Mengulas Lebih Dalam Kamera Nokia Lumia 1020 yang Dianggap Setara dengan DSLR

30 Jan 2014 11:00 8466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai kamera Nokia Lumia 1020 ini, perlu diketahui bahwa produk ponsel Windows Phone 8 ini sudah diperkenalkan kepada publik pada 11 Juli 2013. Namun perilisan lenjutan dengan update firmware 'Black’ dilakukan pada Januari 2014.

Dunia fotografi sedang dihebohkan dengan peluncuran sebuah ponsel dengan spesifikasi kamera super, yakni Nokia Lumia 1020. Paseban telah me-review produk ini pada artikel ini. Banyak yang menganggap kamera Nokia Lumia 1020 ini sudah setara dengan kamera DSLR, meskipun jika dipahami lagi tetap saja DSLR menjadi kamera mumpuni.

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai kamera Nokia Lumia 1020 ini, perlu diketahui bahwa produk ponsel Windows Phone 8 ini sudah diperkenalkan kepada publik pada 11 Juli 2013. Namun perilisan lenjutan dengan update firmware 'Black’ dilakukan pada Januari 2014.

Pihak Nokia membocorkan bahwa update termasuk dengan penambahan berbagai fitur baru, diantaranya juga peningkatan pengolahan citra dan dukungan untuk file RAW (DNG). Tidak hanya berlaku sebagai ponsel biasa, Nokia Lumia 1020 mengandalkan fitur kamera yang sangat mumpuni dan setara dengan kamera profesional. Tentu tidak salah Anda mengatakan demikian. Paseban akan mengulas kamera Nokia Lumia 1020 baik dari spesifikasi maupun fitur-fitur canggihnya:

  • Resolusi Sensor 41 Mp

Terkaget-kaget ketika mengetahui bahwa Lumia 1020 memiliki kamera dengan resolusi sensor 41 MP. Semakin besar, dan lebih besar dari umumnya kamera DSLR. Kelebihannya Anda bisa mendapatkan foto lebih besar mencapai 7728 × 5368, dan bisa melakukan croping lebih baik. Sangat cocok untuk mencetak foto besar. Hanya saja, ini seperti kurang begitu efektif karena nantinya ukuran file foto jauh lebih besar memakan memory dan dipastikan Anda harus sering-sering mengkompres foto jika hendak mengunggah di media sosial. Alhasil 41 MP menjadi seperti percuma saja.

  • Teknologi PureView Pro

PureView Pro adalah teknologi pencitraan yang digunakan dalam Nokia 1020 dan Nokia 808. Keunggulannya adalah mampu memberikan gambar berkualitas tinggi, lossless zoom , dan peningkatan kinerja pada area dengan cahaya rendah.

  • Fokus

Nokia Lumia 1020 memiliki kamera yang sepenuhnya mendukung fitur AF (AutoFocus). Ya, semua kamera ponsel tentu sudah memiliki fitur ini. Sayangnya mengenai fitur ini jelas terlalu kalah dari DSLR, karena kamera profesional mendukung AuoFocus dan Manual Focus dengan point AF juga ditambah point AF cross type.

  • OIS

OIS atau Optical Image Stabilizer disebut sebagai fitur stabilizer kamera untuk pengambilan foto lebih stabil meski ada sedikit goncangan. Sayangnya kami masih meragukan apakah stabilizer Lumia 1020 masih lebih baik dengan stabilizer pada lensa DSLR yang begitu sangat solid.

  • Lensa Carl Zeiss

Sepertinya Nokia memang benar-benar serius dengan kamera Lumia 1020. Seperti halnya DSLT Sony yang menggunakan lensa Carl Zeiss, begitu juga Nokia yang menyematkan lensa Jerman pada Lumia 1020. Lensa tersebut mampu mencapai jarak fokus kamera 26 mm serta jarak fokus minimal mencapai 15 cm. Jadi untuk makro sepertinya bisa meski tidak bisa terlalu dekat. Lensa dibangun dengan Enam elemen dalam satu grup. Hanya saja banyak pengamat mengkritik lensa Lumia 1020 karena masih rawan dengan suar atau flare.

  • Fitur Triangle

Satu hal yang tidak bisa dilupakan adalah fitur triangle yang ada pada kamera. Unutk Lumia 1020 ini didukung dengan aperture f/2.2 untuk bukaan terbesar. Sedangkan untuk fitur Shutter Speed mendukung angka minimal 4 detik sampai 1/16000 detik. Dan terakhir adalah ISO yang dapat diatur dari angka 100 sampai 3200. Sayangnya aperture f/2.2 ini tidak bisa disamakan dengan aperture pada DSLR yang mampu memberikan DOF sempit menjadikan foto bokeh.

Selain itu angka Shutter Speed 4 detik tidak seimbang dengan DSLR yang mampu mencapai 30 detik. Hanya angka Shutter Speed maksimal DSLR umumnya mencapai 1/4000 detik sampai 1/8000 detik, bukan 1/16000 detik. Mengenai ISO, pengendalian noise Lumia 1020 hanya lebih baik dibawah angka 800. Namun setidaknya fitur triangle ini sudah jauh lebih baik dibandingkan Galaxy S4 dan Iphone 5.

  • Prosesor Kamera

On-chip image processor mungkin belum setara dengan Expeed 3, Expeed 4 atau DIGIC 5 dan prosesor DSLR lain. Namun setidaknya prosesor pencitraan ini mampu memberi lossless zoom : 4 × dan perekaman video HD 1080p yang berjalan pada 30 fps. Jangkauan dinamis yang dihasilkan juga sudah lebih baik dibandingkan prosesor kamera smartphone lain.

  • Flash

Jenis Lampu Kilat Kamera yang digunakan adalah lampu Kilat Xenon. Nokia mengklaim flash ini mampu bekerja pada Jarak 4.0 m. Pengguna dapat mengaturnya dengan modus Tidak aktif, Otomatis, dan Aktif.

  • White Balance

Tersedia fitur keseimbangan warna putih dengan pilihan Berawan, Berpijar, Lampu Neon, Siang, dan Otomatis. Sayangnya White Balance Lumia 1020 belum se-akurat kamera DSLR.

  • Mode Shooting

Jangan mengharapkan Anda bisa mengoperasikan kamer secara manual. Anda hanya memiliki Auto, Potret malam, Olahraga, Malam, Close-up, dan Lampu latar. Masihkah Anda menganggap DSLR sudah kalah?

  • Kamera Depan

Kamera depan Nokia Lumia 1020 hanya memiliki spesifikasi 1.3 MP 1280×960  piksel.  Namun sudah mendukung perekaman HD 720p yang berjalan pada 30 fps.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Nokia Lumia 1020 unggul dalam resolusi sensor yang mencapai 41 MP. Keringkasan karena ini merupakan ponsel pinter yang sudah terintegrasi dengan berbagai layanan online. Selain itu ukuran yang tidak terlalu besar dan dipasaran tersedia grip pembantu. Sayangnya kamera Lumia 1020 masih belum memiliki berbagai fitur yang dimiliki DSLR, diantaranya adalah mode shooting Manual, fitur Continous Brust, Shutter Wireless, Point AF, Zoom optik, Manual Focus, Metering, Hot Shoe flash eksternal, dan masih banyak lagi yang lain.[ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel