Canon EF 24-105mm f/4L - Lensa Kamera denga Diafragma Konstan

26 Jan 2014 15:00 13664 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu pilihan terbaik lensa sapu jagat Canon adalah EF 28-300mm warna putih. Namun harganya selangit mencapai Rp 27 jutaan. Alternatifnya Anda bisa tetap menggunakan lensa semi sapu jagat berkualitas yakni Canon EF 24-105mm f/4L yang tentu saja serba guna untuk segala kebutuhan.

Canon EF 24-105mm f/4L IS USM merupakan salah satu lensa berkelas dari Canon. Lensa ini masuk jajaran dalam lensa L series dan diperkenalkan sebagai kategori standard zoom. Meski demikian tetap layak disebut semi sapu jagat karena panjang fokalnya yang mencapai 105mm. Lensa ini direkomendasikan untuk DSLR Canon Full Frame, namun tetap kompatibel jika dipasang pada sensor APS-C. Ada cukup banyak fitur yang tersedia, dan performanya patut diacungi jempol terlebih lensa ini sangat serba guna dalam penggunaannya. Berikut ini Paseban akan mengulas lebih detail Canon EF 24-105mm f/4L.

Desain

Canon EF 24-105mm f/4L diperkenalkan pertama kali pada tahun 2005 dan sampai saat ini masih diproduksi. Jika Anda ingin mengetahui desainnya, terbilang sangat solid dan tidak terlihat murahan. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, Anda akanmelihat balutan bahan magnesium alloy yang kokoh pada lensa ini. Seperti halnya lensa L series lain, terdapat ring merah disekitar ujung lensa, belakang optik depan. Lalu dibelakangnya lagi tentu terdapat karet sebagai pegangan untuk melakukan zooming.

Posisi tengah ditempati berbagai fitur dan fasilitas, diantaranya adalah focal distance glass (atas tengah), serta tuas fokus AF ke MF dan pastinya adalah tuas stabilizer (samping kiri). Selanjutnya adalah ring fokus yang juga dibalut dengan karet. Cukup memudahkan Anda saat menggunakan manual fokus. Angka panjang fokal yang tertera hanya 24, 35, 50, 70 dan 105mm. Canon EF 24-105mm f/4L dirancang dengan 13 grup dan 18 elemen kaca berkualitas. Total dimensinya mencapai 83.5mm x 107mm dan memiliki berat 670g. Anda bisa memasang filter pada lensa yang berukuran 77mm. Tentu lebih mahal jika dibanding filter yang lebih kecil.

Fitur

Fitur-fitur yang terutama pertama adalah kualitas kontruksi yang sangat tahan debu serta kelembaban. Pastikan Anda tidak perlu ragu saat memakai lensa ini lensa pada area ekstrim karena cukup tangguh kualitas.  Canon juga memberi bocoran bahwa lensa ini bibangun dengan sebuah elemen kaca Super-UD dan tiga lensa aspherical, sehingga mampu meminimalkan chromatic aberration serta distorsi pada hasil foto. Tentu Anda akan melihat kualitas gambar yang sangat baik, bahkan pada bukaan besar. Tidak lupa juga penyematan dengan teknologi Optimized Super Spectra coatings sehingga mampu secara efektif meredam adanya flare (cahaya liar yang menggangu) dan ghosting. Kedua masalah tersebut sangat rentan terjadi pada banyak kamera digital serta lensa-lensa murahan karena refleksi dari sensor gambar.

Kecepatan Fokus

Mengenai kecepatan fokus, sangat khas Canon dengan Ultra Sonic Motor. Begitu cepat mengunci dengan tepat dan tetap tenang, tanpa suara yang mengganggu. Bahkan uniknya, Anda tetap bisa memutar cincin manual focus meskipun dalam keadaan AF aktif. Hal ini mungkin untuk ketepatan lebih tinggi dari pengguna, atau mengarahkan fokus pada bagian tertentu dari objek. Image Stabilizer (IS) membuat lensa ini semakin terkesan mewah, bahkan Canon merancang fitur IS mencapai 3 stop. Cukup untuk mengatasi efek dari goncangan yang biasanya membuat rawan foto menjadi blur, baik dalam pemotretan secara handle.

Keunggulan yang sangat digadang-gadang oleh Canon terhadap lensa ini adalah diafragma konstan f/4. Anda bisa melakukan zooming tanpa harus membuat 8 blade diafragma mengecil. Bandingkan dengan kebanyakan lensa lain yang mengalami pengecilan bukaan saat melakukan zoom.

Performa

Sebagai salah satu lensa standard zoom terbaik dunia, Canon EF 24-105mm f/4L sekiranya mampu memberi hasil foto yang tajam, bahkan salah satu pengamat fotografi terkenal Ken Rockwell mengungkapkan bahwa sistem AF lensa ini sangat luar biasa dan tidak memiliki titik-titik lemah. Bokeh akan lebih terasa bisa Anda menggunakan bukaan terbesar f/4 dengan zoom penuh 105mm untuk portrait. Lensa ini direkomendasikan oleh PPLFPA (Professional Patio and Lawn Furniture Photographers' Association), dengan nilai "B." Yang menjadi kelemahan adalah distorsi sehingga objek foto Anda tidak begitu porposional pada panjang fokal terpendek. Anda bisa memperbaikinya pada Photoshop.

Penggunaan

Sangat cocok untuk berbagai kebutuhan, baik landscape, foto group, interior, eksterior, portrait, candid,  dan lain-lain.

Harga

Canon EF 24-105mm f/4L IS USM dapat Anda bawa pulang dengan harga Rp 12 jutaan.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai lensa kamera yang dapat membantu performa kamera Canon Anda. Selamat mencoba! [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel