Android vs Symbian - Pertempuran Dua OS Terkenal

21 Sep 2011 13:00 5025 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

OS Symbian merupakan OS yang sudah lama ada, jadi bisa dibilang usianya sudah tua. Sejak Symbian mengeluarkan versi baru pada tahun 2005 lalu yakni versi 9, Symbian telah mengalami banyak update, salah satu *update*-an terbarunya yaitu Symbian Belle.

OS Symbian merupakan OS yang sudah lama ada, jadi bisa dibilang usianya sudah tua. Sejak Symbian mengeluarkan versi baru pada tahun 2005 lalu yakni versi 9, Symbian telah mengalami banyak update, salah satu update-an terbarunya yaitu Symbian Belle.

Selain Symbian, mungkin Anda sudah mengenal OS yang satu ini, yakni Android. Android merupakan pemain yang relatif baru di arena OS saat ini, OS Android diakuisisi oleh Google pada tahun 2005 dan kami melihat Android OS dari 2008. Android ini benar-benar populer di kalangan pengguna smartphone, jadi tak heran apabila OS yang satu ini menjadi OS yang paling diminati oleh banyak orang.

Mengapa OS begitu penting?

Mengapa begitu banyak orang yang membicarakan tentang OS? OS pada ponsel seperti Symbian, Android, dan Windows Mobile dibuat oleh perusahaan software untuk mempercepat waktu manufacturing dan untuk mengurangi biaya pengembangan. Penjahit pembuat silicon memotong chip mereka sesuai dengan OS yang dilihat dari fitur-fitur serta kemampuannya. Hal inilah yang membuat pengembangan ponsel berbasis OS menjadi lebih mudah.

Di sini Paseban akan membandingkan dua OS yang paling dikenal di luar sana yaitu Android dan Symbian.

Firmware

Katakanlah Anda memiliki ponsel Symbian s60v3. Lalu Anda menginginkan ponsel dengan Symbian s60v5, maka Anda harus merelakan ponsel lama Anda s60v3 tersebut 'dibuang' untuk mendapatkan ponsel s60v5 baru dengan menghabiskan uang yang lebih banyak.

Tetapi jika ponsel Anda ber-OS Android, Anda hanya tinggal memperbaharui OS-nya saja. Misalnya, jika Anda memiliki ponsel yang berjalan pada v1.6 dan ingin mendapatkan versi 2.1, maka Anda hanya perlu meng-upgrade software ponselnya menggunakan komputer Anda. Hanya dengan melakukan hal tersebut OS Android Anda akan diganti dan Anda akan mempunyai ponsel dengan tampilan fitur baru dan user interface yang baru juga. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli ponsel yang baru.

Flashing ponsel dengan firmware baru

Jika Anda menggunakan ponsel Symbian dan Anda tidak menyukai gaya menu teleponnya, Anda hanya memiliki dua pilihan untuk mengubah penampilannya, yaitu :

  1. Instal tema baru untuk ponsel Anda.
  2. Flash ponsel Anda dengan firmware baru atau ROM melalui komputer.

Jika Anda telah menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda akan mengetahui bahwa langkah-langkah memperbaharui ponsel Symbian Anda seperti di atas sangatlah beresiko, bahkan bisa jadi ponsel Anda akan mati total. Namun berbeda kasusnya jika Anda menggunakan OS Android, Anda memiliki tiga pilihan untuk melakukan pembaharuan :

  1. Instal tema baru
  2. Instal menu launcher baru
  3. Flash ponsel dengan kustom firmware baru

Firmware atau rom harus di-download dari internet. Paseban menyarankan Anda untuk menggunakan flash, karena flash berfungsi untuk me-recovery menu ponsel. Jadi, jika ada yang salah dalam proses recovery Anda selama ini, ponsel Anda bisa dikembalikan ke kondisi kerjanya semula melalui menu recovery.

Mengubah fitur Ponsel

Bagi Anda yang memiliki ponsel Symbian dan ingin mengubah tampilan menu, Anda bisa mendapatkan aplikasi baru yang banyak tersedia di luaran sana. Namun, cara ini akan mengambil memori ponsel Anda yang berharga. Satu-satunya alternatif lain adalah mendapatkan kostum firmware dan kemudian melakukan flash, tetapi lagi-lagi hal ini sangat berisiko.

Berbeda dengan ponselAndroid, pada OS ini ada beberapa tweak yang bisa dilakukan. Anda dapat menghapus file default browser lalu men-download dan menginstal file browser yang baru. Hal ini tidak berisiko dan tidak ada memori tambahan yang akan ditempati oleh aplikasi yang tidak berguna.

Processor dan kecepatan

Prosesor sangat penting, tetapi chip ini juga menentukan apakah ponsel Anda dapat menerimanya atau tidak. Ponsel Symbian tidak bisa membiarkan Anda mengawasi prosesor yang sedang berjalan pada ponsel Anda, namun untuk Android ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menghemat baterai dengan mengontrol kecepatan prosesor. Jika Anda berada pada kondisi baterai rendah maka Anda dapat memperlambat kecepatan prosesor untuk tetap hidup dalam waktu yang lama.

Kesimpulan

Ponsel Symbian tidak membiarkan Anda melakukan beberapa modifikasi pada ponsel mereka, tetapi hal ini berbanding terbalik dengan Android, Anda bisa melakukan apa pun yang Anda inginkan. Dan sebuah kenyataan bahwa OS Android jauh lebih maju yang pada akhirnya memberikan nilai lebih kepada penggunanya, tetapi OS Symbian masih membutuhkan update terbaru bagi fitur-fiturnya. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel