G500 Mouse Gaming Logitech dengan High Sensor yang Maksimum

14 Aug 2013 23:00 2975 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Logitech telah banyak memproduksi mouse-mouse berkualitas tinggi, salah satunya adalah mouse digunakan gaming. Untuk pasar mouse gaming mereka tidak dipertanyakan lagi. Kali ini produknya adalah Logitech G500. Walau dalam kategori mouse gaming, tetap saja setiap produk membawa spesialisasi yang berbeda-beda.

Logitech telah banyak memproduksi mouse-mouse berkualitas tinggi, salah satunya adalah mouse digunakan gaming. Untuk pasar mouse gaming mereka tidak dipertanyakan lagi. Kali ini produknya adalah Logitech G500. Walau dalam kategori mouse gaming, tetap saja setiap produk membawa spesialisasi yang berbeda-beda. G500 performanya lebih diperuntukkan pada game FPS (Firs Person Shooter). Untuk game role-palying atau strategi mouse ini kurang begitu pas. Bagaimana detailnya Mouse Gaming Logitech ini? Mari kita lihat bersama.

Desain

Desain Mouse Gaming Logitech ini tidak anaeh-aneh. Sekilas Anda lihat dia bagaikan mouse biasa, bukan mouse gaming. Yang membuat dia tampak seperti mouse gaming adalah tombol-tombol makronya yang ada di bagian sisi kanan dan kiri dan ukurannya yang cukup besar, satu genggaman tangan orang dewasa tidak akan menutupi semua bodynya.

Pada bagian kanannya berwarna hitam pekat. Pada body bagian atas memiliki motiv bercak berwarna abu-abu gelap. Desain bercak ini mirip pada mouse gaming Logitech yang terdahulu atau lebih tepatnya senior dari G500 Gaming Mouse yaitu G5 Laser. Hanya saja pada G5 Laser corak berwarna biru.

 

Setup

Mouse ini menggunakan kabel. Sulit melepaskan kabel dari mouse gaming. Kenapa? Kabel masih merupakan penghantar tercepat arus listrik dari mouse ke PC. Kalau dengan Bluetooth atau wireless, masih ada gangguan-gangguan sinyal dari sana-sini. Rivalnya Microsoft SideWider X8 memang menggunakan wireless dan kabel USB untuk koneksifitas. Bedanya, mouse milik Microsoft ini bukan untuk game. Dia juga menggunakan blue laser, teknologi yang memungkinkan Anda bisa menggunakan mouse di permukaan yang bagaimanapun bahkan kaca. G500 tidak memiliki itu semua.

Standar dari mouse gaming, Anda perlu mendownload softwarenya terlebih dahulu kemudian mengatur makronya. Untuk segala suportnya Anda bisa mengunjungi website Logitech atau juga bisa klik di sini. Secara detail penjelasan mengenai pengaturan macro, SetPoint dan lain sebagainya.

Performa

Sebenarnya teknologi yang ada pada G500 merupakan bawaan dari G5 walau tidak semua. Fitur-fitur penting di adopsi dari G5. Fitur-fitur yang di adopsi antara lain berat dan besar, kenyamanan memegang, posisi tombol dan yang terakhir dan yang paling penting adalah polling rate, 1000MHz yang akan menjamin kelancaran dan akurasi Anda dalam bermain FPS. Ini 50% lebih besar dari Microsoft SideWider X8 yang hanya 800MHz saja. Selain itu, Logitech juga memberikan fitur-fitur tambahan pada G500. Logitech juga menyertakan dual-mode pada tombol scroll-nya. Dual-mode ini berguna untuk perubahan scrolling dari normal ke cepat. Untuk game FPS ini sangat penting untuk mengganti senjata, bom atau zooming teropong senjata/sniper.

Mirip dengan Razer dan Logitech G9, mereka menanamkan memori onboard untuk G500. Memori onboard ini berguna untuk menyimpan pengaturan yang Anda buat agar bisa digunakan dikomputer yang berbeda. G500 memiliki ruang penyimpanan 8KB yang hanya muat untuk satu profil pengguna saja. Untuk mouse high-end profil bisa pada mouse bisa hingga lima.

Untuk fitur terbarunya, G500 bergabung dengan Microsoft dan Razer menghadirkan sensor laser yang tinggi. Untuk sensor 2000dpi atau 3000dpi mungkin kita sudah sering dengar yang bila digunakan pada layar 30 inci sulit mengendalikan kursornya. G500 memiliki sensor yang luar biasa, 5,700dpi lebih 100dpi dibandingkan dengan yang ditawarkan Razer, 5600dpi. Ini luarbiasa karena G500 merupakan perangakat untuk kelas menengah.

Kesimpulan dan harga

Untuk performa pada game FPS, mouse ini sangat bisa di andalkan. Dia membawa teknologi andalan dari produk yang menjadi salah satu mouseterbaik pada tahun 2007, G5 Laser. Sedikit yang disayangkan, fitur pada lasernya. Produk Microsoft yang harganya tidak jauh beda dengan G500 memberikan fitur yang sangat bagus pada koneksifitas yaitu kabel dan Bluetooth. Di G500, kita hanya bisa menggunakan kabel saja. Mungkin bila bermain game memang kita tidak butuh wireless tetapi ketika sedang santai browsing, menonton film mouse dengan wireless sangat berguna. Satu lagi, G500 belum menggunakan teknologi blue laser, teknologi yang memungkinkan mouse bisa berfungsi di berbagai permuakaan termasuk kaca.

Produk ini di bandrol US$51,75, sedangakan rival terdekatnya dengan segala fitur-fiturnya berharga US$70. Tidak terlalu jauh bedanya. Sayangnya, produk Microsoft ini bukan untuk game. SideWide X8 kalah di sensor laser dan polling rate, selebihnya produk Microsoft ini menang.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel