Mengenal Lebih Dekat Gesture Baru iOS 5

24 Oct 2011 13:00 4372 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Multitouch gestures baru telah berada dalam kerangka iOS sejak awal tahun ini, saat mereka pertama kali muncul pada iOS 4.3 versi beta. Meskipun multitouch gestures tersebut hilang saat iOS 4.3 *final version* secara resmi rilis, tetapi bukan berarti gesture menggunakan empat hingga lima jari tersebut sepenuhnya dihapus dari rencana pengembangan Apple. Sebaliknya, multitouch gestures tersebut mengalami perbaikan dan mengawali debutnya pada iOS 5.

Multitouch gestures baru telah berada dalam kerangka iOS sejak awal tahun ini, saat mereka pertama kali muncul pada iOS 4.3 versi beta. Meskipun multitouch gestures tersebut hilang saat iOS 4.3 final version secara resmi rilis, tetapi bukan berarti gesture menggunakan empat hingga lima jari tersebut sepenuhnya dihapus dari rencana pengembangan Apple. Sebaliknya, multitouch gestures tersebut mengalami perbaikan dan mengawali debutnya pada iOS 5.

Berikut ini adalah review mengenai keunggulan Operating System ini:

Apa yang tidak berubah?

Gestures pada iOS 5 dan mengejutkan pengguna, setidaknya tidak seperti yang Apple lakukan dengan Mac OS X di mana pengguna harus mempelajari gestures baru untuk mengoperasikan Macbook miliknya. Semua gerakan satu dan dua-jari yang didukung oleh iOS versi sebelumnya tetap dibawa pada update terbaru iOS 5, jadi Anda tidak perlu melupakan salah satu gestures favorit Anda.

Apa yang bertambah?

Pada iOS 5, Anda akan mendapati beberapa multitouch gesture baru untuk mengoperasikan aplikasi dan multitasking bar. Gestures baru ini membutuhkan lebih banyak jari, tidak seperti gesture sebelumnya yang maksimal menggunakan dua jari, oleh karena itu gestures baru ini hanya bisa berfungsi pada iOS 5 yang terinstal pada iPad 2.

Apabila Anda bosan menekan tombol Home beberapa kali untuk menampilkan multitasking bar, Anda bisa menggunakan tiga gestures baru pada iOS 5 ini, yang membutuhkan empat hingga lima jari.

Four-or Five-Finger Vertical Swipe. Berfungsi seperti tekan dua kali pada tombol home, empat atau lima jari swipe mengarah ke atas akan menampilkan multitasking bar. Lakukan gerakan sebaliknya, swipe mengarah ke bawah, atau single-tap di layar bagian atas, untuk kembali menyembunyikan multitasking bar.

Four-or Five-Finger Horizontal Swipe. Dengan empat atau lima jari swipe secara horizontal, Anda bisa dengan cepat berpindah antar aplikasi. Contoh, Anda sedang menggunakan Safari dan ingin berpindah ke aplikasi lain, Anda bisa melakukan gesture ini ke kiri atau ke kanan untuk berpindah ke aplikasi lain, dengan catatan aplikasi lain tersebut masuk dalam daftar "most recently used apps". Anda bisa memperhatikan kesempurnaan animasi iOS 5 dengan bergerak secara perlahan saat menggunakan gesture ini.

Four-or Five-Finger Pinch. Apabila Anda menggunakan aplikasi dan ingin langsung menuju ke homescreen, Anda bisa menggunakan gesture yang berfungsi sama seperti meng-klik tombol home ini. Gunakan empat atau lima jari dan lakukan gerakan "mencubit". Sama seperti gesture sebelumnya, Anda pun bisa melakukan gerakan perlahan pada gesture ini untuk menikmati keindahan animasi iOS 5.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan gestures yang tersedia, iOS 5 menyediakan fitur baru bernama AssistiveTouch untuk membantu Anda. AssistiveTouch menyediakan menu untuk membantu Anda mengetahui dan mempelajari semua gesture pada iOS 5. Anda juga bisa menciptakan, menyimpan, dan menampilkan gesture baru buatan Anda sendiri dengan fitur ini. AS

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel