BenQ AE200 - Kamera Pocket Terbaru. Ringkas, Murah di Bawah 1 Juta

8 Jan 2014 20:00 4347 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Momen cepat tentunya akan hilang jika kita terlalu sibuk untuk mengatur setting exposure. Namun akan sangat bijak ketika kita mengatur Auto dan menggunakan kamera yang ringkas. Kebutuhan kamera poket yang kecil, ringkas serta mudah pemakaian ada pada kamera BenQ AE200. Seperti apa spesifikasi dan fiturnya?

Momen cepat tentunya akan hilang jika kita terlalu sibuk untuk mengatur setting exposure. Namun akan sangat bijak ketika kita mengatur Auto dan menggunakan kamera yang ringkas. Kebutuhan kamera poket yang kecil, ringkas serta mudah pemakaian ada pada kamera BenQ AE200. Seperti apa spesifikasi dan fiturnya?

Kamera BenQ AE200 masuk dalam jajaran kamera poket atau point and shoot. Kemungkinan besar kamera ini masuk dalam kategori poket entry level mengingat fitur yang hanya standar serta harganya yang begitu murah dibawah 1 jutaan.

Padahal untuk mendapatkan poket berkualitas menengah keatas, minima Anda harus merogoh kocek hingga 1,5 juta keatas. BenQ AE200 hadir dengan maksimal resolusi efektif mencapai 16 Megapiksel dan keunggulannya adalah 5x optical zoom dan 5x digital zoom. Sangat cocok untuk pemotretan ringan seperti rekreasi keluarga maupun untuk kebutuhan fotografi lainnya.

  • Desain

Selayaknya kamera dengan harga dibawah 1 jutaan, BenQ AE200 memiliki desain yang amat sangat dan sangat sederhana. Sejujurnya kami harus mengatakan bahwa BenQ AE200 tidak berkesan sebagai kamera mahal, sebaliknya orang akan cepat mengetahui bahwa ini merupakan kamera murah melihat dari desainnya.

Seluruh bagian body kamera terbuat dari bahan plastik yang tentunya tidak terlalu kokoh, hanya saja warna yang tersedia begitu mencolok dan menarik.  Melihat ke desain belakang atau bagian kontroler, sedikit sekali tombol dan tuas yang ada. Kemungkinan sebagian besar setting difokuskan pada penggunaan secara visual.

Seluruhnya tombol ditempatkan disisi kanan, mulai dari Menu, Fn dengan fungsi lain sebagai tombol Delete, Set dan lingkaran navogator arah dengan fungsi lain sebagai display, flash, mode shooting, dan setting AutoFocus. Sementara dibagian paling bawah terdapat tuas untuk mengganti setting pemotretan, video dan Play. Dan praktis sudah tidak ada tombol dan tuas lain pada bagian belakang. Sedangkan bagian atas Anda akan menemukan tuas on/off beserta Shutter.

Kamera BenQ AE200 bisa dibilang cukup ringkih, dengan pegangan yang tidak begitu solid sehingga Anda membutuhkan tali strap agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beralih untuk melihat layar LCD, terdapat layar berukuran 2.7'' TFT LCD dengan 230k Pixels.

Sanggup menampilkan warna yang cukup tajam meski pada akhirnya kualitas gambar akan terlihat menurun jika Anda pindahkan pada media komputer. Total BenQ AE200 memiliki dimensi mencapai 98.1(W) x 57.9(H) x 18.5(D) mm dan berat totalnya adalah 110 gram tanpa menggunakan baterai dan kartu memori. Jadi, apakah kamera ini hanya cukup cocok untuk anak-anak atau orang-orang yang awam fotografi? Pastikan Anda sendiri yang menyimpulkan.

  • Fitur Utama

Dengan desain yang amat sangat sederhana, pastinya Anda sudah bisa menebak bahwa kamera BenQ AE200 tidak akan memiliki banyak fitur. Salah satu fitur unggulannya adalah resolusi efektif mencapai 16-megapixel serta bukaan besar yang dipadukan dengan lensa wide-angle yang mampu memberikan 5x optical zoom. Lensa bukaan F2.4- membantu kamera mendapatkan cahaya cukup meski dalam kondisi area dengan cahaya rendah.

Selanjutnya adalah fitur Panorama yang dirancang untuk bisa menangkap area luas langit dalam satu tembakan tunggal dengan tambahan stitching 2 sampai 3 gambar menjadi satu gambar besar tunggal yang tetap terjaga. Ada Panduan untuk mendapatkan frame demi frame panorama lebih baik dan seperti yang Anda inginkan.

Masih kurang? Bagi Anda yang suka memotret bunga maupun serangga, BenQ AE200 menyediakan kemampuan makro dengan jarak pemotretan 5 cm. Detail dijamin akan hadir cukup baik selayaknya kamera profesional.

Selain itu bagi Anda yang suka dengan efek-efek foto khusus, tersedia fitur untuk membuat foto bernuansa Lomo, Fisheye (melengkung) dan Color Accent yang variatif. Untuk setting angka-angka, pertama kali yang harus Anda ketahui adalah kepekaan cahaya ISO yang tersedia dari Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200 sampai 6400. Pada angka 800 noise sudah yang mengganggu dan berpotensi menghilangkan detail gambar. Untuk exposure step bisa diatur dari –2.0 ~ +2.0 EV (0.3EV / step). Terakhir adalah White Balance yang lengkap Auto,  Daylight, Cloudy, Tungsten, Fluorescent H, Fluorescent L dan Manual.

  • Video

Mengenai fitur fotografi memang tidak bisa berharap banyak, namun untuk urusan video BenQ AE200 juga tidak mau kalah. Poket ini mampu membuat video berkualitas HD 720p (1280 x 720), VGA (640 x 480), QVGA (320 x 240) dengan kecepatan 30fps.

  • Harga dan Penggunaan

Saat ini kamera BenQ AE200 dibanderol dengan harga yang cukup murah, hanya sekitar Rp 700 ribu. Sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin repot mengatur tentang exposure dan setting lain. Pemotretan ringan seperti keluarga, rekreasi dan acara lain direkomendasikan dengan kamera ini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel