ViewSonic VSD241 - Monitor All In One PC Terbaru dengan sistem operasi Android 4.2

7 Nov 2013 11:45 2224 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tren All in One PC menjadi salah satu celah yang mulai diperhitungkan di pasar gadget. Menggabungkan monitor dan CPU dalam satu bentuk, komputer minimalis ini biasanya memiliki kinerja dan fungsi diantara laptop dan komputer personal biasa. Oleh sebab itu harganya pun tak terpaut jauh dengan laptop.

Tren All in One PC menjadi salah satu celah yang mulai diperhitungkan di pasar gadget. Menggabungkan monitor dan CPU dalam satu bentuk, komputer minimalis ini biasanya memiliki kinerja dan fungsi diantara laptop dan komputer personal biasa. Oleh sebab itu harganya pun tak terpaut jauh dengan laptop.

Namun, bagaimana jika sebuah All In One PC dibekali teknologi layaknya smart TV? Sebuah produsen bernama ViewSonic merilis sebuah produk terbaru ViewSonic VSD241 yang digadang–gadang memiliki teknologi smart TV. Menariknya, Jika kebanyakan All In One PC mengusung system operasi Windows layaknya perangkat komputer atau  laptop. Produsen justru menyematkan sistem Android untuk mendukung fitur Smart yang dihadirkan.

  • Desain

Perangkat ViewSonic VSD241 memiliki desain minimalis dan kokoh. Sebagai sebuah all in one PC, Semua komponen computer dalam hal ini CPU terletak di belakang monitor. Monitor ini hadir dengan ukuran 610 x 480 x 75 mm dengan berat 7,2 kg.

Produsen sendiri mengklaim komputer terbaru ini cukup simple  dan modis dibanding para pesaingnya. Sehingga Anda bisa menempatkan perangkat ini di berbagai ruangan.

  • Display

Perangkat minimalis ViewSonic VSD241 menggunakan monitor berlayar  TFT Transmissive LED panel 24 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel Full HD. Uniknya, layar ini dilengkapi teknologi touchsreen Dual touch with pinch and zoom.

  • Audio

Untuk masalah audio, Produsen ViewSonic menyematkan dua buah speaker berdaya 5 watt. Untuk mendukung suara perangkat ini, disematkan pula teknologi ViewSound premium audio system agar suara makin jernih dan menggelegar.

  • Ports and Webcam

untuk mendukung fungsi komputernya, All in One PC ViewSonic VSD241 dilengkapi webcam 2 megapiksel Full HD dengan teknologi crystal clear video conferencing. Sementara itu, ada beberapa ports yang ditempatkan pula di belakang monitornya untuk memudahkan penyambungan perangkat ini ke perangkat lain.

Terdapat 2 buah USB 2.0 ports, 2 mini USB port, audio microphone speaker jack dan Micro SD slot, HDMI input, VGA in/out, Audio port, power port, hingga internal tv turner optional.

  • Performa

Sebagai sebuah perangkat komputer desktop, ViewSonic VSD241 memiliki spesifikasi yang cukup menarik. Walaupun Demikian, Anda tidak bisa meremehkan performa perangkat satu ini. komputer minimalis ini diotaki prosesor NVIDIA® Tegra® 3 Quad-Core berkecepatan 1,7 Ghz. Tambahan RAM 1 GB juga semakin memaksimalkan performa perangkat terbaru ini. Prosesor tersebut diharapkan mumpuni membawa Anda beraktifitas.

  • Graphics Performance

Perangkat minimalis All in One PC besutan ViewSonic dilengkapi pengolah grafis berkualitas besutan NVIDIA. Sayangnya, dengan teknologi tersebut, perangkat ini sedikit lag kala memainkan game dengan tingkat grafis tinggi.

  • Software

Perangkat All in One PC ViewSonic VSD241 telah dilengkapi sistem operasi Android 4.2 jelly bean. Dengan sistem operasi ini, layar touchscreen yang lebar akan sangat membantu kegiatan komputasi Anda.

Layar touchscreen-nya memaksimalkan sistem operasi yang dibenamkan sehingga computer ini bisa dioperasikan tanpa mouse dan keyboard. Sistem Android terbilang cukup jarang disematkan di sebuah perangkat yang terbilang komplek seperti komputer minimalis ini. Produsen berharap sistem Android yang disematkan mampu memberi pengalaman baru yang unik.

  • Konfigurasi dan Fitur Lain

Mengingat perangkat ini merupakan perangkat touchsreen, Anda tidak akan menemukan keyboard dan mouse dalam paket penjualannya. Akan tetapi, jika ingin menambahkan perangkat mouse dan keyboard, ViewSonic telah menyediakan teknologi wireless ataupun Bluetooth maupun slot USB yang bisa dimanfaatkan untuk keyboard dan mouse.

Anda juga bisa menambatkan optional ekternal  DVD Super Multi / Blu-ray Writer. Untuk menyimpan data – data, Produsen memberikan kapasitas memori penyimpanan internal hanya 8 GB. Selain berdiri sebagai sebuah computer, perangkat ViewSonic VSD214 juga masih bisa difungsikan sebagai monitor komputer biasa. Anda bisa langsung menancapkan monitor ini ke CPU. Sayangnya, monitor ini hanya bisa beroperasi untuk system operasi windows.

  • Harga

Produsen ViewSonic belum merilis harga pasti untuk perangkat All in One PC ViewSonic VSD241. Anda bisa membelinya secara online di kisaran $400-$600 sesuai spesifikasi yang Anda inginkan.

  • Kesimpulan

ViewSonic VSD241 dihadirkan untuk memberikan pengalaman baru pada Anda. Mengusung sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, perangkat ini disokong prosesor NVIDIA  Tegra 3 yang cukup tangguh. Selain sebagai perangkat computer sendiri, perangkat ini juga masih bisa digunakan layaknya monitor PC lainnya.

Konsep Smart TV coba dihadirkan produsen dengan berbagai fitur seperti layar touchscreen dan desain ergonomisnya. Alhasil Anda bisa mendapatkan dua fungsi dalam satu perangkat, sebagai All in One PC atau sebagai monitor biasa. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel