Kamera Brica WP 50 - Sebuah Kamera Poket 500ribuan yang Siap Masuk Air

6 Jan 2014 13:00 6230 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengguna DSLR masih menggunakan case waterproof untuk pemotretan Underwater atau tanpa perlindungan apapun jika memiliki DSLR seharga 40 jutaan ke atas.

Pengguna DSLR masih menggunakan case waterproof untuk pemotretan Underwater atau tanpa perlindungan apapun jika memiliki DSLR seharga 40 jutaan keatas. Namun saat ini Anda sudah bisa masuk ke dalam air dengan kamera poket Brica WP 50 yang memiliki harga sangat murah. Ya, pernahkah Anda membayangkan bisa memotret didalam air tanpa aksesoris pelindung? Kekurangan dari case waterproof adalah mengurangi kualitas foto, karena Anda seperti memotret dimana didepan kamera Anda terdapat plastik atau kaca. Dengan kamera Brica WP 50 Anda tidak perlu lagi menggunakan apapun untuk masuk ke dalam air untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal.

Kamera Brica WP 50 merupakan kamera point and shoot atau poket yang cukup mini. Dirancang dengan image sensor hanya 5.0 Megapiksel  menggunakan fisik sensor CMOS, kamera ini juga mampu untuk melakukan zooming digital mencapai 5x. Sangat cocok untuk pemotretan ringan, sekedar untuk traveling, atau mendokumentasikan keceriaan Anda bersama keluarga dan rekan-rekan saat bermain-main di kolam renang. Meski berharga murah dan terkesan mini, Brica WP 50 sanggup menghasilkan gambar yang cukup berkualitas, tajam dan ada banyak fitur standar didalamnya.

Desain

Melihat desain dari Brica WP 50, tentu Anda sudah menebak bahwa ini lebih cocok disebut toy cam. Brica tampaknya memang cukup kreatif dalam menghasilkan kamera dengan desain menarik. Anda bisa melihat bahwa seri ini tersedia dalam 5 warna, diantaranya adalah merah, hitam, ungu, pink dan biru. Sesuaikan dengan yang Anda suka karena meski berbeda warna, namun spesifikasi tetaplah sama. Mari kita melihat ke bagian belakang atau bagian pengoperasian kamera, dimana tertera layar LCD yang hampir memenuhi 75%.Ukuran tepatnya adalah 2.7" TFT LCD dan dibagian kanan tetulis Waterproof. Cukup unik karena Brica menempatkan seluruh tombol pengoperasian dibagian kanan diantaranya mulai dari Display, Menu, Flash, Fn, W-T (untuk zoom in serta zom out) dan lain-lain. Praktis karena seluruh bagian kamera sudah penuh, maka Anda harus merelakan bahwa kamera ini tidak memiliki ruang untuk grip sebagai pegangan tangan khusus. Beralih pada bagian atas, Anda akan melihat tombol Shutter saja. Sedangkan pada bagian depan lensa terletak pada kanan atas yang dibalut dengan kaca. Disampingnya adalah lampu flash dan tidak ada yang lain. Bagian depan justru lebih lega dan dimanfaatkan dengan menampilkan merk serta seri Brica WP 50. Total dimensi kamera ini hanya mencapai 95mm x 60mm x 24mm dan berat 110 g tanpa baterai.

Lensa

Sayang sekali bahwa kamera ini tidak memiliki fitur zoom optik. Sepenuhnya Anda hanya bisa melakukan zoom digital yang memang dikenal kurang begitu menghasilkan gambar bagus. Ini seperti ketika Anda melakukan perbesaran foto pada software viewer. Meski demikian jarak fokus Brica WP 50 normalnya 1.2 m atau lebih atau bisa juga dengan Makro yang mencapai kedekatan 20 cm.

Fitur

Mengenai fitur, tentu ada berbagai fitur standar yang ada pada kamera umumnya. Salah satunya adalah kecepatan rana yang secara normal bisa dipakai mulai dari angka ½ detik sampai 1/2000 detik. Sedangkan pada mode Night (malam) kecepatan rana maksimal paling lambat adalah 3 detik. Yang patut mengagetkan bahwa kamera ini memiliki  3 mode shooting, yakni Single Image, Continuous dan AEB (Auto Exposure Bracketing). Membuat Anda bisa melakukan hal yang lebih kreatif lagi. Ditambah dengan Self Timer yang dapat Anda atur mulai dari 2 detik, 10 detik dan Self Timer Double. Selebihnya Anda hanya akan mendapatkan fitur-fitur biasa seperti scene mode dengan pilihan Auto, Smart, Night, Portrait, Program, Transform, Landscape, Backlight, Sport, Auction, dan Smile Shutter. Tersedia pula opsi White Balance meski kurang lengkap, yakni Auto, Cloudy, Daylight, Fluorescent, dan Tungsten. Selain itu nampaknya fitur Effect yang bisa mengedit foto menjadi BW, Sephia dan negatif tidak begitu penting mengingat saat ini orang lebih suka mengedit foto pada komputer maupun smartphone.

Performa

Performa unggulan Brica Wp 50 adalah karena kamera ini mampu bertahan didalam air dengan fitur waterproof. Kedalaman yang mampu dicapai adalah 3 meter. Ya, setidaknya Anda bisa menggunakan kamera ini pada kolam renang anak-anak.

Video

Jika hanya memotret mungkin masih kurang. Namun tenang saja karena Brica WP 50 sudah didukung dengan fitur perekaman video yang memiliki ukuran maksimal 720 x 480, 640 x 480 dan 320 x 240 yang kesemuanya berjalan pada 30 frame per second.

Kesimpulan dan Harga

Sangat fantasitis, Anda bisa membawa pulang Brica WP 50 dengan harga dibawah 1 jutaan. Pada berbagai toko kamera online karena ini di banderol dengan harga 590 ribuan atau paling mahal 600 ribuan. Sangat murah dengan fitur seadanya. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel