Kumpulan Aplikasi Linux Ubuntu Untuk Kustomisasi Unity Desktop

20 Apr 2015 08:00 7420 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berikut ini beberapa Aplikasi Untuk Linux Ubuntu yang dapat digunakan untuk kustomisasi desktop unity yang dapat Anda coba

Para pengguna distro Linux, terutama Ubuntu bisanya gemar mengubah – ubah tampilan di desktop sehingga lebih menarik dan dapat tampil beda daripada yang lain. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika sering ada beberapa pengguna distro Linux yang bersaing untuk membuat kreasi dekstop seunik mungkin. Mendapatkan dekstop yang menarik dan berbeda dari kreativitas diri sendiri merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi pengguna. Namun, kenyataannya masih banyak pengguna yang kebingungan dengan bagaimana cara memulai kostumisasi dekstopnya. Sebenarnya, ada beberapa aplikasi linux ubuntu yang dapat digunakan untuk kostumisasi dekstop. Untuk desktop yang akan digunakan kali ini adalah dekstop Unity dari Ubuntu. Pasalnya, distro ini termasuk distro yang populer dan banyak dipilih oleh para pengguna. Berikut ini beberapa aplikasi untuk linux ubuntu yang dapat Anda gunakan untuk kostumisasi

MyUnity

Aplikasi linux ubuntu ini muncul sebagai aplikasi yang pertama kali untuk para pengguna desktop Unity di Ubuntu yang mengalami kesulitan saat melakukan kostumisasi di dekstop mereka. Aplikasi MyUnity ini adalah aplikasi yang bisa mengubah konfigurasi Unity desktop dari konfigurasi font, theme, dash, panel, dan unity launcher. Sebagai aplikasi yang pertama kali muncul untuk kostumisasi desktop, fitur – fitur yang ditawarkan oleh MyUnity tergolong sudah cukup lengkap. Jika Anda ingin menginstal aplikasi untuk linux ubuntu ini, caranya cukup mudah yaitu lewat PPA.

Ubuntu Tweak

Aplikasi Ubuntu Tweak ini sebenarnya sudah lama menjadi aplikasi untuk linux ubuntu yang dapat diandalkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur – fitur yang cukup lengkap untuk mendukung konfigurasi sistem dan juga user interface. Setelah Ubuntuk\ resmi meluncurkan Unity untuk desktop-nya, aplikasi ini melakukan beberapa perubahan fitur Unity supaya para pengguna desktop Unity dapat dengan mudah melakukan kostumusasi dekstop mereka dengan bantuan fitur tersebut.

Walaupun demikian tidak banyak kostumisasi yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Ubuntu Tweak sehingga kostumisasi yang ditawarkan oleh aplikasi untuk linux ubuntu ini terbilang masih standar. Namun, Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk tweaking sistem lainnya. Salah satu fitur menarik yang ada di aplikasi ini adalah adanya fitur Love Wallpaper HD yang terdapat di bagian Tweaks. Fitur ini menawarkan Anda untuk memilih wallpaper HD secara online. Untuk memilih wallpaper, double click pada wallpaper kemudian wallpaper tersebut akan otomatis aktif di desktop Anda.

Unsettings

Aplikasi Unsettings hadir dengan fungsionalitas yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi untuk Linux Ubuntu MyUnity. Namun Unsettings menawarkan beberapa fitur tambahan seperti fitur untuk penyimpanan konfigurasi dan fitur untuk memuat konfigurasi yang telah Anda buat. Fitur ini akan sangat bermanfaat saat Anda telah menemukan konfigurasi terbaik kemudian menyimpan konfigurasi tersebut untuk menjadi backup dan sewaktu – waktu Anda bisa menggunakan konfigurasi ini kembali. Jika Anda ingin mencoba menggunakan aplikasi Unsettings ini, Anda dapat menginstal aplikasi ini lewat PPA.

Compiz Config Settings Manager

Pada era gnome 2 atau gnome classic, aplikasi untuk linux ubuntu yang satu ini menjadi sesuatu yang sangat berharga karena aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memberikan konfigurasi yang lengkap dengan animasinya untuk  desktop. Konfigurasi yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah shortcut key dan juga beberapa fungsionalitas uinity yang lain. Compiz Config Settings Manager atau CCSM ini sangat cocok untuk pelengkap aplikasi untuk linux ubuntu yang lain supaya kostumisasinya bisa lebih bervariasi. Saat ini, aplikasi CCSM telah tersedia di repository.

Dconf Editor

Sebenarnya, aplikasi untuk linux ubuntu yang satu ini adalah aplikasi yang paling rumit daripada beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas. Pasalnya, aplikasi ini memerlukan pengetahuan yang lebih pada sistem Unity jika ingin melakukan kostumisasi di dekstop. Selain itu, jika dalam melakukan konfigurasi terdapat kesalahan, penggunaan aplikasi ini mungkin saja bisa berpengaruh pada stabilitas sistem dan menyebabkan sistem menjadi terganggu. Oleh sebab itu, jika Anda takut atau tidak yakin untuk menggunakan aplikasi ini karena khawatir akan mengancam sistem Anda, maka sebaiknya Anda tidak mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini tanpa memiliki referensi yang cukup. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel