HP DesignJet T120 ePrinter - Printer HP Terbaru Berukuran Besar Untuk Para Teknisi dan Arsitek

6 Sep 2013 12:30 3757 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Printer HP DesignJet T120 ePrinter merupakan sebuah printer warna berformat lebar (wide-format) yang mampu mencetak diagram dan foto hingga ukuran D size atau 24 inch, serta mendukung pencetakan dari roll atau cut sheet.

Printer HP DesignJet T120 ePrinter merupakan sebuah printer warna berformat lebar (wide-format) yang mampu mencetak diagram dan foto hingga ukuran D size atau 24 inch, serta mendukung pencetakan dari roll atau cut sheet. Printer ini dapat dengan mudah Anda taruh di meja ataupun Anda tempatkan secara berdiri. Menurut HP, printer ini ditujukan untuk para pelajar di bidang AEC (architecture, engineering, Anda construction) dan untuk para freelance professional. Walaupun memiliki kualitas yang kurang baik untuk mencetak foto, namun printer terbaru HP ini mampu mencetak grafik dan diagram denagn sempurna.

Desain

Dari segi desain, printer HP DesignJet T120 ePrinter ini memiliki ukuran sebesar 11,2 x 38,9 x 20,9 inch dan memiliki berat sebesar 26 Kg. printer ini juga dapat diberikan aksesoris seperti penyangga untuk berdiri. Dari segi konektivitas, printer terbaru HP ini mampu terhubung melalui USB, Ethernet, dan wifi. Menariknya, printer ini juga memiliki aplikasi HP Designjet ePrint yang memungkinkan Anda untuk melakukan printing dari smartphone atau tablet Android dan Apple yang Anda miliki.

Tidak seperti kebanyakan printer warna wide-format lainnya yang biasanya dioptimalisasi untuk kebutuhan printing foto, printer HP DesignJet T120 ePrinter ini tampaknya lebih memfokuskan diri untuk pencetakan grafik atau diagram biasa. Pasalnya, printer ini hanya memiliki tanki tinta sebanyak 6 buah yang terdiri dari cyan, magenta, kuning, dan hitam. Hal ini tentu sangat berbeda dibandingkan dengan para pesaingnya yang memiliki tanki tinta lebih dari 8 buah, bahkan banyak diantaranya yang memasang beberapa tanki khusus untuk warna hitam dan abu-abu saja.

Performa

Sebenarnya, kecepatan pencetakan dari sebuah printer grafis seperti ini tidaklah terlalu penting karena yang diutamakan dari printer ini adalah kualitas cetakan yang dihasilkannya. Namun tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mengetahui kecepatan dari printer ini. Untuk mecetak foto berukuran 4 x 6 inch, printer HP DesignJet T120 ePrinter ini mampu mencetak dalam waktu 1 menit. Sementara untuk ukuran foto sebesar 8 x 10, maka printer ini dapat mencetaknya dalam waktu 1 menit 39 detik. Waktu tersebut dapat dibilang lebih cepat dibandingkan dengan printer lain yang sejenis.

Output Quality

Walaupun printer HP DesignJet T120 ePrinter ini dapat digunakan untuk mencetak teks ataupun berbagai macam dokumen kantor lainnya, namun rasanya sangat tidak pas jika kita menggunakannya untuk keperluan tersebut. Namun seperti sebelumnya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengethaui kualitasnya sebagai bahan perbandingan.

Secara keseluruhan, printer HP DesignJet T120 ePrinter ini mampu menghasilkan kualitas cetakan yang jauh lebih baik ketimbang printer inkjet kebanyakan. Kualitas cetakan teks yang dihasilkan cukup bagus untuk berbagai macam penggunaan, kecuali jika Anda membutuhkan teks dengan font berukuran kecil. Dalam mencetak grafik dan diagram, printer ini mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kualitas cetakan grafik yang dihasilkan sangatlah baik dengan garis-garis yang tercetak sempurna. Warna yang dihasilkan pun cukup memuaskan untuk printer sekelas ini.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh printer ini juga cukup baik, walaupun masih kalah jika dibandingkan hasil cetakan printer sejenis. Warna yang dihasilkan sangatlah cerah dan bersih sehingga semakin meningkatkan hasil cetakan. Sayangnya, terdapat sedikit kekurangan ketika mencetak foto pada mode monokrom. Hal tersebut mungkin dapat diwajari karena printer ini hanya dibekali oleh 4 tanki tinta saja. Namun jika Anda tidak terlalu sering melakukan printing dalam bentuk monokrom, mungkin hal tersebut tidak akan terlalu menjadi masalah.

Kesimpulan

Dengan performa yang telah dijabarkan di atas, printer ini jelas dapat mencetak berbagai macam gambar dengan kualitas yang sangat impresif. Walaupun printer HP DesignJet T120 ePrinter ini tidak dikhususkan untuk mencetak foto, namun printer ini tetap dapat menghasilkan foto seukuran poster dengan kualitas yang baik. Dengan kemampuannya untuk mencetak foto hingga ukuran D size, maka printer ini sangat cocok bagi para arsitek, teknisi, ataupun desainer yang sering melakukan printing dengan format yang luas dan lebar. Jika Anda tertarik untuk memiliki printer ini, maka Anda bisa mendapatkannya dengan harga USD 874 atau sekitar 8,7 juta rupiah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel