Adu Android 5.0 Lolipop vs iOS 8 - Inilah Tujuh Kelebihan Android

24 Mar 2015 14:30 6511 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Android 5.0 Lolipop memang harus bertarung dengan iOS 8 lantaran keduanya hadir pada tahun yang sama, yakni 2014. Ini membuat keduanya saling beradu fitur dan kemampuan. Ada yang menganggap iOS 8 sedikit lebih unggul tetapi tidak sedikit yang menyatakan bahwa Android 5.0 Lolipop lebih baik. Mereka yang menganggap Android Lolipop lebih lantaran beberapa kelebihannya yang dimiliki yang tidak dimiliki oleh iOS 8.

http://www.plimbi.com - Tahun 2014, dua sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile meluncur, yakni Android 5.0 Lollipop dan iOS 8. Keduanya menghadirkan banyak fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya. Dan keduanya juga menghadirkan segi tampilan baru untuk memanjakan visual penggunanya.

Kehadiran Android 5.0 Lollipop dan iOS 8 tentu membuat keduanya harus saling bersaing. Dan banyak perbandingan yang mengunggulkan satu sistem operasi dibandingkan yang lainnya. Namun, harus diakui, sebenarnya Android lebih unggul dibandingkan iOS 8.

 

Android 5.0 Lolipop versus iOS 8

Android 5.0 Lolipop memang harus bertarung dengan iOS 8 lantaran keduanya hadir pada tahun yang sama, yakni 2014. Ini membuat keduanya saling beradu fitur dan kemampuan. Ada yang menganggap iOS 8 sedikit lebih unggul tetapi tidak sedikit yang menyatakan bahwa Android 5.0 Lolipop lebih baik. Mereka yang menganggap Android Lolipop lebih lantaran beberapa kelebihannya yang dimiliki yang tidak dimiliki oleh iOS 8.

Alasan kenapa Android 5.0 Lolipop bisa unggul adalah karena Android Lolipop memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut, seperti diungkap dari situs PhoneDog (28/01/2005), adalah sebagai berikut.

 

1.     Sistem Operasi Terbuka yang Dapat Dikostumisasi

Android tetaplah sebuah sistem operasi terbuka. Karena sifatnya yang terbuka ini, sistem operasi Android dapat dikostumisasi, termasuk untuk seri Android Lolipop. Tidak jarang OS Android dikostumisasi dengan tampilan baru, seperti interface HTC Sense, MIUI, dan lainnya sebagainya.

 

2.     Material Design

Kelebihan Android 5.0 terletak pada konsep tampilan material design yang diusungnya. Tampilan ini benar-benar terbaik, cukup berwarna dan hadir dengan tampilan animasi dan motion yang memanjakan mata di bagian background.

Kehadiran material design ini membuat Android Lolipop harus dicoba oleh banyak pengguna Android, bagi pengguna iOS harus sesekali mencoba. Hal ini didasari karena Android Lollipop 5.0 menawarkan penggunaan yang lebih baik dan benar-benar baru.

 

3.     Multitasking yang Lebih Baik

Soal multitasking, perangkat dengan OS Android memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan iOS 8. Dan pada versi kelimanya, kemampuan multitasking jauh lebih baik. Bahkan, salah satu situs teknologi ternama menyebut bahwa perangkat Android memiliki kemampuan multitasking sepuluh kali lebih baik dibandingkan iOS 8.

Alasan ini juga didasari karena iOS 8 tidak memiliki sistem multit-tasking native yang membuatnya lebih baik. Kemampuan multitasking di Android Lolipop bisa lebih baik karena ketika mode idle, sistem tidak akan mengambil daya dari baterai.

 

4.     Notifikasi

Hal yang menarik dari Android seri lima adalah notifikasinya. Notifkasi yang dihadirkan pada sistem ini adalah head-up notifications. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat notifikasi bahkan ketika pengguna memainkan game tertentu.

Tentunya, kehadiran fitur ini membuat pengguna bisa mengetahui notifikasi yang penting atau tidak. Fitur notifikasi ini membuat Android Lolipop lebih istimewa dibandingkan iOS 8.

 

5.     Multi-User Support

Android Lolipop mendukung penggunaan multi user profil. Artinya, pengguna bisa membuat beberapa profil (semacam multi akun) yang berbeda. Ini memudahkan kontrol ketika perangkat Android banyak digunakan oleh satu orang.

Fitur semacam ini jelas tidak ada di perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.

 

6.     Battery Saver Mode

Mode baterai pada Android sangat sederhana. Pengguna cukup mematikan dan menghidupkan perangkat ketika baterai berada pada kondisi yang hampir kosong. Berbeda dengan perangkat iOS 8, ketika perangkat iOS 8 hanya memiliki daya baterai yang sedikit, penggunanya harus mematikan auto auto-refresh, melakukan background app refresh, dan melakukan beberapa hal lainnya. Hal ini tentu cukup merepotkan sementara Android membuat penggunaan lebih sederhana.

 

7.     Penggunaan Smartwatch

Android Wear, sistem operasi smartwatch datang dengan cara yang sempurna dengan mengirimkan pemberitahuan yang lebih baik. Contoh perangkatnya adalah Moto 360 atau LG G Watch R. Sementara Apple Watch dan iPhone tidak memiliki fitur semacam ini.

 

Itulah tujuh hal penting yang membuat sistem operasi Android 5.0 Lolipop bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan iOS8. Sebenarnya iOS8 memiliki keunggulan lain tetapi secara keseluruhan, Android 5.0 bisa dikatakan sebagai yang terbaik. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel