BlackBerry Runtime For Android - Menjalankan Aplikasi Android di PlayBook

3 Nov 2011 13:00 4782 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada event Devcon 2011, RIM menampilkan beberapa fitur, aplikasi dan *games* terbaru yang dimiliki oleh BBX OS 2.0 Developer Beta tersebut. Namun bagi banyak pihak keseluruhan demo dari RIM tersebut tidak mereka pedulikan, fokus mereka adalah pada BlackBerry Runtime for Android Apps, yaitu kemampuan PlayBook untuk menjalankan aplikasi Android.

Minggu lalu RIM memperkenalkan BBX OS 2.0 versi Developer Beta, Operating System baru bagi smartphone BlackBerry dan tablet PlayBook, melalui sebuah acara bernama Devcon (Developer Conference) 2011 di San Francisco. Pihak QNX, sebagai pengembang dari OS terbaru ini, menyatakan OS ini dikembangkan dengan memanfaatkan HTML5 untuk menjembatani gap antara OS 6 dan OS 7, dan juga menambahkan dukungan atas layanan Cloud BlackBerry.

Pada event Devcon 2011 tersebut, RIM menampilkan beberapa fitur, aplikasi dan games terbaru yang dimiliki oleh BBX OS 2.0 Developer Beta tersebut. Namun bagi banyak pihak keseluruhan demo dari RIM tersebut tidak mereka pedulikan, fokus mereka adalah pada BlackBerry Runtime for Android Apps, yaitu kemampuan PlayBook untuk menjalankan aplikasi Android.

Rumor tentang BlackBerry PlayBook bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android sudah lama terdengar. Namun rencana tersebut baru terealisasi dengan adanya BBX OS 2.0, di mana OS terbaru PlayBook ini mendukung Eclipse Android Development environment lewat BlackBerry Runtime for Android ini.

Beberapa hari setelah Devcon 2011, muncul sebuah video demo dari seorang developer independen yang mencoba kemampuan dari BlackBerry Runtime for Android ini. Video tersebut menampilkan sebuah homescreen bernama "Android Apps" yang berisi dengan aplikasi-aplikasi Android seperti IM+ Pro, IMDb, Gmail, Amazon Kindle, Kik Messenger, Google Places, dan beberapa aplikasi lain. berikut video demo tersebut.

Demo BlackBerry Playbook OS V2.0 Beta + Android Apps

Namun untuk saat ini BlackBerry Runtime for Android masih terbatas bagi developer saja, pengguna umum belum bisa menggunakannya. RIM hanya merilisnya kepada developer karena ingin menyempurnakan produk yang baru saja selesai tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas tentang BlackBerry Runtime for Android, Anda bisa mendapatkannya pada situs resmi terbaru BlackBerry yang dibuat khusus untuk para pengembang di sini. Anda juga bisa mendapatkan BlackBerry Runtime for Android pada situs tersebut dengan syarat Anda adalah pengembang yang teregister. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel