Eizo Foris FG2421, Monitor Khusus Gaming Dengan Refresh Rate Hingga 240 Hz

16 Dec 2013 19:00 3740 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Eizo Foris FG2421 merupakan monitor khusus game yang menawarkan refresh rate hingga 240 Hz dimana monitor gaming lainnya rata-rata hanya menawarkan 120 Hz

Eizo baru saja memperkenalkan monitor komputer terbarunya melalui Foris FG2421. Monitor ini sengaja dirancang khusus untuk para pecinta aplikasi video game yang sering memainkan game melalui perangkat komputer atau dikoneksikan ke konsol dan mobile gadget. Monitor terbaru dari Eizo ini juga diklaim menjadi monitor pertama yang memiliki kemampuan hingga 240 Hz. Seperti apakah spesifikasi detail dan performa yang ditawarkan oleh monitor gaming terbaru dari Eizo ini? Simak saja reviewnya berikut ini.

Design

Eizo Foris FG2421 tampil dengan desain yang elegan dan modern dengan balutan warna hitam. Di bagian belakangnya juga terdapat logo Eizo yang dicetak dengan warna putih. Layar ini tidak terlalu tebal dan dilengkapi dengan stand untuk menempatkan monitor ini di atas meja. Monitor ini menawarkan layar yang cukup besar dengan ukuran 23,5 inchi. Dari penampilan luarnya, monitor gaming ini memang tidak jauh berbeda dengan monitor gaming pada umumnya. Namun di balik itu semua, Foris FF2421 menyembunyikan performa yang luar biasa dan tidak terdapat pada monitor-monitor lainnya. Monitor ini menawarkan refresh rate hingga 240. Refresh rate ini jauh lebih baik daripada monitor khusus game pada umumnya yang hanya menawarkan refresh rate 120 Hz.

Performa

Monitor khusus game Foris FG2421 termasuk dalam kategori monitor Ultra Gaming. Monitor ini dibekali dengan dukungan Turbo 240 dari Eizo yang mampu mengkonversi arus sinyal masuk antara 120 Hz hingga 240 Hz. Dengan kemampuan yang ditawarkan oleh monitor ini, pengguna dapat menikmati tampilan gerakan gambar secara halus tanpa mempedulikan game apa yang dimainkan. Bahkan monitor terbaru ini juga menjanjikan tampilan gambar yang bebas delay. Untuk memainkan game dengan aksi-aksi yang cepat, monitor ini juga tidak menunjukkan tampilan yang kabur. Performa monitor khusus game ini memang benar-benar mampu meningkatkan kenyamanan dan pengalaman para pengguna dalam bermain game favoritnya. Selain itu, kecepatan perintah dari mouse, keyboard, atau controller juga dapat disajikan pada layar. Hal ini disebabkan karena adanya sirkuit yang terpadu di dalamnya sehingga dapat mempercepat kinerja monitor tanpa harus menunda waktu.

Di samping itu, panel layar pada monitor ini juga memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi dengan rasio kontras aslinya 5000 : 1. Kehadiran Vertical Alignment (VA) baru pada monitor ini juga mampu memberikan kecerahan tampilan hingga 5 kali lebih baik daripada monitor khusus game pada umumnya untuk visibilitas pada adegan dengan suasana gelap atau remang-remang. Walaupun demikian VA panel ini menampilkan warna yang kurang tajam karena performanya difokuskan untuk memaksimalkan display pada keadaan gelap.

Performa dari monitor khusus game dari Eizo ini akan semakin maksimal jika dikombinasikan dengan kartu grafis yang bagus. Namun, jika PC Anda tidak menggunakan graphic card yang dapat menghasilkan frame rate yang bagus, monitor ini tetap memberikan performa yang bagus. Tetapi, Anda sebaiknya mengatur kembali monitor ini untuk mendapatkan performa terbaiknya. Seperti kebanyakan monitor khusus game lainnya, Foris FG2421 ini juga dibekali dengan sejumlah port konektivitas yaitu 2 buah port USDB, HDMI, DVI-D, microphone jack, dan headphone jack. Kehadiran fitur-fitur konektivitas ini tentu akan memudahkan pengguna dalam menghubungkan perangkat ini dengan perangkat lain.

Untuk penggunaan sehari-hari, Anda sebaiknya menggunakan Web mode. Pasalnya, mode ini menawarkan tampilan warna yang paling kaya dan paling terang. Namun, fitur Turbo 240 tidak tersedia pada mode ini. Jadi, Anda harus memilih antara gaming mode atau user mode untuk menikmati refresh rate maksimal yang ditawarkan oleh monitor khusus game ini. Sementara itu mode RTS dan FPS1 sangat bagus untuk menyinari area gelap dalam permainan karena memiliki level kontras yang tinggi.

Harga Dan Kesimpulan

Eizo Foris FG2421 merupakan monitor khusus game yang menakjubkan. Monitor ini menawarkan refresh rate hingga 240 Hz dimana monitor gaming lainnya rata-rata hanya menawarkan 120 Hz. Untuk mendapatkan kemampuan maksimal dari monitor ini, Foris FG2421 sebaiknya dikombinasikan dengan graphic card yang bagus. Monitor ini kabarnya ditawarkan dengan harga $ 650. Harga ini tentu cukup mahal untuk sebuah monitor gaming.[BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel