Indonesia Toll View V - Pantau Jalan Tol se-Indonesia via Android

31 Oct 2011 14:00 4500 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda pergi tamasya ke luar kota, setidaknya Anda pasti mengambil jalur jalan tol untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Sayangnya, jalan tol mungkin bisa saja menjadi sepadat jalur jalan biasa. Untuk itu, jika Anda menggunakan *smartphone* Android, cobalah aplikasi Indonesia Toll View V.

Jalan tol di Indonesia biasanya disebut sebagai jalan bebas hambatan, secara harfiah jalan tol sendiri merupakan sebuah jalan alternatif untuk menghindari kemacetan lalu lintas atau untuk mempersingkat jarak tempuh dari suatu tempat ke tempat yang hendak dituju. Penggunaan jalan tol yang disinonimkan sebagai jalan bebas hambatan oleh orang Indonesia sebenarnya agak sedikit salah kaprah. Karena jalan bebas hambatan atau dalam istilah bahasa Inggrisnya free way atau expressway berarti jalan yang tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya. Sedangkan jalan yang menggunakan biaya dinamakan sebagai tollway atau tollroad yang berarti jalan berbayar. Biayanya bermacam-macam, tergantung jenis kendaraan dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak yang bersangkutan.

Jika Anda pergi tamasya atau liburan ke Jakarta, Bandung, Bali dan kota-kota lainnya, setidaknya Anda pasti mengambil jalur jalan tol untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan berbagai hal lain yang menjadi alasan tersendiri bagi Anda. Di lingkungan ibu kota yang padat, jalan tol mungkin bisa saja menjadi sepadat jalur jalan biasa. Untuk itu, jika Anda menggunakan smartphone Android, cobalah aplikasi Indonesia Toll View V buah karya Heri Kiswanto alias Ibenk'z asal Indonesia ini. Dari nama aplikasinya saja sudah ketahuan bahwa yang membuat Indonesia Toll View V juga pasti asli orang Indonesia.

Aplikasi Indoensia Toll View V sudah tersedia di Android Market dengan versi 1.2 yang bisa Anda unduh secara gratis. Aplikasi ini akan membantu Anda memantau kondisi jalan tol di sekitaran kota Jakarta. Sebenarnya inti dari aplikasi ini seperti yang dikutip dari blog App Developernya sendiri, Ibenk'z menyatakan bahwa "aplikasi Indonesia Toll View V menyediakan video streaming mobile yang ia ambil dari situs resmi PT. Jasa Marga (Persero) untuk memonitoring kondisi jalan tol di seluruh Indonesia".

Aplikasi-aplikasi yang mendukung perjalanan Anda dengan label buatan anak negeri ini seperti aplikasi Indonesia Toll View V seperti ini sudah banyak tersedia di Android Market dan App Store. Contohnya saja TransJakarta, Komutta dan tentunya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi hebat made in Indonesia di luaran sana. Sekarang tinggal bagaimana Anda memanfaatkan aplikasi tersebut dengan bijak dan penuh kebanggan. Hidup Indonesia berbangga! MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel