Handphone Terbaru Nokia Lumia 1020 yang Dilengkapi Dengan Monster Kamera, 41 Megapixel

22 Aug 2013 20:00 4605 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berbagai bocoran sebenarnya sudah menunjukkan kalau hadnphone terbaru Nokia Lumia 1020 memiliki kamera super, 41Megapixel. Dan sekarang itu bukan hanya isu saja, Nokia telah membuktikan kalau mereka menciptakan kamera monster di produk terbarunya ini. 

Berbagai bocoran sebenarnya sudah menunjukkan kalau hadnphone terbaru Nokia Lumia 1020 memiliki kamera super, 41Megapixel. Dan sekarang itu bukan hanya isu saja, Nokia telah membuktikan kalau mereka menciptakan kamera monster di produk terbarunya ini. Handphone yang dinanti-nanti konsumen ini membuat orang-orang terpukau dan penasaran bagaimana kemampuan handphone ini. Mari kita lihat detailnya, apakah ini hanya berbicara masalah kamera saja?

Desain

Ada beberapa pilihan warna untuk Nokia Lumia 1020 ini yaitu kuning, putih dan  hitam. Jadi, ini bukan semata-mata berbicara masalah kamera saja, Nokia masih sangat peduli dengan desainnya. Desainnya sendiri mirip dengan Nokia Lumia 920 baik dari sudut-sudutnya yang bulat atau yang tajam dan juga menampilkan keberanian.

Ada perbedaan antara Lumia 1020 dengan 920. Pada Nokia Lumia 1020 rasa kalau ini adalah produk premium lebih tinggi dari pendahulunya. Walau bahan body-nya tidak jauh beda dengan 920. Bodynya terbuat dari polycarbonate yang berkualitas tinggi. Seperti yang desain yang sudah sangat kita kenal, sudut yang agak membulat dan body belakang yang melengkung merupakan kombinasi yang membuat pemegangnya merasa nyaman.

Lumia 1020 lebih tipis dan lebih ringan dari Lumia 920. Ini suatu kemajuan, mengingat kamera 1020 jauh lebih besar dari 920. Bagian belakang body-nya juga menggunakan teknologi lapisan soft-touch yang biasanya mengkilap dan licin. Di Lumia 1020, bagian belakangnya tidak licin dan tidak mengkilap namun sangat nyaman di genggam.

 

Walau kameranya sangat besar, dimensi keseluruhan handphone terbaru Nokia ini tidak terlalu besar. Lumia 1020 berdimensi 130,4 X 71,4 X 10,4 mm. Ukurannya memang tidak terlalu jauh berbeda dengan 920, tetapi pada Lumia 1020 ada benjolan cukup besar di bagian belakang bawahnya. Bobot Lumia 1020 juga lebih ringan dari pendahulunya. Berat Nokia hanya 158 gram, berbeda 27 gram dari Lumia 920.

 

Performa

Nokia Lumia 1020 dijalankan oleh prosesor dual-core 1,GHz Qualcomm Snapdragon S4 dan memiliki penyimpanan internal 32GB ditambah penyimpanan awan 7GB di Skydrive. Sayangnya, penyimpanan internal ini tidak bisa diupgrade lagi, sudah paten dipasang oelh Nokia. Tetapi rasanya 32GB bukan sedikit untuk ukuran handphone. 32GB bisa menyimpan berates-ratus video pendek, musik, gambar dan lain sebagainya.

Mengenai si “monster kamera”

Pada produk ini Nokia memasang sensor kamera ultralarge dengan software PureView untuk memproses gambar. Mudah-mudahan teknologi ini juga dipasang nantinya di Nokia Lumia 920 dan produk-produk lainnya. Kamera di lengkapi dengan enam lensa optik Carl Zeis (seperti yang baru-baru ini dilakukan pada Lumia 920) yang juga mengambil sudut yang luas. Selain itu, Nokia Lumia 1020 memiliki 3X Zoom high-resolution, auto focus yang bisa juga digunakan secara manual dan sistem dual flash. LED flash yang lebih melengkapi LED yang lebih besar, kali ini Nokia menggunakn Xenon sebagai main flashnya. Desainnya bisa kita lihat di Lumia 928. Rekaman videonya menghasilkan kualitas HD 1020p dengan rata-rata 30 frame/detik.

Kamera juga dilengkapi dengan ball bearing yang akan mengurangi getaran dan membuat Lumia 1020 lebih stabil saat memotret. Nokia juga membuat kamera pada ponsel ini bisa memoto di cahaya rendah sekalipun, sama seperti Nokia Lumia 928. Untuk saat ini, Lumia 928 dan 1020 masih lebih baik dibanding iPhone sekalipun dalam memoto pada keadaan kekurangan cahaya.

Pengaturan kamera menggunakan Pro Kamera yang akan mempermudah fotographer profesional  menafigasi kamera monster 41 Megapixel ini. Aplikasi ini juga menyediakan tutorial agar pemula bisa belajar menggunakan kamera super besar ini. Kelengkapan pengaturan kamera juga disediakan seperti pengaturan exposure, pegaturan lensa dan pengaturan tambahan seperti pada kamera asli.

Pada bagian depannya, terdapat kamera kecil 1,2 Megapixel. Ini digunakan untuk video call atau video message. Walau kecil, kamera ini bisa merekam video dengan kualitas HD. Namun tidak sebesar kamera yang ada di belakangnya.

Kesimpulan dan Harga

Nokia kembali membuat pasar smartphone memanas dengan ketangguhan kamera yang dimilikinya. Bila Anda senang dengan dunia fotografi, Lumia 1020 menjadi pilihan yang sangat tepat. Bukan hanya mengagung-agungkan besaran pixel yang terdapat di handphone terbaru Nokia ini saja, mereka juga mendukung kamera tersebut dengan berbagai teknologi. Ini membuat kamera ini semakin super power.

Produk ini dibandrol dengan harga sekitar US$299. Untuk pemasaran pertamanya akan di lakukan di Cinda dan Eropa. Di Indonesia? Sabar saja, Indonesia merupakan salah satu pasar yang sangat berpotensi untuk produsen-produsen handphone. Kita juga tidak perlu menunggu terlalu lama. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel