Nikon Coolpix L320 - Kamera 16 Megapiksel yang Nyaman dengan Hasil Maksimal

6 Feb 2014 11:45 34283 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menjadi penerus L310, kali ini Nikon menghadirkan seri Nikon Coolpix L320 yang dibekali dengan berbagai fitur-fitur unggulan didalamnya. Sekaligus menambah daftar produk jajaran kamera prosumer Nikon untuk kelas pemula. Pastikan Anda mendapatkan kenyamanan memotret dan hasil maksimal dalam L320.

Menjadi penerus L310, kali ini Nikon menghadirkan seri Nikon Coolpix L320 yang dibekali dengan berbagai fitur-fitur unggulan didalamnya. Sekaligus menambah daftar produk jajaran kamera prosumer Nikon untuk kelas pemula. Pastikan Anda mendapatkan kenyamanan memotret dan hasil maksimal dalam L320.

Nikon Coolpix L320 merupakan sebuah kamera prosumer Nikon dan masuk dalam kategori kamera digital poket super zoom dengan resolusi sensor mencapai 16.1 Megapiksel. Anda bisa mendapatkan zoom maksimal baik zoom optik maupun zoom digital secara baik.

Meski spesifikasi dan berbagai fiturnya masih dibawah DSLR, setidaknya Anda masih bisa menggunkan L320 ini untuk berbagai kebutuhan fotografi seperti acara-acara resmi, traveling, portrait dan lain-lain. Bahkan kebutuhan untuk perekaman video juga turut tersedia dalam produk ini. Simak review selengkapnya dibawah ini dari Nikon Coolpix L320.

  • Desain

Mengawali review, tentu saja kita akan melihat dari segi desain Nikon Coolpix L320. Hampir mirip dengan berbagai produk kamera prosumer lainnya, bentuk L320 dari depan hampir menyerupai dengan kamera DSLR.  Hanya saja memiliki lensa yang tetap, tanpa bisa dicopot. Sedangkan dari belakang tetap terlihat seperti kamera poket biasa.

Keseluruhan tombol pengoperasian diletakan disebelah kanan seperti delete, Menu, Ok, timer, exposure compensation, makro, flash scene, play, dan tombol recording video. Sedikit area disisakan untuk penempatan karet grip. Sedangkan sebagian besar bagian belakang kamera memiliki layar LCD sebesar 3.0 inchi diagonal dengan tipe TFT-LCD with 5-level brightness adjustment beresolusi 230,000-dots.

Ketika melihat bagian atas Anda juga akan menemukan tombol on/off dan shutter plus tuas untuk melakukan zoom. Jadi meski lensa memanjang seperti lensa DSLR, namun Anda harus melakukan zoom-in dan zoom-out melalui tuas atas. Ya, setidaknya Anda masih memiliki grip besar untuk pegangan sebelah depan kamera. Total dimensi Nikon Coolpix L320 mencapai 11.11 x 7.63 x 8.31 cm (L x W x H cm) dan memiliki berat 0.26 kg. Saat ini hanya tersedia warna hitam.

  • Fitur

Dengan efektif piksel mencapai 16.1 Megapiksel, memungkinkan kamera ini mampu memberi hasil foto mencapai sebesar 4608 x 3456 (16M). Nikon menyematkan sensor jenis CCD dengan ukuran fisiknya sekitar 1/2.3 inchi. Tentu memberi keleluasaan bagi Anda untuk memberikan foto besar berkualitas baik.

Untuk fitur-fitur segitiga exposure, kamera ini dapat diatur dari angka shutter speed maksimal 1/1500 detik sampai minimal 1 detik. Namun dengan scene mode shutter speed bisa mencapai 4 detik lamanya. Untuk kepekaan cahaya atau ISO, minimalnya adalah 80 dan maksimal adalah 1600. Patut disayangkan bahwa angka 800 keatas sudah memiliki noise sangat mengganggu.

Sepenuhnya Nikon Coolpix L320 dapat dioperasikan dengan mode Auto. Namun untuk penggunaan Scene Mode cukup banyak mode yang tersedia, diantaranya adalah Back Light, Beach, Black and White Copy, Close Up, Dusk/Dawn, Fireworks Show, Food, Landscape, Museum, Night Landscape, Night Portrait, Panorama Assist, Party/Indoor, Pet Portrait, Portrait, Scene Auto Selector, Snow, Sports dan Sunset. Scene Mode yang begitu banyak menandakan kamera ini merupakan kamera untuk pemula.

Untuk keseimbangan warna, Anda bisa mengatur White Balance secara Auto, Cloudy, Daylight, Flash, Fluorescent, Incandescent dan Preset Manual. Begitu lengkap dan memungkinkan Anda mendapatkan warna lebih baik.

  • Lensa

Nikon Coolpix L320 memiliki lensa dengan fitur 26x optical Zoom yang dirancang dengan glass ED. Nikon membangunnya dengan 12 elemen dalam 9 groups dan berdiafragma  f/3.1-5.9. Memang zoom lebih panjang, hanya diafragma sangat terbatas. Namun Nikon menghadirkan fitur VR (Vibration Reduction) untuk stabilizer guna membuat hasil foto lebih stabil.

  • AutoFocus

AutoFocus lebih cepat meski tidak secepat kamera DSLR. Kinerja AF kamera ini dapat mendeteksi melalui Contrast-detect dengan area Center dan juga Face detection.

  • Perekaman Video

L320 cukup diandalkan untuk perekaman video yang sederhana. Format video berekstensi AVI (video: Motion-JPEG, audio: monaural PCM (22.050 kHz, 16 bits) VGA berukuran 640x480. Patut disayangkan kamera ini belum mampu merekam video High Definition. Tidak cocok untuk dokumentasi sinematografi.

  • Baterai

Menggunakan betarai AA Alkaline Anda dapat memotret sampai 310 shots, AA Lithium: 810 shots dan EN-MH2: 450 shots. Sudah tersedia pula penggunaan bahasa Indonesia.

  • Harga dan Kesimpulan

Nikon Coolpix L320 saat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan. Cocok untuk pemotretan ringan, dokumentasi, portrait, foto grup, traveling, dan lain-lain. Keterbatasannya membuat kamera ini tidak cocok untuk fotografi berat. Tertarik untuk membelinya? [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel