HP EliteDisplay E221c - Monitor LED dan Televisi Pintar dengan Webcam yang Terintegrasi

14 Nov 2013 23:00 2813 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini, televisi  dengan kuallitas baik dengan harga terjangkau begitu banyak. Hal ini karena kebutuhan akan monitor berbdesain tipis dan tidak mengandung radiasi tinggi. Jika dulu televisi pintar ini harganya melangit, kini karena permintaan tinggi, para perusahaan pembuat display melakukan cara agar kelas menengah ke bawah dapat menikmati monitor canggih dengan harga yang tak “perih”. HP contohnya.

Saat ini, televisi  dengan kuallitas baik dengan harga terjangkau begitu banyak. Hal ini karena kebutuhan akan monitor berbdesain tipis dan tidak mengandung radiasi tinggi. Jika dulu televisi pintar ini harganya melangit, kini karena permintaan tinggi, para perusahaan pembuat display melakukan cara agar kelas menengah ke bawah dapat menikmati monitor canggih dengan harga yang tak “perih”. HP contohnya. Produsen yang berkantor di California ini mengeluarkan sebuah televisi dengan harga yang cukup terjangkau. Produk tersebut adalah monitor LED HP bernama EliteDisplay E221c. Seperti apakah produk yang satu ini? Benarkah produk ini benar-benar tergolong terjangkau? Simak ulasan  lengkap dari produk ini.

Desain

EliteDisplay E221c tampak seperti  monitor lain. Tidak ada yang begitu istimewa dari monitor LED HP ini. Desainnya memang umum tapi tetap menarik. Apalagi monitor ini datang dengan dudukan yang dapat diatur atau disesuaikan semau penggunanya. Monitor ini dapat dimiringkan serta dapat dinaikturunkan ketinggiannya. Dengan kelebihan seperti itu , tidak aneh rasanya jika menyebut monitor ini dikatakan monitor yang posisi semau penggunanya. EliteDisplay E221c  ini pun datang dengan layar yang berdimensi 21,5 inci. Resolusi yang didukungnya sudah pasti mendukung resolusi berdefinisi tinggi. Hanya saja resolusi yang didukung hanya mencapai 1920 x 1080 piksel dengan aspek rasio 16:9.

Performa

Monitor LED HP ini sudah didukung dengan teknologi panel  In-Plane Switching. Artinya gambar yang dihasilkan akan tampil jelas meski dilihat dari sudut lain. Monitor LED  HP EliteDisplay E221c ini juga memiliki tampilan yang cukup memanjakan mata. Hal ini karena monitor ini  memiliki kecerahan 250 cd.m2 dengan waktu respon yang tergolong baik yaitu 7 ms. Selain itu  rasio kontras statis pada mobitor ini adalah  1000:1.  Dan untuk rasio kontras dinamisnya, monitor ini memmiliki rasio hingga 5.000.000:1. Dengan detail spesifikasi seperti itu, monitor ini  akan memberikan pengalaman menonton yang luar biasa meski  hanya berpanel 21,5 inch. Secara keseluruhan, performa dari monior ini adalah Tampilan yang memukau, warna yang cerah akurat serta jernih meski dengan sudut pandang 178 derajat baik vertikal maupun horizontal.

Fitur

Sebuah produk tentu tidak akan menarik jika tidak dilengkapi dengan fitur yang bisa mengundang calon pembeli. Monitor LED HP  ini adalah contohnya. HP tampakanya kurang leluasa untuk menambahkan fitur-fitur yang unik sehingga produk tampak berbeda dengan merk lain. Satu-satunya fitur unggulan dari HP EliteDisplay E221c ini adalah adanya integrasi webcam built-in. Fitur video yang  terintegrasi ini memang tergolong umum tapi bisa dikatakan nilai plus. Dengan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan video chat atau video conference.

Dengan adanya fitur ini, setidaknya pengguna tidak perlu repot-repot untuk membeli webcam tambahan.

Konektivitas

Dari segi konektivitas, Monitor LED HP  ini juga tergolong umum. Kelengkapan konektivitas pada  monitor EliteDisplay E221c ini adalah port  VGA, DVI, USB Hub, dan DisplayPort.  Konektivitas yang tergolong di bawah standar untuk sebuah TV pintar saat ini. Namun mengingat produk ini bukan berada pada kelas atas, hal tersebut masih dapat dimaklumi.

Kesimpulan

Inilah produk terjangkau dari perusahaan Hewllet Packard. Boleh dibilang Monitor LED HP EliteDisplay E221c ini  adalah  produk yang seadanya. Meski tampil dengan warna yang jernih, tampilan yang boleh dikatakan mumpuni, namun tapa fitur menarik serta tidak adanya port HDMI menjadi kekurangan tersendiri dari produk ini.  Apalagi harga yang ditawarkan dari HP adalah sekitar US $219 atau Rp 2,3 jutaan. Memang harga tersebut terjangkau, tapi Anda bisa mendapatkan panel berdimensi 22 inch dengan harga di bawah dua juta dari vendor lain. 

Monitor LED HP di Indonesia sendiri boleh dikatakan cukup jarang. Pasar ini sering dikuasai oleh produsen asal Jepang maupun Korea. Selain karena menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi serupa, produk-produk dari Negeri Sakura dan Negeri Ginseng sudah teruji dan terbukti. Mungkin HP tidak bisa jadi pilihan, namun sebuah alternatif bagi pengguna yang tergolong setia terhafap produk-produk perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel