Kamera Pentax Q - Kamera Digital Terbaru Pentax Mirrorless Ukuran Mini, Sederhana Namun Tangguh

14 Nov 2013 21:00 3061 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Satu lagi opsi untuk membeli kamera kelas Mirrorless, yakni Pentax Q. Seri kamera ini banyak mendapat respon positif pasca peluncurannya karena memiliki kemampuan hampir setara dengan DSLR. Kamera Pentax Q dengan ukuran mini serta fitur yang lengkap, siap bersaing dengan produsen kamera sekelas Sony, Nikon dan Canon.

Satu lagi opsi untuk membeli kamera kelas Mirrorless, yakni Pentax Q. Seri kamera ini banyak mendapat respon positif pasca peluncurannya karena memiliki kemampuan hampir setara dengan DSLR. Kamera digital terbaru Pentax Q dengan ukuran mini serta fitur yang lengkap, siap bersaing dengan produsen kamera sekelas Sony, Nikon dan Canon.

Introduction

Sebelumnya Paseban telah mengulas tentang Pentax Q7 yang memiliki desain serta kemampuan hampir sama dengan kamera Pentax Q karena sebagai penerusnya. Secara keseluruhan Pentax Q memiliki dimensi hanya 3.9 x 2.3 x 1.2 inchi dan dengan berat 6.3, cukup mini dan ringan. Resolusi sensor kamera ini adalah 12.4 Megapiksel yang mampu menciptakan gambar sebesar 4000 x 3000. Secara resmi Pentax memperkenalkan kamera Pentax Q ini sebagai kamera Compact.

Desain

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Kamera digital terbaru Pentax Q merupakan kamera yang cukup mini, ringan dan mudah untuk disimpan di saku Anda. Dilihat dari desain dan penampilannya, Pentax Q sangat bernuansa retro klasik atau memiliki model selayaknya kamera analog poket jadul. Bahan utama kamera ini adalah magnesium alloy, bukan lagi dari plastik sehingga cukup kokoh dan tahan lama.

Pada bagian belakang dimana terdapat layar LCD dan tombol pengoperasian dibuat sangat sederhana serta tidak ada hal rumit terlihat. Layar LCD dibuat lebih besar mencapai 3.0 inchi bertipe TFT color LCD Resolution: HVGA 460,000 sehingga hanya menyisakan ruang sempit bagi tombol fiturnya. Bahkan praktis hampir semua tombol dibagian belakang berada disisi kanan yang diantaranya adalah tombol AV Exposure, info, menu, navigasi, OK, serta tuas minus dan plus. Fitur-fitur utama seperti ISO, Timer, Flash dan White balance dijadikan satu ke dalam tombol navigasi. Sangat simple namun kami menganggapnya sangat kurang rapi dan terkesan kamera ini kekurangan ruang.

Menuju ke bagian atas kamera Pentax Q, Anda akan melihat lingkaran mode dengan opsi Auto, Scene, BC, Manual, AV (Aperture Priority), TV (Shutter Priority, P (Program) dan Video. Disamping lingkaran mode tentu saja ada tombol Shutter dan On/Off. Sedangkan dibagian kiri hanya ada tombol Play serta tuas flash. Bagian tengah menyisakan tempat untuk dudukan Flash Eksternal sebesar dudukan Flash milik kamera DSLR. Uniknya, Built in Flash milik kamera Pentax Q yang berada di sisi kanan dari depan dapat dinaikan dengan penyangga didalamnya. Fitur ini agaknya cukup jarang dimiliki kamera manapun.

Performa Kamera

Dengan ukuran resolusi sensor mencapai 12.4 Megapiksel, Pentax Q mampu diandalkan untuk menciptakan foto yang tajam dan jelas. Shutter Speed yang mampu dicapai adalah 1/2000 detik untuk yang tercepat dan 30 detik untuk yang paling lambat. Bahkan jika menggunakan electronic Shutter dengan lensa Shutter kecepatannya bisa mencapai 1/8000 detik. Tersedia fitur stabilizer untuk meredam goncangan tangan dengan tipe Sensor Shift Shake Reduction (4 stops max). Fitur ini terdapat dalam body kamera, bukan pada lensa.

Kepekaan cahaya menjadi fitur terpenting, dan Pentax Q menyediakan angka ISO dari yang terkecil 250 sampai yang terbesar 6400.  Sayang sekali tidak ada yang istimewa dari angka ISO yang tersedia, bahkan cenderung masih kalah dengan produk Mirrorless lainnya yang sudah memiliki ISO hingga 1000 lebih. Bahkan parahnya kemampuan penekanan noise hanya didapat dengan menggunakan ISO 250 sampai 400, sedangkan penggunaan ISO 800 akan terlihat foto “kotor” dengan noise serta detail yang terekam semakin sedikit. Untunglah fitur White Balance masih standar dengan umumnya kamera digital yakni Auto, Daylight, Fluorescent (D, N, W, L), Shade, Cloudy, Flash, Tungsten, serta CTE Manual. Namun hal ini tentu tidak dianggap istimewa pula.

Lensa

Saat menghadirkan kamera Pentax Q ini, produsen Pentax juga turut meluncurkan lima jenis lensa untuk Mirrorless ini yakni kit zoom, standard prime, fisheye, toy telephoto serta toy wide. Apabila dibandingkan dari antara lensa-lensa tersebut, maka kualitas yang terbaik ada pada lensa standard prime yang ekuivalen dengan focal length 50mm f/1.9. Sedangkan paling fleksibel pada penggunaannya adalah lensa kit zoom dengan focal length 18-55mm f/3.5-5.6. Selebihnya, lensa-lensa lain memiliki kualitas jelek dan tidak terlalu tajam.

Harga dan penggunaan

Saat ini kamera Pentax Q dibanderol dengan harga yang lumayan, mencapai 4.2 jutaan. Harga ini dianggap terlalu mahal mengingat keterbatasan fitur dan performanya. Pentax Q hanya cocok digunakan untuk kebutuhan fotografi ringan, seperti foto keluarga, wisata, dan tidak terlalu cocok untuk pemotretan yang membutuhkan kecepatan tinggi. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel