Inilah Perbedaan Android dan BlackBerry

11 Oct 2011 17:00 24273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

BlackBerry dan Android adalah dua nama besar dalam rangkaian smartphone saat ini. Sebagai orang awam, Anda pasti bertanya-tanya, apa perbedaan Android dan BlackBerry? Apa sebenarnya yang membuat sebuah ponsel menjadi smartphone?

BlackBerry dan Android adalah dua nama besar dalam rangkaian smartphone saat ini. Sebagai orang awam, Anda pasti bertanya-tanya, apa perbedaan Android dan BlackBerry ? Apa sebenarnya yang membuat sebuah ponsel menjadi smartphone?

Pada artikel ini, Paseban akan membahas perbedaan Android dan BlackBerry. Kita tahu, bahwa smartphone adalah ponsel yang dapat membuat panggilan, pesan teks, email, browsing web, dan menawarkan pemutaran multimedia dalam hal musik dan video. Baik Android dan BlackBerry bisa melakukan hal-hal tersebut meskipun mereka melakukannya secara berbeda.

Sebelum kita membahas perbedaan Android dan BlackBerry, mari kita secara khusus melihat Android dan BlackBerry lebih dalam.

Android vs BlackBerry
Android

Android memberikan pengguna pengalaman layar sentuh penuh. Android selalu melakukan update pada software-nya. Meskipun banyak variasinya, semua perangkat Android memiliki beberapa hal utama yang sama. Mereka semua memiliki integrasi yang bagus dengan account Google. Ini berarti semua atau sebagian besar layanan Google bekerja dengan baik pada perangkat ini. Diharapkan Gmail, Gtalk, dan Google Maps dan langsung diakses atau dengan mudah di-download melalui Android Market.

Dari semua smartphone di pasar saat ini, Android jelas menjadi pemenang dalam hal kustomisasi. Android menawarkan beberapa homescreen di mana Anda dapat dengan cepat menggesek untuk mengakses dan menelusuri hal yang Anda inginkan. Homescreen juga memungkinkan Anda untuk menempatkan ikon untuk akses cepat ke aplikasi Anda dan dan widget. Widget adalah aplikasi mini yang berjalan pada homescreen Anda. Widget menawarkan pengguna cara yang menyenangkan untuk menyesuaikan ponsel mereka.

home screen android

Karena Android berpusat sekitar pengalaman layar sentuh, maka navigasi di ponsel berbasis di sekitar swiping, tapping, dan menekan layar. Ponsel Android biasanya memiliki tombol khusus untuk home, back, dan menu. Beberapa memiliki tombol untuk search.

BlackBerry

Lain cerita dengan BlackBerry. Hal ini karena BlackBerry tidak memiliki pengalaman layar sentuh kecuali Storm dan Torch. Ponsel BlackBerry lama dilengkapi dengan sebuah trackball untuk navigasi sedangkan perangkat yang lebih baru memiliki trackpad handal. Hampir semua ponsel BlackBerry memiliki tombol panggilan, tombol BlackBerry, tombol kembali, tombol akhir, 1 atau 2 tombol kenyamanan, dan keyboard fisik.

keyboard blackberry

Android lebih fokus pada permainan dan aplikasi sementara BlackBerry lebih diarahkan komunikasi. BlackBerry menawarkan layanan BIS dan BES. BIS merupakan singkatan untuk BlackBerry Internet Service dan BES singkatan dari BlackBerry Enterprise Service. Untuk sebagian besar, pengguna akan mengambil keuntungan dari BIS, sementara karyawan perusahaan akan mendapatkan BES dari perusahaan mereka. Pada dasarnya, BIS menawarkan dukungan push email yang sangat baik melalui server BlackBerry. Dengan email "push", ketika Anda mendapatkan email baru, BIS "mendorong" email langsung ke ponsel Anda secara instan. Android juga menawarkan push email untuk Gmail namun Anda harus membayar premi untuk mendapatkan push email dari Yahoo di ponsel Android Anda.

Tidak hanya dukungan email yang sangat baik pada BlackBerry, tetapi integrasinya juga hampir mulus. Sebagai contoh, jika Paseban melihat gambar di BlackBerry dan ingin berbagi, maka Paseban cukup menekan tombol BlackBerry dan gulir untuk berbagi. BlackBerry kemudian akan meminta kita untuk memilih di mana kita ingin berbagi gambar.

Boleh jadi tombol paling banyak digunakan di BlackBerry adalah tombol BlackBerry. Hal ini mirip tombol menu pada Android. Memegang tombol BlackBerry membuka task manager yang memungkinkan Anda untuk multi tasking dan beralih dari satu aplikasi yang sedang dibuka ke aplikasi lain.

Perbedaan Android dan BlackBerry

  • Kustomisasi

    Kustomisasi pada BlackBerry sangat miskin. Selain mengubah wallpaper, menempatkan aplikasi ke tombol kiri dan kanan, dan memindahkan ikon, tidak banyak yang dapat Anda lakukan dengan itu.
    Anda dapat men-download dan menginstal tema, tetapi Android tetap lebih unggul dalam hal kustomisasi. Tidak ada widget pada BlackBerry. Ada aplikasi hanya Anda dapat membuka dan menutup.

  • Aplikasi

    Aplikasi adalah titik penjualan besar smartphone modern dan Google Android menang atas BlackBerry. Android Market sangat besar. Kedua terbesar setelah App Store iPhone . Jika Anda mengunjungi Android Market, Anda tidak akan bosan karena banyak aplikasi berguna yang tak terhitung jumlahnya disana.

  • Daya tahan Battery

    Dalam hal baterai, berdasarkan pengalaman Paseban BlackBerry menang atas Android. Alasan utama mengapa perangkat Android lebih boros baterainya karena layarnya yang cerah dan prosesornya yang cepat. Memiliki layar sentuh besar sangat bagus untuk menonton video tetapi kekuatan pemrosesan yang diperlukan untuk menjalankan perangkat ini membutuhkan banyak energi.

  • Produktivitas

    Produktivitas adalah area di mana ini 2 platform terpisah. Dalam hal melakukan sesuatu, Paseban merasa seperti dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak bila dilakukan di BlackBerry daripada pada perangkat Android. Mengetik jauh lebih menyenangkan dengan BlackBerry. Mungkin ini pengaruh dari software keyboard yang Android miliki atau memang platform Android jauh lebih berat dibandingkan dengan BlackBerry OS. Dengan Android, kita harus membuka Gmail untuk akun Gmail saya atau K-9 (aplikasi pihak ketiga) untuk akun Yahoo.

  • Media

    Jika kita berbicara pemutaran video murni, maka ya, Android menang. Paseban suka menonton video pada layar yang besar seperti pada Android. Namun bila tentang musik, beberapa seri BlackBerry seperti BlackBerry 8530 memiliki tombol musik khusus sehingga Anda cepat dapat mencari dan bermain melalui playlist. Anda juga dapat menambah aplikasi-aplikasi musik pada kedua perangkat ini.

  • Reliability

    Hal terakhir yang Paseban ingin bandingkan antara Android dan BlackBerry adalah kehandalan dan kompatibilitas. BlackBerry menang telak. BlackBerry OS cenderung sangat stabil. Terdapat standar di BlackBerry OS, sementara tidak ada standar nyata dalam Android. Android terus-menerus memerlukan update. Anda dapat coba akses Android Market dan baca komentar dari 5 aplikasi yang berbeda. Setidaknya 2 dari 5 aplikasi akan memiliki komentar seperti, "tidak bekerja untuk Droid X" dan komentar lain mengatakan, "Berjalan lancar pada Nexus Satu!" Ini adalah masalah besar dengan kompatibilitas.

    Reliability nampaknya juga terikat dengan baterai. Jika Paseban pergi ke mal, Paseban akan meraih ponsel Android tetapi jika akan pergi keluar untuk akhir pekan, Paseban akan ambil BlackBerry. Itu sederhana. Jadi BlackBerry menang pada babak ini.

Hingga akhir perbandingan Android dan BlackBerry ini, Paseban selalu merasa Android seperti komputer yang mencoba untuk menjadi ponsel sementara BlackBerry adalah ponsel yang berusaha keras untuk menjadi komputer. Well, Paseban akan membiarkan Anda untuk memutuskan mana yang tepat untuk Anda. Terima kasih untuk membaca! ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel