LG OLED TV - Smart TV Layar Lengkung Pertama di Dunia

17 Jan 2013 16:30 3564 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
LG OLED TV menawarkan sinema kelas 3D dengan kacamata bebas baterai serta dapat mengkonversi 2D menjadi 3D dan LG OLED TV merupakan salah satu Smart TV yang juga menyediakan film, game, aplikasi dan banyak lagi.

Layar yang berfungsi untuk menampilkan suatu visualisasi baik gambar diam ataupun gambar bergerak dengan bermacam-macam ukuran dalam pixel dan warna yang dapat ditampilkan. Benda yang dahulunya berbentuk cembung dengan tampilan warna hitam putih, lalu lama-kelamaan muncul layar cembung dengan tampilan warna. Selanjutnya layar tampil dengan permukaan datar biasa disebut flat dengan warna yang lebih cerah. Pada bebrapa tahun belakangan ini banyak bermunculan TV dan monitor dengan layar jenis LCD dan LED. TV tabung yang mulai ditinggalkan mengingat munculnya jenis LCD dan LED yang unggul hampir dari segala aspek seperti ukuran TV tabung yang besar sedangkan LCD dan LED sendiri memiliki ukuran yang sangat tipis, lalu dari segi warna LCD dan LED yang pasti telah menggunakn teknologi teranyar untuk packaging nya serta dari segi daya listrik LED dan LCD lebih hemat dibandungkan dengan TV tabung.

Untuk LED dan LCD sendiri memliliki beberapa perbedaan walaupun dari hardware yang terlihat sama, diantaranya penggunaan teknologi backlight, TV LCD menggunakan backlight CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps), sedangkan LED menggunakan backlight LED lamp. Diantara keduanya tetap saja masih terlihat dengan layar datarnya.

Kali ini perusahaan dari Korea Selatan LG dengan membuat gebrakan pada teknologi televise mengeluarkan TV dengan layar lengkung, dan dinobatkan sebagai TV berlayar lengkung pertama didunia. Memperkenalkan OLED TV (Organic Light Emitting Diode). Bila dibandingkan dengan LCD, OLED tidak memerlukan backlight, piksel yang dimatikan benar-benar hitam . Sehingga OLED mencapai titik yang paling hitam dan kontras yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan LCD yang menggunakan backlight CCFL.

LG OLED TV menawarkan sinema kelas 3D dengan kacamata bebas baterai serta dapat mengkonversi 2D menjadi 3D dan LG OLED TV merupakan salah satu Smart TV yang juga menyediakan film, game, aplikasi dan banyak lagi. Dengan cekungan halus pada bagian tengah ini maka membuat permukaan seluruh layar tetap pada jarak yang sama dari mata pengguna. Melalui bentuk yang sangat tipis sekaligus menawarkan kualitas gambar yang yang sangat jelas sehingga LG mengatakan bahwa hampir tidak dapat dibedakan dari warna yang ditemukan di alam. Dengan teknologi 4 color pixel menambahkan putih pada warnadasar tradisonal merah, biru dan hijau. Hasilnya gambar yang lebih cerah dengan jangkauan yang lebih luas dan akurasi warna yang super.

Desain lightweight carbon fiber rear panel yang lebih tahan lama dibandingkan dengan plastik dan dapat menangani panas lebih baik dari aluminium. Dengan slogan "no thicker than a pencil” yang menyatakan bahwa OLED TV memiliki ketebalan hanya 4mm. Bahan CFRP (Carbon Fiber Reinforced Polymer) yang berkualitas tinggi biasanya digunakan oleh pesawat terbang dan mobil , kini digunakan untuk merancang OLED TV sehingga hampir mustahil tipis tetapi dengan kekuatan dan daya tahan. Kemampuannya untuk menangkap gambar pada layar kurang dari 1ms (mikro detik), sehingga diharapkan agar gambar jernih dan bebas dari blur.

Disini LG membuat kejutan pada International Consumer Electronic Show (CES) yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Untuk Smart TV yang satu ini Mengklaim bahwa LG OLED TV dengan seri EA9800 berukuran 55 inch sebagai TV dengan layar lengkung pertama di dunia. [ANC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel