CMStorm QuickFire TK - Keyboard Gaming Mechanical CHERRY MX Switch dari Cooler Master

18 Sep 2013 16:00 2430 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cooler Master, perusahaan komputer asal Taiwan yang terkenal dengan produk kasing komputer, PSU, dan cooler-nya ini kini mengeluarkan sebuah keyboard gaming yang cukup menarik. Keyboard ini tentunya ditujukan untuk para pemain games yang mengidamkan sebuah aksesoris yang menunjang keoptimalisasian bermain games. Produk yang dikeluarkan oleh Cooler Master ini  bernama CMStorm QuickFire TK.

Cooler Master, perusahaan komputer asal Taiwan yang terkenal dengan produk kasing komputer,  PSU, dan cooler-nya ini kini mengeluarkan sebuah keyboard gaming yang cukup menarik. Keyboard ini tentunya ditujukan untuk para pemain games yang mengidamkan sebuah aksesoris yang menunjang keoptimalisasian bermain games. 

Produk yang dikeluarkan oleh Cooler Master ini  bernama CMStorm QuickFire TK. Keyboard ini merupakan sebuah keyboard gaming dengan sistem mechanical. Keyboard ini memiliki fitur yang tidak kalah dengan keyboard gaming lainnya. Lalu seperti apa sepsifikasi keyboard yang satu ini? Simak ulasannya  berikut ini. 

Desain

CMStorm QuickFire TK  merupakan keyboard gaming yang datang dengan bentuk yang kuat. Desainnya sangat kokoh. Hal ini berarti bahwa keyboard ini memiliki ketahanan yang cukup bisa diandalkan. Ukuran keyboard ini sendiri lebih panjang sekitar 10 cm dari keybord standar yang beredar. Dengan panjang tersebut, kesan ramping san ergonomis sangat terlihat dari keyboard buatan Coolling Master ini. Untuk interface-nya, keyboard besutan Cooler Master yang berbobot: 935 gram ini menggunakan antarmuka USB 2.0.  Pada bagian ujung keyboard CMStorm QuickFire TK ini dilengkapi dengan USB gold plated yang membuat keyboard ini tampak memesona.

Selain itu, CMStorm QuickFire TK dibekali dengan teknologi full LED backlight. Teknologi ini membuat keyboard  gaming ini dapat menyala dengan tiga mode yang berbeda. Pertama ada mode WASD backlight only. Kedua ada mode breathing dan yang ketiga ada mode yang kecerahan cahayanya dapat diatur yaitu full backlight. Dengan adanya teknologi tentu membuat desain CMStorm QuickFire TK terlihat berkilap meskipun tampak terlihat sederhana.

Performa

Bisa dikatakan keyboard gaming ini akan membuat jari pemakainya gampang beradaptasi. Ketika dicoba dalam pengetikan, keyboard ini sangat nyaman dan stabil. Hal ini mungkin karena mechanical CHERRY MX switch yang merupakan fitur unggulan dari keyboard ini. Selain itu keyboard dengan dasar steel plate ini juga mengeluarkan bunyi ketikan yang tidak terlalu berisik (standar umum keyboard).  Keyboard ini pun semakin mantap  dengan adanya fitur N-Key Roll Over (NKRO) dan Anti-Ghosting.

Untuk menggunakan tombol multimedia pada keyboard gaming ini, pengguna perlu menakan  Fn (sebelah spasi)terlebih dahulu. Ketika tombol ini sudah ditekan, maka  tujuh shortcut keys pada bagian atas yang berfungsi sebagai pendukung multimedia sudah dpat digunakan.  Pengguna tidak perlu repot menekan Fn berkali-kali karena terdapat tanda berupa backlight yang menjadi penanda aktif tidaknya multimedia shortcut keys

Keyboard gaming ini memiliki jalur kabel yang tidak akan membuat penggunanya kerepotan. Memang terkadang kabel dari sebuah perangkat elektronik cukup menggangu bahkan terkesan menjengkelkan  apalagi jika kabelnya tidak rapi dan mudah terlilit rumit. Untuk menngantisipasi hal ini, Cooler Master menyediakan ruang khusus kabel pada bagian bawah keyboard. Ruang tersebut terdiri dari tiga jalur yang akan memudahkan pengguna dalam mengatur jalur kabel . Tentu dengan adanya ruang ini, kabel keyboard yang  memiliki panjang 1,8 m akan mudah dipasang atau dilepas kembali. 

Kesimpulan  dan Harga

Secara keseluruhan keyboard gaming ini terbilang cukup tangguh. Keyboard ini dapat  dipakai bermain games maupun keperluan lain seperti multimedia atau bahkan pekerjaan sederhana semacam pengetikan Kelebihan semacam fitur NKRO dan Anti-Ghosting menjadi nilai jual tersendiri yang akan perhatian menarik. Belum lagi  fitur backlight dengan berbagai varian mode membuat keyboard ini punya gayanya tersendiri. Sayangnya keyboard ini tidak didukung dengan tombol macro. Padahal fitur macro adalah sesuatu yang sangat penting dalam sebuah keyboard gaming.  Fitur macro sangat melekat dengan palatform keyboard gaming dan tentunnya sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi gamers. 

Meskipun tidak tersedianya fitur Macro, keyboard ini tetap bisa jadi alternatif karena adanya backlight dan Cherry MX Switch.  Bagi Anda yang tidak bekeberatan dengan   tidak adanya fitur macro, keyboard ini bisa  dijadikan pilihan. Namun untuk mereka yang menginginkan fitur macro, sebaiknya memilih keyboard gaming lain. Coler Master sendiri membanderol keyboard gaming ini dengan harga Rp 1.150.000. Dengan harga tersebut Anda juga mendapatkan sebuah keycap-puller. Keycap-puller ini akan berguna untuk keperluan melepas keycap pada QuickFire TK.  [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel