7 Smartphone Berbagai Merek dengan Harga di Bawah 2 Juta Rupiah

13 Apr 2016 11:45 189248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya budget 1.5jt hingga 2jt tapi ingin smartphone berkualitas? Temukan jawabannya disini.

Berbicara soal smartphone, ada kalanya ketika ingin membeli sebuah smartphone kita selalu dibuat bingung dengan model-modelnya yang beragam serta keunggulan-keunggulan yang dimiliki smartphone-smartphone tersebut apalagi di era sekarang ini dimana smartphone itu kalau istilah bahasa sundanya “pabalatak”.

Bahkan terkadang, ketika kita menemukan smartphone dengan kualitas dan kekayaan fitur yang sesuai ekspektasi kita, tapi harganya lah yang selalu membuat kita berpikir dua kali dan malah membatalkan niat kita untuk membeli smartphone tersebut.

Padahal jika tidak mencari gengsi, sebenarnya banyak smartphone dengan harga di bawah 2 juta rupiah yang jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone kelas sultan seharga belasan juta rupiah, kemampuannya tidak begitu terpaut jauh.

Lalu apa saja smartphone-smartphone dengan harga di bawah 2 juta rupiah namun memiliki kualitas yang hampir menyerupai kelas sultan tersebut?

Banyak gan!

Tapi dari sekian banyak smartphone tersebut, saya bisa rekomendasikan 7 smartphone dari berbagai merek yang beredar di Indonesia dengan harganya yang di bawah dua juta rupiah.

Tentunya dengan keunggulan dari segi spesifikasi yang cukup mumpuni, dimana dengan spesifikasinya mampu untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti game terbaru di tahun 2016 ini dengan cukup lancar.

1. Samsung Galaxy J2 3

Berbeda dari pendahulunya Galaxy J1 yang hadir dengan spesifikasi mengecewakan pada awal tahun 2015, di pertengahan tahun 2015 pihak Samsung kemudian memperbaiki apa yang menjadi kesalahannya tersebut dengan mengeluarkan Samsung Galaxy J2.

Dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan pendahulunya, Samsung Galaxy J2 mendapatkan peningkatan yang signifikan khususnya dari segi hardware seperti layar yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat ruang penyimpanan yang lebih luas dan kamera yang memiliki resolusi lebih besar.

Di bawah ini akan dibahas review singkat yang salah satunya menjadi alasan saya merekomendasikan smartphone ini rekomendasi untuk smartphone berkualitas di bawah harga 2 juta rupiah padahal memiliki spesifikasi hardware yang tidak begitu bagus.

 

Desain

7 Smartphone Berbagai Merek dengan Harga di Bawah 2 Juta Rupiah

Sejak dulu, Samsung selalu memiliki desain yang bisa dibilang tidak begitu menarik perhatian. Begitu pula pada Samsung Galaxy J2, desain yang ditampilkan pada smartphone ini tidak begitu memberikan nuansa berbeda dari produk baru Samsung.

Tapi bagi beberapa orang yang memang suka desain tersebut, desain khas Samsung ini sudah menjadi salah satu faktor penentu untuk membeli smartphone buatan Samsung.

Dimulai dari bagian depan tampilan Samsung Galaxy J2, terlihat sebuah layar berukuran 4.7 inch  yang bersanding dengan tombol ‘Home’ khas Samsung. Kemudian beralih ke bagian belakang, kita dapat menemukan sebuah back cover yang dapat dibuka.

Dengan membuka back cover, kita akan menemukan akses ke bagian dalam smartphone dimana terdapat slot untuk baterai, slot untuk dua buah kartu SIM dan satu slot untuk MicroSD.

 

Layar dan Hardware

7 Smartphone Berbagai Merek dengan Harga di Bawah 2 Juta Rupiah

Beralih ke bagian layar, Samsung Galaxy J2 menggunakan layar yang menjadikan smartphone ini layak untuk dibeli dengan harga di bawah 2 jutaan, yakni layar andalan Samsung bernama Super AMOLED dengan resolusi 960 x 540 pixel. Dengan menggunakan layar ini, tingkat kontras layar pun akan semakin tinggi.

Masuk ke dapur pacu, Samsung Galaxy J2 sepertinya telah belajar dari kesalahan pendahulunya. Hal ini diperlihatkan dengan komponen-komponen utama pada smartphone ini yang telah ditingkatkan jauh lebih baik dari pendahulunya.

Contohnya saja pada prosesornya sekarang yang sudah menggunakan Exynos 3475 dengan GPU-nya bernama Mali-T720.

Beralih ke RAM dan ruang penyimpanan, smartphone ini menurut saya cukup mengecewakan karena hanya menggunakan RAM sebesar 1GB dengan kapasitas penyimpanan internalnya hanya 8GB saja sedangkan pesaing-pesaingnya sudah menggunakan RAM 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB.

 

Kamera dan Baterai

7 Smartphone Berbagai Merek dengan Harga di Bawah 2 Juta Rupiah

Untuk kamera yang tertanama pada smartphone Samsung Galaxy J2, di bagian belakang dari smartphone ini dapat kita temukan sebuah kamera berukuran 5MP dengan fungsi auto-focus. Sedangkan pada bagian depan, smartphone ini hanya dibekali kamera 2MP saja.

Untuk fotografi standar, kamera ini memang cukup layak untuk digunakan. Namun bagi Anda yang suka fotografi, sepertinya Anda tidak dapat berharap banyak pada kamera smartphone ini.

Beralih ke bagian baterai, Samsung Galaxy J2 ini sudah menggunakan sebuah baterai berkapasitas 2,000 mAh yang menurut saya cukup untuk memenuhi kebutuhan daya baterainya sehari-hari.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa Samsung Galaxy J2 adalah salah satu smartphone dengan harga di bawah dua juta rupiah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk sebuah smartphone low-budget karena sudah menggunakan RAM 1GB serta prosesor yang cukup cepat sehingga memudahkan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang cukup berat seperti game 3D, walaupun tidak semuanya dapat berjalan.

Salah satu alasan saya merekomendasikan smartphone ini adalah karena smartphone ini memiliki layar Super AMOLED yang jika dibandingkan dengan smartphone lainnya masih jauh lebih unggul.

Untuk pemakaian normal, Samsung Galaxy J2 memang tidak begitu memiliki masalah selain beberapa game 3D yang memang tidak didukung smartphone ini. Kemudian, untuk sudah urusan fotografi juga smartphone ini sepertinya harus mengibarkan bendera putih.

User Rating

5.0
1 Ratings
5
1
1
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Punya budget 1.5jt hingga 2jt tapi ingin smartphone berkualitas? Temukan jawabannya disini.

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel