Lacak Posisi Ponsel dengan Google Latitude

25 Jul 2011 15:20 29843 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ponsel Anda hilang? Jangan cemas dulu, Anda bisa menggunakan Google Latitude. Melalui fasilitas ini, Anda juga bisa membuntuti teman-teman atau keluarga Anda secara real-time dan gratis!

Ponsel Anda hilang? Jangan cemas dulu, gunakan Google Cell Phone Tracker atau pelacak ponsel Google. Caranya dengan mengklik http://m.google.com/latitude. Melalui fasilitas ini, Anda sekaligus bisa membuntuti teman-teman atau keluarga Anda secara real-time. Hebatnya lagi, fasilitas ini gratis.

Pelacak ponsel ala Google ini disebut Google Latitude. Alat ini bisa memetakan posisi sasaran dengan memanfaatkan transmisi menara ponsel, GPS atau Wi-Fi. Lokasi sasaran selanjutnya akan terlihat di dalam Google Map.

Google awalnya merilis Google Latitude untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi (OS) Symbian dan Windows Mobile. Namun, belakangan juga membuatnya untuk sebagian ponsel Android dan Apple. Selain untuk ponsel, Latitude juga tersedia dalam versi PC Tracker atau Pelacak Komputer.

Jika transmisi menara ponsel, GPS atau Wi-Fi berfungsi, pelacakan dengan Latitude bisa cukup akurat, toleransi selisihnya hanya beberapa meter saja. Namun, toleransi itu bisa bertambah jika GPS tidak aktif dan hanya mengandalkan transmisi menara ponsel. Pemilik ponsel yang tidak ingin dilacak bisa menyamarkan posisinya sehingga Google Map hanya bisa menampilkan kota tempat dia berada.

Sejauh ini, Google telah menginvestasikan dana besar untuk Latitude demi membuat layanan yang lebih berguna. Namun, tampaknya, walaupun banyak dinilai menguntungkan, Google tampaknya belum hendak membuka Latitude ini untuk meraup iklan. Alhasil, layanan ini masih sangat nyaman digunakan. HF

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel