HP Officejet 7610 - Printer AIO Yang Bisa Menampung Kertas Ukuran Supertabloid

12 Nov 2013 08:00 4828 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda sedang mencari sebuah printer multifungsi murah yang bisa menampung kertas ukuran tabloid ( 11 x 17 inch) atau bahakan kertas ukuran supertabloid (13 x 19 inch), maka HP Officejet 7610 Wide Format e-All-in-One Printer layak untuk dijadikan pilihan.

Jika Anda sedang mencari sebuah printer multifungsi murah yang bisa menampung kertas ukuran tabloid ( 11 x 17 inch) atau bahakan kertas ukuran supertabloid (13 x 19 inch), maka HP Officejet 7610 Wide Format e-All-in-One Printer layak untuk dijadikan pilihan. Pasalnya, printer ini tidak hanya bisa menampung kertas ukuran tabloid untuk mencetak saja, namun ia juga bisa menampung kertas tersebut untuk scanning. Fitur yang dimilikinya ini jelas menjadikannya sebagai printer yang cocok digunakan di perkantoran kecil, terutama yang memputuhkan pencetakan kertas berukuran besar.

Seperti halnya kebanyakan printer lain di kelasnya, printer HP Officejet 7610 ini juga hanya menyediakan sebuah paper tray. Artinya, Anda tidak bisa menampung kertas berukuran letter dan tabloid secara bersamaan. Hal ini jugalah yang menjadikan printer ini lebih cocok dijadikan sebagai printer sekunder yang menyokong printer utama untuk mencetak kertas berukuran letter. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda juga memiliki printer khusus untuk mencetak kertas berukuran letter.

Spesifikasi

Fitur dasar yang ditawarkan oleh printer ini adalah printing, faxing, serta scanning dari PC ataupun dari jaringan. Printer HP Officejet 7610 ini juga bisa berfungsi sendiri sebagai mesin fotokopi, fax, atau pengirim email. Selain itu, printer ini juga bisa mencetak dan memindai dari USB drive dan dari berbagai macam jaringan menggunakan koneksi WiFi ataupun WiFi Direct dari perangkat yang didukung oleh printer ini. Tak ketinggalan pula Anda bisa mencetak langsung dari sistem penyimpanan awan yang sedang popuer saat ini.

Seperti telah disinggung di atas, printer HP Officejet 7610 ini hanya menyediakan sebuah tray. Tray tersebut mampu menampung sebanyak 250 lembar kertas dan tidak ada opsi untuk upgrade menjadi lebih banyak lagi. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah kerugian, namun jika Anda tidak terlalu sering mengganti kertas, maka kapasitas tersebut sudah cukup untuk digunakan pada perkantoran kecil.

 

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh printer ini adalah ketiadaan fungsi duplexer, alias mencetak secara bolak-balik. Namun hal tersebut biasa diatasi dengan membeli duplexer tambahan untuk printer ini. untuk fungsi scanning-nya, printer ini mampu menampung sebanyak 35 lembar namun hanya terbatas hingga ukuran legal saja.

Performa

Untuk kecepatannya, printer HP Officejet 7610 ini dapat dibilang lumayan, walaupun bukan yang terbaik di kelasnya. Untuk mencetak dokumen teks biasa, printer ini memiliki kecepatan 3,5 lembar per menit. Hal ini sedikit di bawah kecepatan para pesaingnya seperti Brother MFC-J6510DW dan MFC-J6710DW yang mampu mencetak 4,1 lembar per menit, serta Brother MFC-J4710DW yang mampu mencetak hingga kecepatan 5,7 lembar per menit.

Kualitas Cetakan

Walaupun memiliki performa yang tidak terlalu impresif, namun untungnya printer HP Officejet 7610 ini mampu menghasilkan kualitas cetakan yang sangat baik. Hasil cetakan teks-nya dapat dibilang sebagai yang terbaik di kelas printer multifungsi sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai macam keperuan. Kualitas cetakan gambarnya juga cukup baik untuk mencetak handout Power Point yang akan digunakan untuk internal kantor. Sementara untuk mencetak foto, printer ini juga mampu menghasilkan kualitas cetakan yang cukup mumpuni di kelasnya.

Harga dan kesimpulan

Seperti telah disinggung di awal, printer ini lebih cocok digunakan sebagai sebuah printer sekunder. Pasalnya, jika Anda menginginkan printer yang dapat menampung berbagai macam ukuran secara bersamaan maka Anda lebih baik mencari printer lain yang memiliki dua tray sekaligus seperti yang ditawarkan oleh printer Brother MFC-J6710DW atau Brother MFC-J4710DW.

Namun jika Anda membutuhkan sebuah printer yang mampu mencetak dan memindai hingga kertas berukuran tabloid hingga supertabloid, maka HP Officejet 7610 Wide Format e-All-in-One Printer dapat dijadikan pilihan. Harga printer ini juga tidak terlalu mahal untuk dijadikan sebagai printer sekunder. Sayangnya, printer ini hanya menyediakan garansi selama satu tahun sehingga Anda harus membayar biaya servis jika sudah melebihi masa garansi tersebut. Untuk harganya, printer multifungsi ini dibanderol dengan harga USD 249 atau sekitar 2,5 juta rupiah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel