Comics - Aplikasi Komik Digital dengan 20.000 Koleksi untuk Perangkat Android

18 Jul 2012 08:00 3765 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

udaya membaca komik serta industri pembuatannya telah mengalami banyak penyesuaian dengan teknologi yang ada. Banyaknya media kreatif untuk membuat serta memasarkan komik membuat para perusahaan komik untuk menjangkau banyak konsumennya.

Budaya membaca komik serta industri pembuatannya telah mengalami banyak penyesuaian dengan teknologi yang ada. Banyaknya media kreatif untuk membuat serta memasarkan komik membuat para perusahaan komik untuk menjangkau banyak konsumennya. Komik digital dapat dikatakan sebagai komik yang dibuat sebagian besar melalui perangkat komputer. Hal ini tentunya berseberangan dengan media konvensional komik yang biasa digambarkan, dipindai, serta proses pewarnaan secara manual. Saat ini ada beragam aplikasi yang memungkinkan para penggemar komik untuk membaca bahkan membuat komik melalui perangkat seperti tablet, ataupun komputer yang dilengkapi dengan program grafis. Salah satu pengembang aplikasi komik yang dapat dengan mudah Anda temukan di beberapa platform perangkat mobile adalah comiXology.

ComiXology merupakan pengembang aplikasi yang telah memasarkan sekitar 75 juta komik untuk diunduh. Ia menawarkan lebih dari 25.000 buku komik dan juga novel grafis baik melalui perangkat iOS ataupun Android. Salah satu aplikasi buatannya yang tengah menjadi tren di kalangan pengguna Android adalah aplikasi bernama Comics. Di dalamnya Anda dapat membaca dan juga membeli secara langsung berbagai seri komik terbaru dari perusahaan komik ternama seperti Marvel Comics dan juga DC Comics. Menariknya, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya langsung melalui perangkat mobile Anda. Aplikasi inipun diklaim sebagai perpusataan komik digital terbesar dengan lebih dari 20.000 koleksi komik yang tersedia di dalamnya. Bukan hanya Marvel Comics dan DC Comics, Anda pun dapat membeli dan juga membaca banyak koleksi lainnya dari berbagai produsen komik seperti Image, IDW, Archie dan masih banyak lainnya.

Dengan rilisan aplikasi ini, merupakan salah satu langkah berani untuk menumbuhkan keuntungan bagi komik digital lain selanjutnya. Setelah Anda mengunduh dan meng-install aplikasi komik ini, Anda akan digiring ke halaman fitur penjualan komik. Namun Anda masih dapat mengakses komik gratis di dalamnya. Terdapat dua tab yang dapat dipilih. Pada My Comics Anda akan ditunjukkan aktifitas rutin yang dilakukan aplikasi ini. Sedangkan dalam tab Store sesusai namanya, Anda dapat membeli komik-komik terbaru yang telah resmi dirilis. Comics merupakan aplikasi cross platform, dengan demikian Anda harus membayar melalui perangkat mobile Anda. Sesaat setelah membuka aplikasi ini, Anda akan diberikan tutorial penjelasan bagaimana menggunakan serta mengakses berbagai fitur di dalamnya. Comics memiliki desain tampilan yang cukup nyaman untuk diakses. Dengan tampilan latar hitam putih membuat proses pembacaan komik menjadi lebih menarik dan tidak melelahkan mata.

Anda dapat merubah preferensi sesuai dengan keinginan pengguna, termasuk opsi untuk mengubah transisi animasi, kotak surat, dan juga menampilkan seluruh halamam secara penuh sebelum melakukan proses transisi ke halaman berikutnya. Oleh sebab itu, Comics dapat beradaptasi sesuai dengan tingkat kenyamanan pengguna saat membaca komik digital.

Selain itu, ada pula media penyimpanan data yang dialokasikan kepada memori perangkat mobile Anda. Selain membeli komik, di dalamnya pun tersedia sekitar 500 komik digital yang dapat diakses secara gratis. Proses pembelian komik hanya dapat dilakukan melalui web ComiXology. Oleh sebab itu, tak salah apabila Wired.com mengatakan bahwa Comics solves the problem of reading comics on the small screen. Dengan demikian aplikasi komik ini dapatkan dikatakan sebagai satu-satunya media membaca komik serta toko yang hadir dengan Guide View Technology.

Salah satu keuntungan membaca komik menggunakan aplikasi buatan comiXology ini adalah kemampuannya menggunakan satu aplikasi untuk membaca banyak komik dari berbagai produsen. Oleh sebab itu, tidak ada lagi alasan untuk membaca komik berdasarkan satu aplikasi buatan satu pengembang saja. Yang terpenting ialah bahwa seluruh fitur yang terdapat di dalamnya adalah resmi, dan bukan dilakukan secara ilegal. Aplikasi ini disediakan untuk perangkat yang berjalan dalam sistem operasi Android 2.1. Oleh sebab itu Anda masih dapat mengaksesnya dengan baik pada perangkat Android lama. Uniknya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan arahan secara legal kepada retail komik yang berada di wilayah Anda sebagai bagian dari fitur Buy in Print.

ComiXology memang nama yang cukup terkenal untuk dunia komik digital pada platform perangkat mobile. Bahkan The New York Times memanggilkan pengembang ini sebagai "iTunes of comics" pada tahun 2011 karena koleksi berbagai komik dari berbagai produsen komik. Tampilan interface aplikasi Comics saat ini telah berubah dari sebelumnya. Hal ini rupanya disambut dengan baik oleh para penggunanya. Terlihat semenjak perubahan interface, grafik pengunduhan Comics di Google Play Store terus meningkat. Ingin segera membaca koleksi komik digital di dalam aplikasi ini? Anda dapat mengunduh Comics secara gratis di sini. [MS]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel