Nikon D5300 - Kamera DSLR Nikon yang Pertama dengan Fitur WiFi

15 Nov 2013 12:30 3834 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu produsen raksasa di dunia perangkat fotografi dan videografi, Nikon kembali mengeluarkan produk terbarunya. Kali ini perusahaan asal Jepang tersebut memperkenalkan kamera DSLR Nikon D5300, yang merupakan jenis Digital Single-Lens Reflex teranyar. Kamera ini merupakan penerus dari seri D5200, dengan penambahan beberapa peningkatan pada spesifikasinya.

Salah satu produsen raksasa di dunia perangkat fotografi dan videografi, Nikon kembali mengeluarkan produk terbarunya. Kali ini perusahaan asal Jepang tersebut memperkenalkan kamera DSLR Nikon D5300, yang merupakan jenis Digital Single-Lens Reflex teranyar. Kamera ini merupakan penerus dari seri D5200, dengan penambahan beberapa peningkatan pada spesifikasinya. Tak heran jika kamera ini pun masuk dalam kategori kelas unggulan.

Penambahan fitur yang paling menarik pada kamera ini adalah berupa fitur built-in WiFi. Sehingga, kamera Nikon D5300 ini pun menjadi kamera DSLR Nikon pertama yang dibekali dengan dukungan koneksi WiFi, yang sudah dapat dihubungkan langsung dengan internet ataupun dengan perangkat lain. Kehadiran fitur ini tentunya sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Nikon. Berikut ini ulasan lengkap mengenai kamera Nikon D5300 ini.

Desain dan Control

Sama seperti Nikon D5200, kamera seri D5300 ini juga dilengkapi dengan dengan layar yang bisa diputar, berupa layar vari-angle jenis LCD. Hanya saja, ukurannya kali ini jauh lebih besar, yakni berukuran 5,3 inci, dengan kepadatan piksel mencapai 1,04 juta titik. Selain itu, kamera ini juga memiliki optical viewfinder yang sedikit lebih besar dari pendahulunya.

Sementara itu, bodinya sendiri dirancang dengan desain yang solid, dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni black, candy apple red, dan bluish-gray tone. Bobot kamera Nikon D5300 ini juga lebih ringan jika dibandingkan dengan saudara tuanya, hanya seberat 480 gram untuk bodinya saja. Sedangkan dimensinya secara penuh berukuran 125 x 98 x 76 mm.

Image Quality dan Resolusi

Untuk jaminan kualitas, Nikon memasangkan sensor DX format CMOS 24,2 megapiksel pada kamera Nikon D5300 ini, tidak jauh berbeda dengan seri D5200. Bedanya, produk terbaru ini tidak lagi dibekali optical low-pas filter, dengan tujuan untuk menghasilkan gambar yang memiliki detail lebih baik, meski nantinya tidak bisa mencegah efek moire.

Tidak hanya itu, kamera Nikon D5300 ini juga dilengkapi dengan sistem autofocus 39 titik dengan sembilan tipe sensor cross dan metering sensor 2.016 piksel RGB. Kemudian, ada pula fitur Auto ISO dengan kerenggangan ISO 100 – 12800, yang bisa ditingkatkan hingga ISO 25600. Sedangkan ukuran gambar yang dihasilkan hingga mencapai 6000 x 4000 piksel.

Performa

Soal kinerja kamera Nikon D5300 ini, dipastikan akan jauh lebih tangguh, berkat dipasangkannya prosesor EXPEED 4 yang baru pertama kali digunakan Nikon pada kamera DSLR-nya. Dengan kehadiran prosesor tersebut, kamera ini mampu merekam video berkualitas Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kecepatan 60 frames per second (fps).

Sedangkan untuk pengambilan gambar, kamera Nikon D5300 ini dapat digunakan hingga kecepatan 5 fps, dengan hasil gambar yang lebih baik. Selain itu, prosesor tersebut juga memungkinkan untuk peningkatan efisiensi baterai pada kamera ini, sehingga dapat membidik foto hingga 700 kali jepretan, lebih banyak 200 gambar dari seri D5200.

Fitur

Kehadiran fitur koneksi WiFi pada kamera Nikon D5300 ini menjadi bagian yang paling menarik. Meski terbilang terlambat jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Canon dan Sony yang sudah lebih dulu membenamkan fitur WiFi pada kamera andalannya, tapi inovasi Nikon ini tetaplah hebat, karena baru pertama kali dilakukan pada kamera DSLR-nya.

Sebelumnya, Nikon hanya menyediakan opsional wireless mobile adapter berupa WU 1A pada kameranya, untuk bisa terkoneksi dengan internet melalui WiFi. Cara tersebut memang kurang efisien untuk para fotografer yang mobile, karena mereka terpaksa harus melakukan plug-in transmitter WiFi sebelum mendapatkan akses wireless pada kamera.

Tapi sekarang, dengan sudah adanya fitur WiFi yang didesain secara on-board, maka pengguna kamera Nikon D5300 ini pun bisa memakai aplikasi Wireless Mobile Utility, yang memungkinkan untuk mengambil gambar secara remote menggunakan perangkat smartphone. Selain itu, kamera ini dibekali pula dnegan fitur GPS yang sudah terintegrasi.

Harga

Jika tertarik untuk memilikinya, Anda bisa membeli kamera Nikon D5300 ini dengan harga 800 dolar AS atau sekitar Rp 8,8 juta, hanya untuk bodinya saja. Sedangkan, jika ingin mendapatkannya sekaligus dengan lensa 18-140mm f/3.5-5.6 VR, Anda harus menyiapkan dana sebesar 1.400 dolar AS, atau mencapai Rp 15,4 juta.

Kesimpulan

Kamera Nikon D5300 ini sendiri ditujukan untuk para konsumen yang membutuhkan kamera interchangeable yang bisa digunakan sehari-hari, tapi tetap memiliki kinerja yang baik dan mampu menghasilkan kualitas gambar yang tajam. Kamera DSLR Nikon ini akan tersedia di pasaran global mulai akhir bulan November 2013 ini. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel