Mengenal Game Center iOS 5 Lebih Dekat

31 Oct 2011 09:00 3267 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini adalah seri ke dari "Mengenal iOS 5 Lebih Dekat" setelah dua artikel kemarin mengenai gesture baru dan mengenai fitur AirPlay pada iOS 5. Pada artikel kali ini Paseban ingin membahas mengenai fitur baru yang terdapat pada iOS 5 bernama Game Center. Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk managemen *game* yang lebih baik pada iOS 5.

Ini adalah seri ke dari "Mengenal iOS 5 Lebih Dekat" setelah dua artikel kemarin mengenai gesture baru dan mengenai fitur AirPlay pada iOS 5. Pada artikel kali ini Paseban ingin membahas mengenai fitur baru yang terdapat pada iOS 5 bernama Game Center. Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk managemen game yang lebih baik pada iOS 5.

Ketika masih berkutat pada Mac dengan produk desktop dan laptop, game masih menjadi bagian yang kurang dipedulikan oleh Apple, hal ini bisa dilihat hingga sekarang dimana tidak semua game PC untuk Windows juga tersedia untuk Mac. Tetapi ketidakpedulian Apple perihal game ini mulai berubah seiring dengan perkembangan gadget iPhone. Dengan kemampuan touchscreen, accelerometer, dan Retina Display miliknya, iPhone menjadi gadget yang ideal sebagai media portable gaming lewat Game Center ini.

Menyadari kompetensi game pada gadget iOS, iPhone dan iPad, Apple memperkenalkan "Game Center" pertama kali pada update iOS 4.1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bermain game dengan/melawan pengguna lain. Seperti prediksi Apple, "Game Center" mengalami kesuksesan, minggu lalu Apple mengumumkan 67 juta pengguna gadget iOS mendaftar pada "Game Center."

Namun pada Game Center versi pertama ini memiliki beberapa kekurangan jika dinilai sebagai fitur "social media gaming". Melakukan link dengan teman tidak semudah yang seharusnya, dan sebuah "perkumpulan" pada Game Center tidak memiliki banyak pilihan interaksi.

Fitur Game Center pada iOS 5 nampaknya memperbaiki kekurangan yang banyak dikeluhkan oleh pengguna tersebut. Apple menambahkan kemudahan bagi pengguna untuk mencari teman dan game, serta menambahkan beberapa elemen "Social Media."

Social Activity

Game Center pada iOS 5 memungkinkan pengguna untuk lebih melakukan personalisasi pada profil miliknya. Tambahan yang paling terlihat adalah pengguna bisa menambahkan foto pada profil miliknya.

Tambahan yang kedua adalah adanya tambahan informasi pada tab profile. Sebelumnya tab profile hanya berisi informasi berapa teman yang pengguna miliki, berapa game yang pengguna install, dan berapa "achievement" yang telah pengguna unlocked. Tab "achievement" ini telah digantikan dengan "Point" di mana menampilkan berapa informasi yang telah Anda kumpulkan hasil dari unlocked achievement.

Find Friends

Game Center menambahkan fitur Find Friends layaknya sebuah media sosial. Pada Game Center terbaru ini pengguna bisa melihat teman dari temannya, dengan harapan pengguna bisa melakukan koneksi lebih banyak, mengirimkan rekomendasi teman kepada teman lainnya, dan banyak kemampuan "berteman" lainnya yang umumnya dimiliki oleh sebuah media sosial.

Find Games

Selain kemudahan untuk menemukan teman, Game Center iOS 5 juga menambahkan fitur untuk memudahkan pengguna menemukan game. Apple menambahkan tampilan Games Recommendation, popular Games, dan games yang banyak dimainkan oleh teman-teman Anda. Tentu saja fitur ini akan sangat membantu Anda dalam mencari game iPhone atau iPad yang tersedia ribuan.

Konsep "Social Media Gaming" cukup berhasil diwujudkan oleh versi terbaru Game Center Pada iOS 5. Dari fakta mulai gencar dikembangkannya Game Center ini, beberapa sumber memprediksikan fitur-fitur spektakuler ala Apple akan segera menyusul pada update Game Center versi selanjutnya. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel