Droid vs ThunderBolt, Siapa yang Unggul?

22 Sep 2011 16:30 3830 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pertumbuhan Android dalam beberapa tahun terakhir sangat menakjubkan, dan Android adalah satu-satunya OS yang menantang iOS Apple di pasaran. Kali ini, Paseban membandingkan dua smartphone dari HTC dan Motorola yaitu Droid vs ThunderBolt.

Pertumbuhan Android dalam beberapa tahun terakhir sangat menakjubkan, dan Android adalah satu-satunya OS yang menantang iOS Apple di pasaran. Kali ini, Paseban membandingkan dua smartphone dari HTC dan Motorola yaitu Droid vs ThunderBolt. Droid yang dibandingkan di sini adalah Motorola Droid 3.

Droid vs ThunderBolt telah meraih sukses di pasaran smartphone, dan karena itu juga kedua perusahaan ini saling bersitegang satu sama lain.

Mari kita simak perbandingan Droid vs ThunderBolt ini.

Desain

Kedua handset memiliki kemiripan satu sama lain dalam hal desain, di mana sama-sama memiliki konvensional slate. Motorola Droid 3 memiliki bentuk QWERTY dengan unsur landscape slide. Kedua desain tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan, tetapi Thunderbolt terasa lebih nyaman ketika dipegang, karena memiliki sudut tepi yang melengkung dan dibulatkan. Casing logam pada kedua perangkat ini dilengkapi dengan lapisan rears yang sangat baik dan akan terlihat selalu bersih sepanjang waktu.

Dilihat dari segi ukuran, Droid 3 memiliki frame yang lebih tipis yaitu sekitar 0,5 inci yang dikemas dengan keyboard lanskap yang cukup luas. Sangat sulit untuk mengatakan mana yang memiliki desain lebih baik di sini, karena kedua handset ini memiliki konstruksi sama yang solid mencari dan mereka terlihat sama-sama lucu juga.

Display

Layar Motorola Droid 3 memiliki layar lebih detail dengan tampilan qHD dan resolusi 540x960 piksel. Kepadatan pikselnya lebih tinggi dibandingkan dengan ThunderBolt yang memiliki layar WVGA ukuran 4,3 inci dengan resolusi 480x800 piksel. Rincian yang tajam ini memungkinkan teks dapat dilihat mata dengan baik.

Warna pada Thunderbolt tampak lebih hidup dibandingkan dengan handset lainnya. Secara keseluruhan, output kecerahan pada Motorola Droid 3 sedikit lebih baik, tetapi Anda harus melindungi kedua layar ponsel ini ketika digunakan di bawah sinar matahari.

Interface dan fungsionalitas

HTC Thunderbolt dilengkapi dengan single core prosesor 1 GHz Qualcomm Snapdragon. Prosesor ini sebelumnya banyak diagung-agungkan oleh para pengguna smartphone, tetapi karena masuknya dual core chip, prosesor ini beralih menjadi kategori mid-range. Motorola Droid memiliki prosesor ultra high end dual core 1 GHz TI OMAP di dalamnya yang diagung-agungkan oleh semua penggemar ponsel. Kinerja Droid 3 jauh lebih baik karena prosesornya bekerja lebih cepat. Kekuatannya terlihat dalam transisi dan efek 3D dalam interface-nya.

HTC Sense UI pada ThunderBolt bukan merupakan versi baru, tetapi Anda masih tetap akan mendapatkan pengalaman yang sempurna. Ponsel ini memberikan pengalaman yang sangat baik bagi penggunanya dengan meningkatkan widget yang ada. Semuanya dikelola dari home screen sehingga Anda tidak memerlukan aplikasi khusus untuk mengaturnya.

Di sisi lain, Motorola juga telah melakukan kustomisasi dengan Android dan efek 3D. Widget yang resizable dimodifikasi otomatis agar sesuai dengan ukuran tertentu. HTC Sense UI lebih banyak unsur yang dipoles dan hal tersebut membuatnya lebih baik di antara keduanya.

Messaging

Motorola Droid 3 mungkin akan cocok bagi Anda yang suka mengirim banyak SMS, karena memiliki keyboard yang besar. Anda juga mungkin akan menyukai pilihan virtual onboard pada ponsel ini. Real estate yang ditawarkan cukup berlimpah dan tata letaknya juga luas. Keyboard yang dimiliki HTC Sense lebih bermanfaat, tetapi Droid 3 juga memiliki multiple keyboard dan Swype keyboard.

Aplikasi

Droid vs ThunderBolt ini memiliki set aplikasi organizer yang sama di dalamnya. Fungsi utamanya juga sama, tetapi HTC Thunderbolt memiliki perangkat tambahan yang lebih baik.

droid 3 vs thunderbolt

Internet dan konektivitas

Ketika mengakses melaui web browser, kekuatan pemrosesan sangat berperan besar disini dimana HTC Thunderbolt memiliki konektivitas 4G yang lebih unggul dibandingkan dengan Droid 3. Ketika dites, Paseban melihat bahwa proses page loading pada HTC Thunderbolt itu lebih cepat, tetapi untuk kinerja navigasinya sama. Kedua ponsel ini memiliki gerakan yang sangat responsif ketika beroperasi. Hal ini menunjukkan bahwa kedua ponsel ini memiliki kinerja yang hampir tidak memiliki perbedaan signifikan.

HTC Thunderbolt memiliki 4G LTE radio di dalamnya, tetapi Motorola Droid 3 juga memiliki beberapa trik andalannya. Sebagai contoh, Droid 3 memiliki slot kartu SIM yang memungkinkan Anda terhubung ke beberapa jaringan apapun di dunia ketika melakukan perjalan. Hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda yang sering bepergian. Kedua ponsel ini juga memiliki fitur konektivitas yang tetap sama dimana keduanya dapat terhubung ke WiFi. Droid 3 memiliki port microHDMI yang memungkinkan Anda berbagi konten multimedia dan fitur ini tidak tersedia pada HTC ThunderBolt. Meskipun demikian, ponsel HTC memiliki DLNA yang tidak dimiliki Droid 3.

Kamera

Motorola Droid 3 dilengkapi dengan kamera auto-fokus 8MP, meskipun hasilnya bisa dibilang sangat jauh dari harapan. HTC Thunderbolt memiliki hasil gambar yang lebih baik. Gambar-gambar dari smartphone ini sangat cerah dan memiliki reproduksi warna yang ceria. Warna yang kurang akurat pada Motorola Droid 3, mungkin akan mengecewakan Anda tetapi gambarnya masih terlihat lebih tajam. Warna biru pada Droid 3 akan kurang jelas terlihat dalam gambar yang diambil di dalam ruangan dan di luar ruangan.

Thunderbolt memiliki dual flash LED yang membuatnya lebih baik saat mengambil gambar dalam keadaan cahaya redup dibandingkan dengan Droid 3 yang hanya single flash. Untuk video, Thunderbolt memiliki kapasitas 1080p dan 3 Droid hanya 720p. Ponsel Motorola masih memiliki warna yang sama sehingga tampak menjemukan dan hal tersebut yang membuat video menjadi terlihat putih dan hitam.

Music Player

HTC Thunderbolt dan Motorola Droid 3 memiliki music player masing-masing yang ditampilkan seperti cover album serta kontrol on-screen saat Anda memainkan sebuah lagu. Keduanya juga memiliki tampilan 3D yang menarik ketika Anda menelusuri lagu melalui album. Tapi ini hanya berlaku dalam modus lanskapnya Droid 3.

Video Playback

Motorola Droid 3 bisa dibilang pemenang dalam kategori ini, karena Droid 3 memiliki prosesor dual core di dalamnya yang dengan mudah dapat memutar video 1080p HD. HTC Thunderbolt masih bisa memberikan video playback 720p tanpa kesalahan apapun. Visual yang sangat kaya, dan kelancaran pemutaran video yang akan mengesankan siapapun yang mencobanya. ThunderBolt memiliki penopang sehingga bisa diberdirikan ketika Anda menonton video.

Memori

Untuk memori, tidak ada masalah bagi kedua smartphone ini, ThunderBolt memiliki 32 GB memori internal sedangkan Droid 3 memiliki 16 GB. Kartu microSD pada kedua ponsel ini maksimum 32 GB.

Kesimpulan

Motorola Droid 3 memberikan Anda spesifikasi yang lebih baik daripada saingannya. Fitur eye-catching, layar resolusi tinggi, keyboard fisik yang keren, dual-core prosesor, microHDMI port, dll. Di sisi lain, HTC juga memiliki Sense UI dan kualitas kamera yang lebih baik. Mengenai mana yang terbaik, itu tergantung dari penilaian Anda sendiri, spesifikasi apa yang Anda utamakan pada Droid vs ThunderBolt ini, utamakan sesuai kebutuhan Anda. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel