LG 23ET83 - Monitor Touchscreen Terbaru dengan Layar 23 inci yang Fungsional

19 Aug 2014 18:00 14602 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fenomena perangkat berlayar sentuh kini semakin berkembang. Semenjak kehadiran smartphone, populasi gadget dengan layar sentuh semakin meningkat setiap harinya.

Fenomena perangkat berlayar sentuh kini semakin berkembang. Semenjak kehadiran smartphone, populasi gadget dengan layar sentuh semakin meningkat setiap harinya. Kini tak hanya gadget komunikasi saja yang dibekali fitur layar sentuh, monitor atau TV juga sudah hadir dengan layar sentuh untuk memudahkan aktivitas Anda. Hal ini mengilhami beberapa produsen kenamaan, LG merespon dengan meluncurkan LG 23ET83. Hadid dengan desain lebih cantik, perangkat ini tak terlalu berbeda dengan monitor touchscreen yang sudah ada.

Beberapa waktu lalu, produsen LG, merilis sebuah monitor LCD full HD yang menjanjikan kinerja yang responsive. Pada perangkat monitor LG ini. juga memperkenalkan teknologi baru sehingga warna yang ditampilkan lebih detail dan hidup. Berbekal sebuah layar berukuran 23 inci, produsen mengkalim perangkatnya memberikan fungsionalitas interaktif terbaik. Lalu, seperti apa fitur–fitur yang ditawarkan monitor layar sentuh terbaru ini?

 

DESAIN

Monitor LG 23ET83 hadir dengan desain minimalis nan elegan. Monitor layar sentuh ini memiliki ukuran 554.8 x 207.8 x 399.1 mm dengan berat 6,4 kg dengan pemopang. Tampilannya yang tipis dan tidak terlalu berat memudahkan perangkat ini dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Anda bisa menempatkan monitor touchscreen ini sebagai papan kerja ditembok kala rapat, atau sekadar untuk monitor computer di meja. Menariknya Anda akan mendapat aksesoris stand yang mudah diatur untuk menopang monitor ini kala digunakan di meja kerja.

 

KONEKSI

Monitor Layar sentuh besutan LG ini bisa berjalan di sistem operasi Windows 8 atau Android sekalipun. Layar touchscreennya cukup halus kala menampilkan progam – progam di Windows 8. Koneksi USB dibutuhkan untuk mengaktifkan feature touchscreen pada LG 23ET83. Jika Anda hanya menghubungkan kabel display saja, sistem sentuhnya tak akan bisa berjalan. Hasilnya, Anda hanya bisa menggunakannya secara konvensional saja, yaitu murni sebagai perangkat monitor biasa. Anda juga bisa menggunakan monitor 23 inci ini sebagai monitor computer biasa. Monitor ini ternyata juga cocok berjalan di sistem operasi Windows 7, Windows Vista dan Windows XP.

Pada perangkat ini Anda akan menemukan Input atau Output Terminals di salah satu sisinya. Anda akan menemukan port HDMI untuk menyambungkan perangkat ini ke TV. Ada pula port USB dan port display untuk menyambungkan perangkat ini dengan gadget atau perangkat lainnya. Anda juga mendapati port audiojack untuk menyematkan headphones atau speaker internal. Sebagai sebuah monitor layar sentuh, LG 23ET83 cukup lengkap dengan berbagai fitur andalan.

 

LAYAR DAN DISPLAY

LG 23ET83 merupakan monitor yang sudah memanfaatkan teknologi layar sentuh (10 point touch). Panelnya menggunakan jenis IPS dengan dynamic contrast 10.000.000:1. Dengan begitu, monitor ini akan sangat optimal ketika dipasangkan dengan perangkat PC berbasis Windows dan Android

Sharp menggunakan layar LCD 23 inci dengan resolusi 1,920 x 1,080 piksel di monitor latar sentuh ini. Layar LG 23ET83 sedikit berbeda dari produk monitor lainnya. Ada jarak kurang dari 0,5 cm antara layar dalam dan lapisan kaca terluarnya yang membuatnya terlihat mirip seperti akuarium. Gambar yang ditampilkan seperti seolah ada di dalam kaca. Hal ini baru akan terasa ketika melihatnya dari jarak kurang dari satu meter.

LG menyediakan mode AV dan mode PC yang masing-masingnya memiliki lima preset gambar seperti Text, Photo, Cinema, Game, hingga Vivid. Pengaturan lainnya yang bisa Anda lakukan yakni mengubah black level, temperatur warna, ketajaman gambar, serta response time. Untuk mengakses menu bisa dilakukan dengan panel-panel sensitif yang terdapat di bagian tepi bawah layar.

 

AUDIO SISTEM

untuk masalah audio sistem, LG menempatkan dua buah speaker stereo untuk menjadi sumber suara. Speakernya lumayan jernih menghasilkan suara. Menariknya, speaker tersebut hanya memakan daya output yang terbilang rendah. Jika Anda masih kurang puas, Anda bisa menyambungkan perangkat ini dengan speaker eksternal lain yang lebih besar.

 

HARGA / PERKIRAAN HARGA

Monitor layar sentuh berlayar lebar ini telah dirilis beberapa waktu lalu dengan harga Rp 4.750.000. Anda bisa membelinya secara langsung di toko atau secara online di web resmi LG atau web jual beli online lainnya.

 

KESIMPULAN

LG kembali merilis sebuah monitor layar sentuh terbaru. Hadir dengan layar yang terbilang lebar, tak ada fitur baru di perangkat ini. Penggunaan panel IPS membuat LG 23ET83 memiliki viewing angle yang sangat baik. Anda tetap bisa melihat gambar yang tersaji dengan jelas bahkan dalam posisi berbaring sekalipun. Sayang, lapisan kaca terluar yang digunakan oleh monitor ini memberikan efek pantulan dari objek yang ada di depannya. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel