Flash CY 20 - Flash Kamera Termurah di Bawah Rp 300 ribu

24 Oct 2013 16:00 7563 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan semakin menjamurnya produk flash kamera made in China membuat produk first party sedikit demi sedikit tersingkir meski tetap banyak penggunanya. Mengenai harga, flah kamera buatan Cina berlomba-lomba untuk menjadi yang termurah. Kali ini kami akan mereview flash CY 20, salah satu produk flash kamera termurah buatan negeri Tirai Bambu.

Dengan semakin menjamurnya produk flash kamera made in China membuat produk first party sedikit demi sedikit tersingkir meski tetap banyak penggunanya. Mengenai harga, flah kamera buatan Cina berlomba-lomba untuk menjadi yang termurah. Kali ini kami akan mereview flash kamera CY 20, salah satu produk flash kamera termurah buatan negeri Tirai Bambu.

Setidaknya CY (ChangYin) memiliki beberapa produk flash yang harganya terjangkau, diantaranya adalah CY 20, CY 20DS, CY 20YS, CY 28A, CY 32TWZ, BY 26AL, BY 18 dan beberapa seri lainnya. Namun diantara beberapa seri flash kamera CY, adalah CY 20, CY 20DS dan CY 20YG yang menjadi paling termurah dan juga minim fitur. Meski terkesan murahan, minim fitur, setidaknya flash ini bisa dijadikan alternatif untuk penggunaan flash pada kamera maupun untuk teknik Strobist. Khusus untuk teknik Strobist, flash termahal pun harus menggunakan perangkat reflector baik softbox maupun umbrella untuk menghasilkan cahaya yang halus. Jadi tidak masalah jika Anda menggunakan flash kamera termurah untuk bermain Strobist, dari pada Anda harus membeli flash diatas 500 ribu atau bahkan jutaan. Berikut ini review flash CY 20 series selengkapnya dibawah ini:

  • CY 20

Untuk yang pertama kita mulai dengan CY 20, sebuah flash buatan ChangYin asal Cina yang cukup banyak beredar di Indonesia dibandingkan seri CY 20DS dan CY 20YS. Flash ini sekilas memang terlihat sangat murahan, minim fitur, sederhana dan ukurannya cukup kecil untuk sebuah flash. Namun setidaknya lebih besar dan tinggi dibandingkan flash Canon Speedlight 270 EX II atau Nikon SB 400 Speedlight. Dilihat dari desainnya, flash CY 20 tidak memiliki zoom head dalam lampu dam kontrolernya hanya ada tombol On/Off serta tombol Test sebagai pengganti Pilot. Yang mengharapkan adanya fitur S1 dan S1 karena penggunaannya hanya untuk Manual saja. Jangan pula mengharapkan fitur Power Level karena posisi lampu kilat baku dan tidak dapat diubah-ubah. Praktis pada bagian belakang lebih banyak didominasi dengan diagram perhitungan Shutter Speed, Diafragma dan Focal length yang sebetulnya tidak terlalu berguna.

Bahan body CY 20 keseluruhan menggunakan bahan plastik yang terkesan ringkih. Namun  Anda masih bisa melakukan Bounce posisi lampu kilatnya keatas, hingga 45, 50, 75 dan 90 derajat. Jadi tidak terpaku hanya untuk Direct flash. Untuk Recyle time atau waktu jeda flash hanya 3 detik, cukup standar bagi sebuah flash murahan. Sayangnya, untuk bounce antara 50 dan 75 derajat kurang begitu bagus karena terlihat gradien cahaya yang agak mencolok. Jadi Anda memang harus menggunakannya secara direct flash atau sekalian dengan Bounce hingga maksimal 90 derajat. Anda bisa memasang  flash CY 20 ini berbagai jenis kamera yang memiliki Hot Shoe, seperti Nikon, Canon, FujiFilm, terkecuali untuk Sony. Satu yang yang menakjubkan bahwa flash CY 20 ternyata kompatibel dengan sembarang Trigger. Inilah yang membuat banyak orang ingin memilikinya untuk permainan cahaya dengan teknik Strobist. Penggunaannya pun sangat hemat, Anda hanya perlu memasukan 2 buat baterai AA. Bandingkan dengan kebanyakan flash yang harus menggunakan baterai minimal 4 AA.

Saat ini CY 20 dibanderol dengan harga yang amat sangat murah, yakni hanya mencapai Rp 140 ribu untuk pasaran Indonesia. Tentunya, kekuatan cahaya CY 20 jauh lebih kuat dibandingkan Built in flash dari kamera.

  • CY 20YS

Untuk yang kedua adalah flash CY 20YS yang sekilas memang sangat mirip atau bahkan dianggap sama dengan CY 20 biasa. Perbedaannya, CY 20YS dibekali dengan fitur Infrared Trigger Commander dengan 2.5mm PC Sync Port. Sangat ringkas dan hemat untuk menjadikan pemicu flashguns studio atau slave tanpa kabel. Dengan jangkauan hingga 8 meter membuat Anda bisa leluasa memotret. Untuk yang lainnya masih tergolong sama, CY 20YS dapat di Bounce 45, 60, 75 dan 90 derajat serta hanya membutuhkan 2 baterai AA. CY 20YS cocok untuk semua Hot Shoe kamera standar, kecuali Sony dan Minolta. Untuk harga, CY 20YS memang lebih mahal yakni mencapai sekitar Rp 250 ribu.

  • CY 20DS

Seri terakhir dari CY 20, yakni CY 20DS yang memiliki bentuk hampir sama namun dengan fitur seperti layaknya flash dengan  harga 500 ribu. Bahkan banyak yang menganggap bahwa CY 20DS sama seperti flash Sunpak DS20. Flash ini sudah dibekali dengan fitur Auto Slave dengan opsi S1 dan S2. Tentu lampu kilat bisa menyala karena terpicu dari lampu kilat lain jika fitur ini digunakan. Untuk fitur lainnya, masih sama dengan CY 20 standar. Kebutuhan power cukup dengan baterai AA 2 buah dan kompatibel dengan Hot Shoe standar kecuali Sony dan Minolta. Untuk pasaran Indonesia CY 20DS dibanderol dengan harga sekitar Rp 270 sampai Rp 300 ribuan. Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa mencari flash CY 20 di berbagai toko kamera online di internet.[ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel