Nikon 1 V1 - Mirrorless Camera Digital untuk Entry Level dengan Kualitas Memuaskan

28 Nov 2013 13:45 2911 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang merasa Nikon D90 atau D7000 terlalu mahal, Nikon 1 V1 Mirrorless agaknya memang menjadi alternatif pilihan yang sangat masuk akal. Meski hanya sebagai Mirrorless camera, namun kamera ini memiliki banyak fitur unggulan yang pastinya setara dengan layaknya DSLR kelas entry level atau mid-range.

Bagi Anda yang merasa Nikon D90 atau D7000 terlalu mahal, Nikon 1 V1 Mirrorless agaknya memang menjadi alternatif pilihan yang sangat masuk akal. Meski hanya sebagai Mirrorless camera, namun kamera ini memiliki banyak fitur unggulan yang pastinya setara dengan layaknya DSLR kelas entry level atau mid-range.

Nikon 1 V1 Mirrorless adalah kamera digital yang memiliki resolusi sensor 10.1 Megapiksel dengan ukuran 13.2 mm x 8.8 mm CMOS sensor. Dengan ukuran yang relatif kompak, namun tetap menyajikan kualitas mumpuni khas Nikon. Mirrorless camera memang diciptakan guna memungkinkan pengguna memiliki kamera berkualitas dengan setting opsi manual, bersensor besar namun dengan ukuran yang tetap mini. Hal tersebut dapat Anda dapatkan pada Nikon 1 V1 Mirrorless. Kamera yang sangat cocok untuk berbagai kebutuhan fotografi, meskipun dalam kebutuhan beberapa hal DSLR masih tetap belum tergantikan.

  • Desain

Sebagaimana layaknya kamera Mirrorless, desain yang dihadirkan Nikon 1 V1 masih tetap dalam kisaran kamera digital poket dengan ukuran lebih besar. Nikon tetap menunjukan kualitas body kamera dengan membalutnya menggunakan bahan Magnesium Alloy. Berbeda dengan kebanyakan produsen kamera yang sudah memakai bahan plastik. Bahan Magnesium Alloy tentu lebih solid dan kuat dibandingkan plastik. Sejak dahulu inilah keunggulan Nikon. Dimensi total Nikon 1 V1 mencapai 113 x 76 x 43.5 mm atau sekitar 4.4 x 3 x 1.7 inchi dan beratnya 383 g atau 13.5 oz dengan tambahan baterai dan kartu memori. Lebih jauh lagi, ada satu perbedaan mencolok kamera ini dengan kebanyakan Mirrorless dipasaran, yakni tersedianya fitur viewfinder. Unik memang karena kebanyakan Mirrorless tidak memiliki viewfinder.

Pada bagian belakang dimana terdapat banyak tombol pengoperasian, keseluruhannya terletak disebelah kanan. Terlihat adanya tombol display, play, OK, scroll, menu, delete, dan lain-lain. Keunikan lain adalah putara mode yang turut diletakan dibagian belakang, bukan diatas. Selain itu, karet grip terletak lebih dalam, dekat layar LCD. Banyak segala fitur yang dibuat berbeda memang pada kamera ini. Beralih ke bagian atas, terdapat tombol on/off dan shutter disisi kanan, dan built in flash yang tertanam serta bisa dinaikan. Jadi ketika tidak dibutuhkan, Anda tidak perlu menarik buil in flash. Sebagian besar body dibalut dengan warna hitam doff dan terlihat garang serta kokoh. Untuk keamanan, lubang untuk pemasangan strap juga tersedia.

Kebutuhan preview dan lain-lain ada pada layar LCD yang memiliki ukuran 3.0 inchi dengan tipe 921k-dot, TFT LCD menggunakan brightness adjustment. Pastikan Anda akan mendapatkan tampilan gambar yang tajam, bening serta berwarna realistis.

  • Fitur

Nikon 1 V1 memiliki prosesor EXPEED 3 terbaru yang memang menjadi sebuah teknologi pencitraan digital mumpuni serta sudah dipakai oleh produk Nikon DSLR. Performa yang dihadirkan sangat luar biasa dengan kecepatan ganda dalam pemrosesan gambar yang diambil. Tentu saja fitur seperti phase detection, auto fokus, serta transfer data yang cepat tersedia dalam Nikon 1 V1.  Tersedia Shutter elektronik yang dapat diatur, mulai dari angka tercepat 1/16,000 detik dan terlambat mencapai 30 detik. Sedangkan kepekaan cahaya ISO Anda bisa mengaturnya secara Auto, maupun dengan varian angka 100 - 3,200. Tampaknya memang angka 800 keatas menjadi masalah karena noise yang ditimbulkan sudah mulai mengganggu.

Mengenai fitur AF, tersedia kota Single-point AF dengan 135 focus area dan Auto-area AF: 41 fokus area. Dan untuk kemudahaan dalam memotret tersedia TTL metering yang tersedia memanfaatkan image sensor. Cukup membantu bagi fotografer pemula, namun bisa membingungkan bagi yang belum memahami metering. Sebagai tambahan untuk menghasilkan ketepatan waran yang diinginkan, Nikon 1 V1 menyediakan picture control seperti halnya DSLR sungguhan, dengan pilihan Standard, Neutral, Vivid, Monochrome, Portrait, dan Landscape. Sedangkan White Balance komplit mulai dari Auto, incandescent, direct sunlight, fluorescent, flash, cloudy, shade, dan mengatur dengan preset manual.

  • Lensa dan performa

Nikon 1 V1 Mirrorless dilengkapi dengan lensa kit Nikkor 1 berukuran 10-30mm.  Lensa ini mampu memberikan perbesaran 2.7 x lens focal length (35 mm format equivalent) dengan format  Nikon CX, bukan DX. Ketajaman yang dihasilkan sangat baik dan kualitas pencitraan patut disejajarkan dengan Nikon D3000, D3100 atau entry level Nikon lainnya.

  • Harga dan Kesimpulan

Untuk pasaran Indonesia, Nikon 1 V1 Mirrorless saat ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 5.8 jutaan plus lensa 10-30mm. Kamera ini sangat cocok untuk kebutuhan fotografi ringan, baik acara keluarga, traveling, liputan dan lain-lain.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel