Fiqh Us Sunnah - Belajar Ilmu Fiqh Gratis via Android

22 Oct 2011 09:00 4845 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ilmu Fiqh diajarkan di berbagai lembaga pendidikan keagamaan non formal seperti Pondok Pesantren dan lembaga formal seperti di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Sekarang, Anda bisa belajar Fiqh secara virtual di Android melalui Aplikasi yang bernama **Fiqh Us Sunnah** dari Shining Light.

Dalam bahasa Arab, Fiqh secara harfiah memiliki makna tentang sebuah pemahaman yang mendalam terhadap sesuatu hal. Arti arti fiqih secara terminologi mennurut beberapa ulama besar merupakan suatu ilmu yang mendalami hukum Islam yang diperoleh melalui dalil di Al-Qur'an dan As Sunnah. Selain itu fiqih juga merupakan ilmu yang membahas hukum syar'iyyah dan hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari, seperti dalam hal ibadah maupun dalam muamalah.

Di Indonesia sendiri, ilmu Fiqh diajarkan di berbagai lembaga pendidikan keagamaan non formal seperti Pondok Pesantren dan lembaga formal seperti di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Sekarang, Anda bisa belajar Fiqh secara virtual di Android melalui Aplikasi yang bernama Fiqh Us Sunnah dari Shining Light.

Aplikasi Fiqh Us Sunnah ini sangat bagus bagi orang-orang yang tertarik dengan pengetahuan Islam. Pembuatan aplikasi Fiqh Us Sunnah ini dilatarbelakangi oleh seseorang yang menulis tentang ilmu Fiqh yaitu Sayyid Saabiq sekitar tahun 1915-2000. Dari semua buku Sabiq yang pernah ditulis, ada 3 buku yang paling terkenal, yang dalam penulisan pertama dari jenisnya membawa tema tentang empat mazhab besar dalam sebuah pengobatan komprehensif dari masalah Fiqh. Buku tersebut telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa yang digunakan oleh seluruh umat Islam di dunia. Sabiq menulis Fiqh Us Sunah pada tahun 1940an pada usia 30 tahun. Beliau menulis buku tersebut atas permintaan dari Ustadz Hassan Al-Banna, seorang pendiri Ikhwanul Muslimin.

Setiap putusan dalam buku Fiqh dikembalikan kepada Al-Qur'an dan Sunnah. Di samping karya akademisnya, Sabiq adalah seorang aktivis Islam terkemuka setelah menulis buku Fiqh As Sunnah, Sabiq pernah menghabiskan waktu di beberapa pertempuran bersama dengan para mujahidin Palestina pada tahun 1940an. Sabiq juga merupakan seorang lulusan Al Azhar pertama yang pernah mengunjungi Uni Soviet dan memeriksa langsung kondisi Muslim di sana. Sabiq dilahirkan pada tahun 1915 di desa Mesir, Istanha. Setelah lulus dari Al-Azharia bekerja sebagai Direktur Masjid dan Pendidikan Islam di Departemen Urusan Islam Mesir. Mungkin itulah sejarah penulis di balik aplikasi Fiqh As Sunnah yang bisa Anda download dengan gratis di Android Market. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel