Lengkapi Ibadah Anda Dengan Aplikasi Al-Qur’an BlackBerry PlayBook

26 Jul 2012 13:00 20946 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda bingung mencari aplikasi Al-Quran BlackBerry? Saat ini bagi Anda pengguna BlackBerry PlayBook ada sebuah aplikasi yang bernama aplikasi Al-Mishbah, aplikasi lokal yang berisikan ayat-ayat Al-Qur-™an dan juga dilengkapi dengan 9 koleksi hadits.

Menyambut bulan suci Ramadhan ada baiknya Anda menyiapkan sesuatu kegiatan yang bersifat positif dan juga bermanfaat agar pahala Anda dilipatgandakan selama bulan Ramadhan ini, Membaca dan memperlajari Al-Quran adalah salah satu kegiatan tersebut. Membaca Al-Quran merupakan kewajiban mendasar dan memiliki nilai ibadah. Karena membaca Al-Quran adalah ibadah, maka Allah SWT memberikan pahala bagi siapa saja yang mau membacanya. Pahala ini tidak hanya bagi yang membacanya secara fasih, tapi bagi yang terbata-bata pun, mendapatkan pahala yang besar.

Nah, saat ini Anda tak perlu bingung lagi mencari Al-Quran, karena sudah banyak aplikasi yang bisa Anda unduh, tak hanya untuk smartphone, bahkan handphone Java pun sudah ada plikasi Al-Quran yang bisa Anda unduh secara gratis.

Apakah Anda bingung mencari aplikasi Al-Quran BlackBerry? Saat ini bagi Anda pengguna BlackBerry PlayBook ada sebuah aplikasi yang bernama aplikasi Al-Mishbah, salah satu aplikasi lokal buatan anak bangsa yang berisikan ayat-ayat Al-Qur’an dan juga dilengkapi dengan 9 koleksi hadits (Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Al-Muwaththa‘, Musnad Ahmad, Sunan At-Tirmidzi, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Sunan Abu Dawud dan Sunan Ad-Darimi).

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbahasa Arab namun jika Anda kurang mengerti, aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan dalam versi bahasa Indonesia agar lebih memudahkan para pembacanya. Dari segi tampilan grafis aplikasi Al-Quran BlackBerry PlayBook ini sangat bagus dan sangat mudah digunakan. Namun sangat disayangkan karena aplikasi ini untuk sekarang hanya ada dan tersedia bagi para pengguna BlackBerry PlayBook saja. Berikut ini adalah fitur serta petunjuk penggunaannya:

  1. Silahkan klik/touch salah satu kitab dari BlackBerry PlayBook Anda untuk membaca dan juga untuk me-load data kitab saat pertama kali dibaca, lakukan pada masing-masing kitab untuk memastikan data di-load dalam database.

  2. Untuk membaca hadist silahkan klik/touch nama hadits yang berwarna biru untuk mendapatkan informasi yang berkenaan dengan perawi dan sanad hadits.

  3. Klik/touch button universal search di smartphone untuk melakukan pencarian (catatan: pencarian hanya dilakukan pada kitab hadits yang telah di-load datanya, oleh karena itu sebaiknya Anda membuka/klik semua kitab hadits terlebih dahulu agar semua data tersimpan dalam database).

  4. Touch menu untuk mendapatkan berbagai menu, bookmarks, daftar isi, notes, share, help dan sebagainya.

  5. Touch atau silahkan geser ke bawah tulisan note yang berwarna hijau untuk menambahkan note.

  6. Saat Anda melakukan pencarian, Anda juga bisa menspesifikasikan atau membatasi hasil pencarian, apakah pencarian pada kitab tertentu saja atau semuanya.

  7. Buka daftar bookmarks dari menu bookmarks/note, dan delete bookmarks dengan mengklik button silang berwarna merah ( X ) di samping bookmark/notes.

  8. Swipe gesture untuk navigasi antar hadits/ayat Al-Qur’an, atau gunakan top bar panah kiri/kanan.

  9. Pembacaan Al-Qur’an dari kanan ke kiri, seekbar digeser dari kanan ke kiri.

  10. Pembacaan hadits dari kiri ke kanan, seekbar digeser dari kiri ke kanan (normal).

  11. Menu-setting-text untuk setting text aksara Arab maupun terjemah.

  12. Aplikasi ini gratis dan tanpa ada iklan (Ads) di dalamnya

Aplikasi Al-Mishbah, untuk saat ini hanya bisa dipergunakan dan diinstal pada BlackBerry PlayBook dengan versi 2.0 atau versi di atasnya, serta rilis terbaru pada saat artikel ini ditulis adalah versi Al-Mishbah veri 2.0 pada tanggal 22 juni 2012 dengan ukuran file sekitar 3Mb. Jika tertarik Anda bisa mengunduhnya melalui link ini. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel