Printer Inkjet Brother MFC-J870DW, Printer Berkualitas Baik dengan Teknologi NFC

4 Nov 2013 22:00 2644 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Printer inkjet Brother MFC-J870DW ini hadir dengan desain yang kompak dan juga stylish. Dengan baluran warna perak hitam membuat printer ini tampak terlijat menarik. Apalagi panel kontrolnya yang serba digital membuat printer ini terlihat berteknologi tinggi. Dengan lebar 16,1 inci 14.7 inci serta jarak dari depan ke belakang sepanjang 14,7 inci membuat ukurannya tidak terlalu besar.

Brother adalah perusahaan elektronik multinasional yang di Indonesia terkenal dengan produk mesin pencetaknya (printer). Perusahaan asal Jepang ini selalu membuat printer berkelas untuk keperluan bisinis misalnya kantoran maupun enterprise. Printer yang mereka buat biasanya berupa printer inkjet Brother maupun printer laser Brother.  Perusahaan ini jarang sekali membuat sebuah printer yang ditujukan untuk komputer rumahan. Namun inilah yang menjadi keunggulan perusahaan ini, Dengan fokus pada segmen pasar bisnis  (perusahaan korporat dan UKM), Brother bisa bertahan dan terjaga kuaitas produknya.

Dengan terus mencoba memenuhi kebutuhan bisnis, Brother mengeluarkan sebuah printer dengan kode MFC-J870DW. Printer inkjet Brother ini ditujukan untuk kantor kecil atau kantor rumahan. Printer all-in-one ini bisa jadi alternatif pilihan dalam menunjuang produktivitas bekerja di kantor. Lalu seperti apa sebenarnya produk yang satu ini? Simak pembahasannya berikut ini.

Desain

Printer inkjet Brother MFC-J870DW ini hadir dengan desain yang kompak dan juga stylish. Dengan baluran warna perak hitam membuat printer ini tampak terlijat menarik. Apalagi panel kontrolnya yang serba digital membuat printer ini terlihat berteknologi tinggi. Dengan lebar 16,1 inci 14.7 inci serta jarak dari depan ke belakang sepanjang 14,7 inci mebuat ukurannya tidak terlalu besar.  Tingginya pun cukup ideal, yaitu sekitar 7,1 inci.  Printer ini hanya membutuhkan meja kecil karena printer ini tidak akan memakan ruang banyak.

Performa

Terdapat empat tinta  pada printer inkjet Brother MFC-J870DW ini. Keempat tinta tersebut terdiri dari warna cyan, magenta, kuning, dan hitam yang berada dalam sebuah tangki yang terletak di sebelah kanan printer ini. Tinta tersebut diklaim oleh Brother mampu memberikan performa 12 ppm (pages-per-minutes) dengan pencetakan  hingga 300 halaman.  Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih awet, Brother menawarkan cartridges tinta yang lebih baik yang disebut sebagai cartridges XL series yang bisa mencetak sampai 600 halaman. Tentu jika tertarik dengan yang satu ini, pengguna perlu mengeluarkan dana tambahan.

Printer inkjet Brother MFC-J870DW ini sendiri memiliki performa yang sangat baik. Hal itu terlihat dari tes kemampuan kecepatan cetak. Printer ini mampu mengungguli kecepatan printer pesaing (produk printer dengan rentang harga yang sama). Saat di tes untuk mencetak empat halaman dokumen berisi teks dan gambar (mode landscape). Printer all-in-one ini mampu memberikan kecepatan yang sangat baik.  Kecepatan yang bisa diraih oleh printer ini adalah 51 detik. Sedangkan printer pesaing lebih dari 1 menit.

Jika masih meragukan dengan performa printer inkjet Brother MFC-J870DW ini, maka coba tengok ujicoba tes dokumen Microsoft Office Suite. Ujicoba ini  menggunakan 11 dokumen yang terdiri dari dokumen diagram dan grafik, dokumen Power Point (satu halaman penuh), dan dokumen teks biasa (MicrosoftWord).  Hasilnya, printer ini mampu melakukan tugasnya selama 2 menit 21 detik. Hasil yang cukup bagus jika dibandingkan dengan printer dari produk lain yang bisa mencapai hampir 4 detik.  Dalam tes cetak foto pun, printer ini mampu mencetak foto kualitas tinggi kurang dari 1 menit saja.

Fitur

Apa saja fitur yang terdapat pada printer inkjet Brother MFC-J870DW ini? Pertama printer ini memberikan kemudahaan akses mencetak. Printer ini dapat mencetak dan melakukan scanning tanpa perantara PC, bahkan bisa mencetak langsung dari kamera digital.  Printer ini dapat mencetak langsung  karen adanya konektivitas microSD dan USB thumb drive. Selain itu, printer ini juga mampu melakukan pencetakan melalui Google Cloud Print, AirPrint Apple, dan

Wi-Fi Direct

Tidak hanya itu, printer inkjet Brother MFC-J870DW ini juga telah dibekali dengan konektivitas 10/100 Ethernet atau 802.11 b/g/n Wi-Fi. Yang menarik printer yand dapat melakukan  proses printing, scanning, dan copying ini mendukung teknologi NFC. Teknologi NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi yang dapat menghubungkan dua perangkat hanya dengan sentuhan yang berjarak sangat dekat. Teknologi NFC lebih baik dibandingkan Bluetooth karena tidak membutuhkan waktu lama untuk saling terhubung. Jadi berkat adanya fitur ini, proses pencetakan menjadi lebih cepat dan efisien.

Kesimpulan

Printer inkjet Brother MFC-J870DW merupakan printer yang sangat menarik. Kuat dalam hal perfoma dan juga kelengkapan fitur menjadi nilai tambah bagi printer  kelas menengah ini. Kekurangan printer ini hanya terletak pada tintanya yang sedikit mahal. Selain itu, dukungan teknologi NFC pada printer ini hanya akan bekerja pada perangkat Android saja. Namun diluar kedua hal itu, printer seharga $150  ini merupakan printer dengan kualitas yang sangat baik. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel