Changhong UD85C9000i - Smart TV Terbaru 4K Berukuran 85 Inci Seharga Rp 299 Juta

6 Nov 2013 14:00 2558 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tidak mau ketinggalan dengan Sony dan LG, produsen elektronik Changhong pun ikut meluncurkan produk Smart TV 4K baru. TV yang bernama lengkap Changhong UD85C9000i ini hadir dengan layar berukuran 85 inci yang mengusung teknologi UHD (Ultra High Definition). Merek global asal Cina tersebut memproyeksikan TV premium ini untuk konsumen kelas atas, karena harganya yang selangit mencapai Rp 299 juta.

Tidak mau ketinggalan dengan Sony dan LG, produsen elektronik Changhong pun ikut meluncurkan produk Smart TV terbaru 4K. TV yang bernama lengkap Changhong UD85C9000i ini hadir dengan layar berukuran 85 inci yang mengusung teknologi UHD (Ultra High Definition). Merek global asal Cina tersebut memproyeksikan TV premium ini untuk konsumen kelas atas, karena harganya yang selangit mencapai Rp 299 juta.

Desain

Salah satu produsen TV terbesar di negaranya itu memproduksi TV Changhong UD85C9000i ini dengan model “Slim Bezel” berukuran hanya 0,6 cm. Bingkai yang tipis tersebut dibuat dengan kokoh menggunakan bahan metal. Sehingga, Smart TV terbaru 4K ini lebih efektif dalam memperluas area pandanggan penontonnya. Selain itu, desainnya itu juga memberikan sentuhan fashion, sehingga terlihat elegan menghiasi interior rumah.

Koneksi

Changhong menyediakan Wi-Fi berstandar 802.11b/g/n untuk mendukung konektifitas pada TV ini. Dengan koneksi nirkabel tersebut, pengguna produk TV dari perusahaan bernama lengkap Sichuan Changhong Electric ini juga bisa memanfaatkan fitur DLNA/Miracast. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk berbagi konten media, baik lagu maupun video, langsung dari perangkat mobile seperti tablet atau smartphone melalui Wi-Fi.

Layar dan Display

Seperti telah disebutkan, TV Changhong UD85C9000i ini dibekali dengan dengan layar ekstra lapang berukuran 85 inci. Hebatnya lagi, layarnya tersebut mampu menghasilkan tampilan yang jauh lebih jernih dan tajam dengan resolusi Ultra HD 3840 x 2160 piksel (4K). Kemampuannya itu empat kali lebih baik, jika dibandingkan dengan TV Full High Definition 1080p yang lebih banyak dijual di pasaran elektronik saat ini.

Selain itu, TV ini juga membawa panel LCD jenis Open Type yang dapat memberikan warna tampilan yang lebih alamiah, dengan kontras yang lebih tinggi dan tingkat kecerahan yang lebih nyaman di mata.  Kemudian, TV yang diproduksi oleh perusahaan yang berdiri sejak tahun 1958 di kota Mianyang, Cina ini juga juga dilengkapi dengan picture motion jenis TruMotion 800 Hz dan visual effects U-MAX Amazing 3D.

Tidak hanya itu, TV Changhong UD85C9000i ini ternyata juga menggunakan sistem operasi ganda, yakni Android 4.2 Jelly Bean, dan U-MAX OS yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan tersebut. Penggunaan dua sistem operasi itu membuat TV ini lebih istimewa dan berbeda dengan kompetitornya. Apalagi kedua sistem operasi tersebut mendukung ratusan ribu aplikasi, termasuk berbagai aplikasi eksklusif dari Changhong.

Sedangkan, untuk mendukung kinerja TV ini pada kedua sistem operasi tersebut, Changhong mempersenjatainya dengan prosesor dual-core Cortex A9 dari Intel, yang merupakan kerja sama tahap pertama mereka dengan perusahaan tersebut. Kemudian, TV ini juga memakai chip grafis quad-core 3DGPU, yang mampu mengakomodir kebutuhan penggunanya untuk bermain game dan menampilan visual dan efek tiga dimensi dengan lebih baik dan halus.

Audio Sistem dan Fitur

Kualitas suara yang dihasilkan oleh TV Changhong UD85C9000i ini didukung oleh teknologi SRS 3D Sound/DTS. Sedangkan, keistimewaan lain TV ini adalah karena adanya dukungan fitur Ciri Smart Talk, yang memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikannya hanya dengan perintah suara, seperti ketika ingin mengubah tayangan, atau saat ingin melakukan browsing. Kemudian, ada pula fitur Body Sense Game yang berfungsi ketika bermain game.

Harga

Dengan beragam teknologi canggih dan fitur-fitur pintar yang dibawanya, wajar saja jika TV ini dipasarkan dengan harga selangit, Rp 299 juta. Jika Anda berminat untuk memilikinya, TV ini sudah tersedia di Indonesia. Bahkan, sekarang Changhong sedang melakukan promosi dengan memberikan bonus berupa Changhong 3D SmartTV 3D 42A7000i dan AC A series bagi setiap pembeli TV Changhong UD85C9000i ini, hingga tanggal 10 November 2013 nanti.

Kesimpulan

Changhong memang sudah cukup lama berkiprah di pasar perangkat elektronik Tanah Air, namun namanya masih kurang begitu populer dibandingkan dengan para kompetitornya seperti Sony dan LG, ataupun Samsung. Tapi, jangan beranggapan produk-produk dari perusahaan tersebut tidak bisa bersaing. Sebagai informasi saja, sekitar 90 persen TV yang diekspor ke Amerika pada tahun 2004 merupakan buatan Changhong.

Oleh karena itu, TV Changhong UD85C9000i ini yang baru diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 10 Oktober 2013 lalu ini pantas mendapatkan perhatian. Meskipun dibanderol sangat mahal, penggunanya dipastikan tidak akan kecewa dengan kualitas Smart TV 4K dari Changhong ini. Dengan layar yang sangat besar berukuran 85 inci, maka Anda akan seperti menghadirkan bioskop di rumah sendiri ketika menggunakan TV ini. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel