Selangkah Lebih Dekat dengan Fitur-fitur Android 5.0 Lollipop

1 Mar 2015 12:00 3739 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Update Google Android kaya akan fitur yang mengesankan. Mengingat bahwa Lollipop juga akan lebih lengkap dari Android 4.x Jellybean atau KitKat, dapat dipastikan bahwa ini lebih mengesankan dari biasanya. Perusahaan pengguna Android juga akan makin leluasa mengotak-atik atau menambah fitur dasar Android 5.0 Lollipop

http://www.plimbi.com - Lollipop merupakan update-an terakhir sistem operasi Android terbaru Google, juga dikenal sebagai Android 5.0 Lollipop. Ini akan menjadi sekuel Android KitKat. OS ini diperkenalkan bersama tiga perangkat Nexus baru melalui blog resmi perusahaan pada tanggal 15 Oktober dan akan mulai tersedia untuk perangkat yang kompatibel melalui update over-the-air dalam beberapa minggu kemudian.

Update Google Android kaya akan fitur yang mengesankan. Mengingat bahwa Lollipop juga akan lebih lengkap dari Android 4.x Jellybean atau KitKat, dapat dipastikan bahwa ini lebih mengesankan dari biasanya. Perusahaan pengguna Android juga akan makin leluasa mengotak-atik atau menambah fitur dasar Android 5.0 Lollipop

 

Android 5.0 Lollipop

Berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat pada Android 5.0 Lollipop:

 

Baterai Saving Mode

Sebuah smartphone dengan modus hemat baterai hampir tidak revolusioner. Samsung dan HTC telah menawarkan fitur tersebut pada perangkat mereka selama beberapa tahun. Anehnya, saham Android di kisaran Nexus Google tidak pernah terintegrasi memiliki fitur tersebut. Sebaliknya, anda harus menggunakan tips dan trik lain untuk meningkatkan daya tahan baterai..

 

Screen Pinning

Sering sekali teman anda ingin melakukan penggeledahan didalam ponsel anda, padahal anda tidak ingin mereka mengetahui isinya. Screen Pinning akhirnya mengakhiri masalah itu. Anda dapat menggunakan pin aplikasi tunggal pada layar, yang berarti siapa pun yang meminjam ponsel anda tidak bisa terlalu leluasa menggunakannya karena ponsel anda dalam keadaan terkunci.

Ia bekerja dengan menghapus fungsi tombol Home dan recent apps sehingga pengguna hanya dapat berinteraksi dengan aplikasi pada layar. Untuk keluar dari layar, anda harus menekan end kemudian masukkan kode PIN.

Fitur ini juga memiliki manfaat kontrol oleh orangtua. Misalnya, orang tua dapat memberikan ponsel kepada anak-anak mereka untuk bermain game tanpa khawatir bahwa anak akan menelepon seseorang atau menghapus sesuatu secara tidak sengaja.

 

Multiple Account

Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin ingin menggunakan beberapa account pada perangkatnya. Apapun alasannya, hal itu sangat mungkin terjadi pada ponsel Lollipop. Dengan rilis Android 5.0, anda tidak hanya dapat menambahkan beberapa akun pengguna, tetapi juga tamu dan rekening sementara.

Selain manfaat praktis seperti yang tercantum di atas, juga memiliki keamanan jadi tidak perlu mengkhawatirkan tentang konfigurasi yang berubah, data yang dihapus, atau email pribadi yang dilihat.

Ada tiga jenis account yang dapat diatur pada Lollipop. Pertama ada account user biasa, yang memiliki akses penuh ke pengaturan dan aplikasi yang identik dengan bagaimana anda menggunakan perangkat Android 4.x anda. Kedua, ada rekening tamu.

Seorang tamu akun / sementara menggunakan sesi, dan ketika sesi berakhir tidak ada data yang direkam atau disimpan. Ketiga, ada account profil. Akun ini memungkinkan pengguna utama menentukan bagaimana perangkat digunakan. Misalnya, menonaktifkan aplikasi tertentu atau membatasi panggilan telepon.

 

Smart Lock

Kita semua sudah sering menggunakannya sehingga telah bosan dengan hal itu. Ketika anda sedang asik menggunakan ponsel untuk menulis teks atau browsing di Internet, tiba-tiba anda harus melakukan pekerjaan lain sehingga kegiatan yang anda lakukan dengan ponsel anda terhenti seketika.

Saat anda kembali ingin melanjutkan kegiatan pada ponsel anda, ponsel anda telah terkunci sendiri, yang berarti anda perlu memasukkan kembali kode pin anda untuk kembali ke apa yang anda lakukan. Ketika dilakukan sekali tidak masalah, tetapi bila dilakukan beberapa kali dalam sehari itu akan menjengkelkan.

Lollipop mengatasinya dengan Smart Lock. Smart Lock akan memungkinkan perangkat berkemampuan Bluetooth untuk membuka kunci perangkat anda ketika mereka berada dalam sinyal. Dalam prakteknya, jika anda di rumah dan telepon anda berada di dekatnya, perangkat Android 5.0 anda tidak akan mengunci dirinya sendiri, itu akan menghemat waktu yang menyebalkan. Fitur ini juga akan bekerja dengan Chromebook atau desktop yang menjalankan Chrome OS.

 

Notification

Sistem pemberitahuan ini disebabkan untuk mendapatkan perbaikan besar-besaran di Lollipop, menghilangkan kebutuhan untuk mengatur pemberitahuan pihak ketiga seperti Floatify. Ide di balik desain ulang mereka adalah untuk membawa perhatian pengguna untuk menerima pemberitahuan tanpa mengganggu alur kerja mereka saat itu.

Pemberitahuan kunci layar telah dirubah. Sekarang hanya memungkin untuk melihat, mengelola, dan menanggapi pemberitahuan individu tanpa sepenuhnya membuka ponsel atau benar-benar membuka aplikasi tertentu. Tentu saja, aplikasi ini dapat dinonaktifkan jika anda memiliki privasi. Ucapkan selamat tinggal pada semua aplikasi pengganti lockscreen.

 

Multitasking

Multitasking telah menjadi lebih mudah dengan pengalaman Chrome. Sekarang lebih mirip dengan melihat semua tab yang terbuka saat menggunakan Chrome pada perangkat mobile daripada di daftar tradisional recent apps.

Tidak hanya membuat anda dapat beralih aplikasi lebih cepat, tapi juga anda dapat melihat beberapa tugas dalam satu aplikasi. Misalnya, di Gmail, jika anda merancang email baru serta memeriksa kotak masuk anda, anda akan melihat tampilan dua tab Gmail terpisah.

 

Kesimpulan

Android Lollipop melengkapi kekurangan android sebelumnya sehingga terkesan lebih sempurna. Tetapi belum jelas kapan waktu yang tepat untuk merilis Lollipop karena masih ada beberapa hal yang harus diperbaharui, contohnya baru-baru ini ditegaskan bahwa update untuk Nexus 5 ditunda karena baterai menguras bug. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel