Banding Ponsel Lokal Dual-SIM Nexian Speed 2 W750 vs IMO G911

19 Jul 2012 12:00 4464 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin maraknya penjualan ponsel lokal di tanah air, maka makin ketat pula persaingan antar produsen ponsel lokal di tanah air. Seperti yang terjadi pada Nexian Speed 2 yang mengandalkan ponsel QWERTY Dual SIM-nya.

Semakin maraknya penjualan ponsel lokal di tanah air, maka makin ketat pula persaingan antar produsen ponsel lokal di tanah air. Seperti yang terjadi pada Nexian Speed 2 yang mengandalkan ponsel QWERTY Dual SIM-nya yang memiliki akses cepat untuk mengkakses jejaring sosial, di mana juga harus menghadapi persaingan dengan ponsel lokal lainnnya yakni IMO G911 yang juga menawarkan fitur yang serupa pada pasar penjualan ponsel lokal di tanah air. Bersaing berdasarkan fitur dan performa, manakah dari kedua ponsel ini yang mampu menarik perhatian para pengguna ponsel lokal di tanah air? Simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini.

Desain dan Dimensi

Jika kedua ponsel lokal ini sama-sama disandingkan, maka akan nampak bahwa kedua ponsel ini menyandang desain QWERTY yang memang menjadi tren desain dari ponsel lokal. Nexian Speed 2 dibalut dengan bahan material plastik dan karet yang membalut sekitar tubuhnya agar memberikan kesan nyaman saat dalam genggaman dan tidak licin pada saat Anda gunakan dan menggunakan trackpad untuk kendali navigasi menu di dalamnya. Berbeda dengan IMO G911, IMO hadir dengan balutan komponen logam pada separuh bodinya yang memberikan kesan premium dan kokoh pada ponsel lokal ini.

Untuk kendali menunya sendiri, IMO mengandalkan trackball pada permukaannya. Untuk urusan dimensi pun, kedua ponsel ini memiliki dimensi yang berbeda, Nexian W750 memiliki dimensi sebesar 111 x 58 x 12 mm dan memiliki total berat sebesar 111 gram. Sedangkan untuk IMO sendiri memiliki dimensi sebesar 109 x 61 x 13.5 mm dan memiliki berat sekitar 210 gram. Jika ditilik dari dimensi, IMO memimpin karena memiliki dimensi lebih minimalis dibandingkan dengan Nexian, namun tidak lebih ringan dibandingkan dengan Nexian yang hanya memiliki berat sebesar 111 gram.

Layar

Beralih pada penampang layar, masing-masing ponsel mengunggulkan layar yang disematkan oleh pabrikannya. Nexian membenamkan layar QVGA berjenis LCD yang memiliki resolusi sebesar 240 x 320 piksel pada layar yang memiliki diagonal sebesar 2.4 inchi. Layar yang memiliki penampang cukup mungil ini diakomodasikan untuk menampilkan halaman jejaring sosial kepada Anda yang memang ponsel ini diciptakan untuk mengakses jejaring sosial secara cepat dan nyaman. Berbeda dengan Nexian, IMO membekali ponselnya dengan layar QVGA yang mampu menghadirkan 262 ribu macam dengan teknologi TFT yang memiliki resolusi sebesar 240 x 320 piksel pada layar yang memiliki penampang sebesar 2.2 inchi. Memiliki penampang layar yang mungil tak disia-siakan oleh pabrikan IMO untuk mengakomodasi siaran TV yang bisa Anda saksikan menggunakan fitur TV Tuner Analog yang terbenam di dalamnya. Untuk urusan resolusi kedua ponsel ini boleh kompak, namun untuk lebar layar, IMO harus mengakui keunggulan layar Nexian yang memiliki penampang layar yang lebih besar dibandingkan dengan layar yang dibenamkan ke dalam ponselnya.

Fitur

Untuk fitur sendiri, hampir semua ponsel lokal memiliki TV Tuner Analog di dalamnya, namun pabrikan Nexian justru tidak menghadirkan TV Tuner pada produknya satu ini, sebagai gantinya, Nexian W750 diberikan akses cepat menuju ke jejaring sosial yang sudah tertanam di antara menu yang disajikan pada ponsel ini. Akses menuju ke jejaring sosial ini juga telah difasilitasi dengan akses 3G yang dapat membawa Anda berselancar dengan cepat jika Anda berada dalam jangkuan sinyal 3G di daerah Anda. Jika Anda tidak mendapatkan area 3G pada daerah Anda, maka Anda masih bisa menggunakan akses koneksi GPRS yang menyuguhkan koneksi yang standar untuk Anda.

Selain koneksi dan akses cepat menuju jejaring sosial, ponsel ini pun memiliki fitur unggulan yang di antaranya MP3 Player yang mampu memutarkan lagu kesayangan Anda yang juga telah didukung oleh NMC atau Nexian Music Card yakni sebuah teknologi dari Nexian yang berfungsi untuk memutar lagu original. Jika bosan mendengarkan daftar lagu yang terdapat pada ponsel Anda, maka Anda bisa mengaktifkan Radio FM yang juga tersedia dalam ponsel ini. Anda juga bisa mengandalkan koneksi Bluetooth sebagai fasilitas untuk mengirimkan file antar ponsel.

Sementara itu, di kubu IMO untuk urusan koneksi hanya mengandalkan GPRS di dalamnya yang mampu mengantarkan Anda untuk berselancar dalam dunia maya dengan kecepatan seadanya. Namun kekurangan ini ditutupi dengan hadirnya TV Tuner Analog di dalamnya yang dimana Anda bisa melihat TV secara mobile. Salah satu fitur unik pun disematkan pada ponsel ini, yakni fitur shake control yang mana Anda bisa melakukan kendali pada pnsel Anda hanya dengan menggoyankan ponsel Anda. Fitur unggulan lainnya yang disematkan pada IMO antara lain musik player, Radio FM, Opera Mini, Google dan akses menuju jejaring sosial pun disematkan.

Untuk fitur terakhir, kedua ponsel ini sama-sama memasang fitur Dual SIM ON yang mana mampu mengaktifkan dua kartu dalam satu ponsel. Jadi Anda tidak perlu memiliki dua ponsel untuk urusan yang berbeda-beda.

Kamera

Untuk sektor fotografi, tak lupa kedua ponsel ini menyertakan kamera yang bertengger apik di bagian belakang bodi ponsel ini. Nexian menyematkan kamera sebesar 2MP pada kamera utama yang mampu menghasilkan gambar yang cukup apik untuk mengabadikan momen berharga Anda. Tak hanya berhenti di situ, Nexian juga menyematkan kamera depan yang bisa Anda gunakan sebagai media untuk melakukan komunikasi via video call yang memiliki resolusi sebesar QCIF. Sementara itu IMO menyematkan kamera sebesar 1,3MP yang selain dapat menangkap gambar juga kamera pada IMO ini mampu merekam video. Untuk kamera depan sendiri, IMO menghadirkan kamera berjenis VGA yang mampu membawa Anda menuju ke komunikasi video call atau mengambil gambar diri Anda. Pada sektor fotografi ini, Nexian lagi-lagi menduduki peringkat terdepan karena memiliki kamera yang lebih besar resolusinya dibandingkan dengan IMO.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas didapatkan bahwa masing-masing ponsel memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing sektor. Jika Anda aktif pada aktivitas jejaring sosial, maka Nexian merupakan pilihan yang tepat untuk Anda, namun jika Anda ingin memiliki ponsel lokal namun dengan tampilan premium, maka IMO siap untuk Anda pinang untuk Anda bawa pulang. Pilihan diantara keduanya kembali lagi kepada minat dan selera Anda masing-masing. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel