Mengenal Symbian UIQ pada Symbian OS

13 Oct 2011 17:30 5059 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Symbian UIQ (User Interface Quartz) adalah salah satu platform software dari OS Symbian. Prinsip dasar dari symbian UIQ ini adalah penggunaan lapisan grafis pada interface yang menyediakan komponen tambahan untuk inti OS.

Symbian UIQ (User Interface Quartz) adalah salah satu platform software dari OS Symbian. Prinsip dasar dari symbian UIQ ini adalah penggunaan lapisan grafis pada interface yang menyediakan komponen tambahan untuk inti OS.

Symbian UIQ by UIQ Technology adalah sebuah platform perangkat lunak berdasarkan Symbian OS. Pada dasarnya ini adalah lapisan interface pengguna grafis yang menyediakan komponen tambahan untuk OS inti yang memungkinkan pengembangan fitur ponsel yang terbuka untuk kemampuan yang diperluas melalui aplikasi dari pihak ketiga.

Salah satu tweak utama yang telah dilakukan dengan versi symbian UIQ ini adalah GUI (Graphical User Interface) yang sekarang mendukung navigasi touchscreen dan non-touchscreen. User Interface ditingkatkan dengan dukungan SVG (Scalable Vector Graphics) mungil yang bertanggung jawab untuk beberapa transisi interface pada menu, submenu, dan lain sebagainya.

Symbian UIQ 3.0 adalah sistem operasi Symbian pertama v9.1. Selanjutnya symbian UIQ 3.1 adalah revisi pertama dari seri UIQ 3 yang mendukung navigasi touchscreen dan non-touchscreen. Symbian UIQ 3.1 ini juga mendukung pengoperasian dengan satu tangan dan sejumlah perangkat tambahan yang signifikan. Versi ini didasarkan pada Symbian v9.2.

Selanjutnya symbian UIQ 3.2 merupakan update dari v3.1 dan meningkatkan API (Application Programme Interface) Java termasuk profil MSA yang dimandatkan serta pesan yang kaya dengan MMS, kartu pos, IM Klien OMA IMPS 1.2, push email dan dukungan untuk media sharing seperti Web Browser.

Symbian UIQ 3.3 datang sebagai update utama dari UIQ 3.2 dan dibangun di atas Symbian v9.3. iterasi baru yang mengintegrasikan Opera Mobile v9.5 bersama dengan dukungan widget. Aplikasi baru akan dapat diakses dengan tombol widget yang akan dimasukkan pada ponsel symbian UIQ 3.3 berikutnya.

Biasanya ponsel berbasis symbian UIQ menggunakan layar sentuh dengan resolusi 208 x€ 320 piksel (UIQ 1.x & 2.x) dan 240 x€ 320 (UIQ 3.x) tergantung pada telepon, kedalaman warna 12-bit (4096 warna), 16-bit (65536 warna), 18-bit (262.144 warna), dan 24-bit (16.777.216 warna) pada beberapa ponsel baru.

Ponsel pertama berbasis Symbian UIQ v2.0 adalah Sony Ericsson P800. Sedangkan ponsel pertama yang menggunakan UIQ 3 adalah Sony Ericsson P990. Untuk Symbian UIQ 3.1 yang pertama menggunakan adalah Motorola RIZR Z8 dan Ponsel pertama dengan Symbian UIQ 3.2 adalah Motorola RIZR z10. EK

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel