexus terbaru, dan keduanya akan rilis resmi bulan November ini.

Bagaimana versi "final" dari "Ice Cream Sandwich Android" yang siap rilis ini? Mari kita intip langsung ke markas Google dan mendapatkan penjelasan langsung dari Tim pengembang di sana.

Perubahan UI (User Interface)

Kebanyakan pengguna yang sebelumnya pernah menggunakan perangkat iOS milik Apple akan berkomentar: "rasanya seperti OS yang belum selesai" pada semua OS Android versi sebelumnya. Tetapi Ice Cream Sandwich Android, yang memiliki konsep satu OS untuk semua perangkat Android, smartphone ataupun tablet, bisa disebut sebagai OS Android yang mendekati kata "selesai."

Perubahan UI pertama yang terlihat adalah pada background notifikasi yang transparan, homescreen widget yang dapat dengan mudah dipindah dan diubah ukuran, dan lock screen nampak lebih seperti Honeycomb, OS Android yang hanya tersedia untuk perangkat tablet. Tim pengembang Google juga menunjukkan official font baru milik Android bernama Roboto. Font ini digunakan hampir pada semua elemen dari OS.

Satu fitur yang baru dari Ice Cream Sandwich adalah Face Unlock. Face Unlock adalah fitur sistem keamanan Android yang menggunakan kamera depan untuk men-scan dan verifikasi wajah Anda. Fitur ini menggunakan teknologi facial recognition milik Pittsburgh Pattern Recognition, perusahaan yang baru saja dibeli oleh Google awal tahun ini. Sayangnya fungsi dari Face unlock ini masih belum sepenuhnya sempurna, hanya tiga dari lima percobaan berhasil membaca dan verifikasi wajah pengguna. Jadi untuk sementara Anda bisa menggunakan Pin atau Pattern untuk mengunci Android Anda.

Fitur baru kedua adalah Android Beam. Fitur ini untuk mendukung perangkat Android baru yang sudah menyertakan kemampuan NFC (Near-Field Communications). Dengan hanya men-tap, Anda bisa berbagi file-file lain antar pengguna Ice Cream Sandwich Android dan juga kemampuan lain dari NFC yang sedang marak dikembangkan saat ini.

Untuk kelanjutan fitur-fitur baru pada Ice Cream Sandwich Android, Anda bisa membacanya pada artikel Paseban selanjutnya. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel