Empat Aplikasi Notepad Terbaik Untuk iPad

24 Jul 2012 19:00 6153 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai salah satu tablet yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, iPad melalui iTunes menyediakan berbagai macam aplikasi baik yang berbayar maupun yang gratis. Salah satu jenis aplikasi yang dibutuhkan terutama bagi orang yang memiliki kesibukan tingkat tinggi adalah aplikasi Notepad.

Sebagai salah satu tablet yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, iPad melalui iTunes menyediakan berbagai macam aplikasi baik yang berbayar maupun yang gratis. Salah satu jenis aplikasi yang dibutuhkan terutama bagi orang yang memiliki kesibukan tingkat tinggi adalah aplikasi Notepad. Karena melalui aplikasi ini Anda bisa menyimpan berbagai catatan kecil, gambar, hingga jadwal harian Anda. Berikut adalah ulasan dari empat aplikasi Notepad terbaik bagi para pengguna iPad.

Evernote

Jika Anda termasuk orang yang lebih sering menggunakan iPad dibandingkan dengan buku catatan kecil beserta pulpennya maka lebih baik Anda mengunduh aplikasi Evernote karena aplikasi ini menawarkan jasa pengingat apa saja. Evernote juga dapat digunakan untuk mengorganisir jadwal harian, menyimpan ide-ide brilian Anda, dan meningkatkan produktivitas kerja. Tidak hanya sebatas membuat catatan saja, Evernote juga dapat digunakan untuk mengambil dan menyimpan foto, membuat to-do-lists dan merekam pesan suara. Secara keseluruhan Evernote memiliki berbagai fitur seperti:

  • Melakukan sinkronisasi antar computer dan iPad.

  • Membuat, mengedit notes, to-do dan tasks list.

  • Merekam pesan suara.

  • Melakukan pencarian teks diantara gambar.

  • Mengorganisir notes melalui notebooks dan tags.

  • E-mail notes dan menyimpan tweet Anda dari Twitter ke Evernote.

  • Menghubungkan Evernote dengan aplikasi lain di iPad Anda.

Evernote tidak hanya bisa digunakan untuk mencatat jadwal kerja dan meeting tetapi juga bisa digunakan untuk mencatat resep masakan dan membuat rencana perjalanan Anda. Bahkan Anda bisa mengontrol jumlah pengeluaran bulanan dengan menyimpan struk tagihan Anda? Evernote bisa diunduh secara gratis di iTunes Store dan dapat digunakan di iPhone, iPod touch dan iPad dengan iOS 4.0 atau di atasnya.

Bamboo Paper

Apakah Anda tahu bahwa kertas dibuat dari kayu? Semakin banyak kertas yang digunakan semakin banyak pohon yang harus ditebang sehingga bagi Anda yang mengaku berjiwa Go Green dan memiliki iPad ditangan Anda, aplikasi Bamboo Paper patut dijadikan pengganti kertas untuk Anda. Bamboo Paper bukan sepenuhnya aplikasi Notepad karena selain untuk menuliskan notes, Bamboo Paper juga bisa digunakan untuk membuat sketsa atau sekedar gambar asal sehingga berkesan lebih menarik untuk menampung ide-ide kreatif Anda. Aplikasi ini jika disandingkan dengan Bamboo Stylus akan menjadi pasangan yang hebat dengan kemampuan komunikasi tiada batas meliputi 3 lingkup kegiatan seseorang:

  • Sekolah: Bamboo Paper bisa dijadikan pengganti buku tulis untuk mencatat berbagai rumus matematika, komposisi musik, dan proyek anak sekolah lainnya. Jika sekolah Anda memiliki pelajaran bahasa asing seperti Mandarin, Arab dan Jepang maka Anda dapat menuliskan karakternya di Evernote.

  • Dunia Kerja: Bagi yang sibuk dengan dunia kerja pasti tidaklah lepas dari yang namanya laporan dan presentasi yang biasanya berbentuk grafik. Jadi jika ada rapat mendadak Anda bisa menyiapkan melalui Bamboo Paper.

  • Rumah: Menuliskan catatan belanja rumah tangga, membuat rancangan rumah dan media hiburan anak dengan menggambar.

Bagi yang menginginkan melakukan presentasi, Bamboo Paper akan mengkoneksikan iPad Anda ke proyektor dengan mudah. Bamboo Paper dapat diunduh secara gratis di iTunes Store dan membutuhkan iPad dengan iOS 4.2 atau di atasnya untuk dapat menggunakannya.

Springpad

Aplikasi Springpad dan Evernote sebenarnya bisa ditemukan di Google Play, namun performa iPad yang juga sudah terkenal baik maka bisa dimaksimaklan dengan aplikasi Springpad. Dengan Springpad, Anda bisa mencatat dan menuliskan ide-ide dan tugas Anda. Bagi Anda yang hobi memasak, Anda juga bisa menyimpan resep-resep yang Anda dapatkan di Springpad. Yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda bisa memasukkan item kesukaan Anda yang kemudian jika items tersebut sedang diskon, Springpad akan memberikan Anda notifikasi pengingat. Springpas memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Merekam pesan suara

  • Scanner barcode.

  • Menyimpan restaurant favorit via GPS.

  • Berinteraksi dan saling bertukar informasi di komunitas Springpad.

  • Membagi artikel-artikel favorit antar keluarga, sahabat dan teman kerja.

Aplikasi all-in-one ini dapat di unduh secara gratis di iTunes Store dan dapat di install di iPhone, iPod dan iPad dengan iOS 4.0 atau di atasnya.

PaperPort Notes

Aplikasi Notepad terbaik untuk iPad Anda yang terakhir adalah PaperPort Notes dari Nuance Communications. Menggunakan Notebook virtual memiliki keuntungannya sendiri seperti kemudahan dalam membagi catatan tanpa harus repot-repot mencatat ulang, hal itulah yang ditawarkan oleh PaperPort Notes. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur seperti:

  • Voice rRcognition Leverage Dragon untuk mencatat ide-ide cemerlang Anda hanya dari suara Anda.

  • Mark up dokumen yang cepat.

  • Mengkombinasikan dokumen lengkap, halaman individu, halaman Web kedalam satu catatan notepad.

  • Mengakses dan membagi notepad menggunakan servis cloud favorit Anda.

PaperPort Notes dapat diunduh secara gratis di iTunes Store dan dapat digunakan untuk iPad dengan iOS 4.2 atau yang terbaru. PaperPort Notes juga dapat digunakan untuk iPad 3. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel