Motorola Moto Q8 - Smartphone Tipis yang Tak Pernah Sepi Peminat

18 Jul 2012 19:00 4120 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Motorola Moto Q8 adalah *smartphone* dengan sistem operasi Windows Mobile yang diluncurkan pada tahun 2005 oleh Motorola. Untuk menjalankan Windows Mobile ini, Moto Q8 menggunakan prosesor 32-bit Intel Xscale PXA270 312 Mhz. Pada waktu itu pilihan sistem operasi untuk perangkat *mobile* tidak seperti yang ada pada saat ini.

Motorola Moto Q8 adalah smartphone dengan sistem operasi Windows Mobile yang diluncurkan pada tahun 2005 oleh Motorola. Untuk menjalankan Windows Mobile ini, Moto Q8 menggunakan prosesor 32-bit Intel Xscale PXA270 312 Mhz. Pada waktu itu pilihan sistem operasi untuk perangkat mobile tidak seperti yang ada pada saat ini. Biasanya sistem operasi tersebut dikembangkan oleh produsen ponsel pesaing Motorola, seperti Symbian dan Blackberry OS. Microsoft dengan Windows Mobile-nya adalah salah perusahaan besar dengan produk sistem operasi mobile yang tidak membuat ponsel.

Meskipun tidak setipis ponsel terbaru saat ini yang diluncurkan oleh beberapa produsen ponsel, namun pada waktu itu Moto Q8 adalah salah satu ponsel tertipis yang ada dipasaran. Pesaing Moto Q8 dari segi ketipisan hanyalah ponsel Motorola lainnya, yaitu RAZR yang merupakan ponsel dengan desain clamshell paling laku di dunia bahkan hingga kini.

Pada waktu itu smartphone yang sedang populer adalah Blackberry yang menjalankan sistem operasinya sendiri. Motorola mencoba untuk mengarahkan produk Moto Q8 sebagai alternatif dari BlackBerry. Bukannya mengembangkan sistem operasi sendiri yang dapat menunda peluncuran Moto Q8, Motorola bekerja sama dengan Microsoft untuk membawa Windows Mobile versi 6.0 edisi smartphone kedalam Moto Q8. Dukungan sistem operasi dari Microsoft dan desain Moto Q8 yang berdesain candybar dan dilengkapi dengan QWERTY keyboard membuat Moto Q8 bisa dijadikan salah satu pilihan selain BlackBerry bagi para pengguna smartphone pada waktu itu.

Satu-satunya yang tidak hadir pada Moto Q8 adalah dukungan layanan yang seperti BBM. Tapi dengan menggunakan Windows Mobile, itu artinya Moto Q8 mempunyai dukungan email yang bisa dihubungkan ke server email seperti Microsoft Exchange dan IBM Lotus Symphony.

Dengan menggunakan sistem operasi dari Microsoft, itu membuat Moto Q8 dapat diintegrasikan dengan produk lain yang dikeluarkan oleh Microsoft. Misalnya Motorolo Moto Q8 mempunyai kemampuan untuk melakukan sinkronisasi data kontak, email, dan jadwal dengan Microsoft Outlook untuk PC melalui kabel USB atau koneksi nirkabel bluetooth. Teknologi nirkabel lainnya yang pada saat itu masih populer, yaitu infrared juga didukung oleh Moto Q8. Dokumen seperti Microsoft Word yang ada di PC dapat pula disinkronisasi ke Moto Q8. Hanya saja sistem operasi Windows Mobile yang ada di Motorolo Moto Q8 cuma bisa membaca dan mengedit dokumen Word. Sementara dokumen dari Microsoft Office lainnya seperti PowerPoint dan Excel hanya bisa dibaca.

Untuk komunikasi data, seperti ponsel lainnya yang menyediakan fitur sejenis, Moto Q8 juga mendukung GPRS. Selain itu dukungan teknologi 2,5 G seperti EDGE sudah tersedia sebagai salah satu pilihan jaringan komunikasi data yang bisa digunakan bersama Moto Q8. Untuk keperluan berselancar di Internet, Windows Mobile yang digunakan oleh Moto Q8 sudah dilengkapi dengan peramban Pocket Internet Explorer (IE). Peramban ini mempunyai layout engine yang sama dengan peramban yang ada di desktop. Jadi halaman yang ditampilkan oleh Pocket IE akan sama dengan IE biasa. Tentu saja Moto Q8 mempunyai layar yang sangat kecil bila dibandingkan dengan layar PC. Moto Q8 mempunyai layar berukuran 2,4 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel dan kedalaman warna 167 ppi.

Pada bagian belakang Moto Q8 terdapat kamera 1,3 mega piksel yang sudah dilengkapi dengan lampu flash. Pada waktu diluncurkan, Moto Q8 adalah salah satu ponsel dengan sensor kamera terbesar yang ada dipasaran. Tentu bila dibandingan dengan smartphone kelas atas terbaru saat ini, sensor kamera Moto Q8 akan mempunyai kesan kecil. Untuk urusan multimedia, Moto Q8 dapat menjalankan berkas musik seperti MP3 dan AAC.

Sementara untuk video berkas yang didukung adalah MP4, termasuk untuk proses perekaman video menggunakan kamera Moto Q8. Agar bisa digunakan untuk multimedia dalam waktu yang relatif lama, Motorola Moto Q8 menggunakan baterai Li-Ion dengan kapasitas sebesar 1170 mAh. Bila digunakan untuk panggilan telepon, maka baterai ini akan cukup untuk komunikasi selama 5 jam. Sementara bila dibiarkan dalam keadaan standby, baterai ini dapat bertahan selama 240 sebelum harus diisi ulang. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel