Simaklah Opini dan Review GTA V untuk PC Berikut Ini!

20 Apr 2015 19:00 8840 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika penasaran dengan GTA V PC silakan simak pembahasan atau review GTA V  untuk PC yang dirilis oleh pengembang Rockstar pada 14 April 2015

Review GTA V untuk PC- Bagaimana jadinya, sebuah game yang sama hadir di perangkat yang berbeda memberikan pengalaman bermain yang justru berbeda. Hal itulah yang dirasakan saat menjajal GTA V (Grand Theft Auto V) untuk PC. Pengalaman menjajal game ini di perangkat PC Desktop seperti merasakan pengalaman bermain yang baru dan berbeda dibandingkan bermain GTA V di konsol lainnya.  

Bagaimana sebenarnya game GTA V di PC yang rilis pada 14 April 2015 ini? Portal Paseban akan sedikit mengulasnya dalam artikel review GTA V PC ini untuk membantu kamu yang penasaran dengan game yang banyak PC gamer nantikan ini.

GTA V

GTA V sebenarnya bukanlah game baru yang lahir di tahun 2015. Game ini justru hadir pada tahun 17 September 2013untuk perangkat PlayStation 3 dan Xbox 360. Setahun berikutnya, tepatnya tanggal 18 November 2014,  GTA V hadir di konsol PlayStation 4 dan Xbox One. Baru pada tahun 2015, Rockstar sebagai pengembangnya menghadirkan game ini untuk PC.  Keputusan Rockstar ini sebelumnya sempat membuat gamer PC jengah. Seolah gamer PC dianaktirikan. Tapi, Rockstar beralasan bahwa lama perilisan untuk PC ini sebenarnya dilakukan lebih kepada perbaikan tampilan sehingga membuat pengalaman bermain menjadi berbeda.

 

Gameplay dan Level

Menjajal game ini seperti merasakan atmosfer bermain GTA San Andreas. Hal ini juga diperkuat dengan latar dari game ini, yakni Los Santos, satu dari tiga kota yang ada di daerah San Andreas pada game San Andreas. Tapi lingkungan, tampilan kota, dan lokasi-lokasi Los Santos di GTA V  mengalami perubahan. Perubahan yang besar tentu adalah tampilan kotanya yang lebih memukau. Kamu bisa menjalajahi kota dengan tiga pilihan karakter yang bisa dimainkan bergantian atau kadang fokus pada satu karakter tertentu. Kamu juga diberi kebebasan dalam mengeksplorasi berbagai tempat, bermain golf, mengendarai motor, bertemu dengan berbagai karakter, melakukan aksi kriminal dengan bebas, bahkan melakukan rencana perampokan. Boleh dikatakan, aksi-aksi ilegal di game ini sangat seru, lebih seru dibandingkan GTA IV dan GTA San Andreas.

 

 

 

 

 

 

 

Karakter Dan Cerita

Salah satu mengapa Grand Theft Auto V menjadi sangat menarik adalah soal ketiga karakternya. Ketiga karakter tersebut adalah Michael De Santa, Franklin Clinton, dan Trevor Philips. Ketiganya tidak hadir sebagai karakter yang hanya dimainkan saja. Ketiganya memiliki latar belakang yang kuat bahkan hubungan antar karakternya membuat game ini tidak hanya sekadar menghadirkan gameplay yang luar biasa tetapi juga cerita yang kuat.

Michael De Santa misalnya. Dia adalah seorang paruh baya yang sedang depresi akibat permasalahan keluarga. Clinton, pemuda yang ingin mencari jalan hidupnya di ranah kriminal. Dan Trevor Philips, seorang psikopat yang dulunya rekan kerja Michael. Kehadiran ketiga karakter ini juga membuat GTA V memiliki alur cerita yang bisa disimak dari berbagai sudut pandang. Bobot ceritanya juga sangat berat karena mengandung berbagai sindiran terhadap isu sosial dan politik. Ini artinya, pengembang GTA V tidak hanya memimikirkan soal aksi kriminal tetapi juga menyematkan pesan lewat balutan cerita apik didalamnya.

Tidak lupa juga kamu bisa saja bertemu protagonis yang lain ketika tengah berjalan-jalan keliling Los Santos. Jika ini terjadi, kamu akan disuguhi dengan obrolan-obrolan tertentu yang jelas sangat menarik untuk diikuti. Melihat betapa dinamisnya Grand Theft Auto V sering kali membuat saya kagum game ini bisa dirilis di mesin setua PlayStation 3 dan Xbox 360 dan bisa muat dalam sekeping Blu-ray saja.

 

Grafis

Penyebab GTA V untuk PC lebih lama dirilis adalah soal optimalisasi grafis. Pengembang game ini ingin menghadirkan pengalaman bermain GTA V dengan pengaturan grafis yang mumpuni. Dan hal itu kemudian dibuktikan lewat grafis GTA V PC yang ciamik dengan visual pengaturan visual. Tampilan visual yang dihadirkan dengan resolusi 1080p sangat memukai dan memanjakan mata. Bahkan, tekstur yang dihadirkannya lebih tajam dibandingkan GTA V untuk konsol Playstation 4. Menariknya lagi, Rockstar mengizinkan kartu grafis yang hanya mendukung DirectX10 menjalankan game ini. sungguh suatu keputusan yang cukup bagus, terlebih untuk pengguna PC lawas. Selain itu, untuk memperkuat ketajaman gambar, GTA V PC memungkinkan Anda untuk mengaktifikan anti-aliasing FXAA dan MSAA sekaligus. Pengguna VGA Cad NVIDI bahkan bisa mengaktifkan anti-aliasing NVIDIA TXAA sebagai prioritas utama.  Lalu, tipe kartu grafis apa yang dibutuhkan untuk menjalankan game ini? untuk keperluan kebutuhan spesifikasi GTA V PC, berikut rincian spesifikasi yang dibutuhkan.  

Kesimpulan

Secara gameplay, GTA V PC sebenarnya tidaklah terlalu jauh berbeda dengan gameplay GTA V versi konsol. Hanya saja tampilan grafis yang baik  dan beberapa fitur tambahan yang meningkat membuat game GTA V untuk PC lebih baik dibandingkan GTA V di konsol. Penantian lama gamer PC terbayar sudah dengan sebuah permainan yang lebih menyenangkan dibandingkan versi konsolnya.  Yang mungkin agak disesalkan dari GTA V PC ini adalah kapasitas game ini yang mencapai 65GB. Terlepas dari itu, Salut untuk Rockstar sebagai pengembang game ini yang menghadirkan pengalaman bermain yang baru. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel