1

Video: Buruh Pabrik Tablet PC Android di Cina Hasilkan 4.000 Tablet Per Hari

21 Jun 2012 14:30 2433 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Upah yang diberikan kepada buruh pabrik yang kecil mungkin sudah bukan lagi rahasia publik. Namun, proses pembuatan perangkat seperti tablet PC Android dengan detail dan percobaannya dapat menjadi hal yang menarik untuk diperhatikan.

Banyak perusahaan teknologi mobile yang berbondong-bondong memindahkan pabrik-pabrik produksinya ke wilayah Asia. Negeri Tirai Bambu Cina merupakan salah satu negara pusat manufaktur kapital di dunia. Upah yang diberikan kepada buruh pabrik yang kecil mungkin sudah bukan lagi rahasia publik. Namun, proses pembuatan perangkat seperti tablet PC Android dengan detail dan percobaannya dapat menjadi hal yang menarik untuk diperhatikan.

Di dalam video berjudul "$55 AllWinner Boxchip A13 Tablet Factory Tour" yang dilansir Paseban melalui ARMdevice, Selasa (19/06) para buruh perempuan dengan sangat apik memisahkan dan menyatukan perangkat tablet PC Android AllWinner berukuran 7 inci. Tablet PC Android tersebut dirakit pada pabrik di Shenzhen, China.

Video tersebut menunjukkan setiap bagian kecil perangkat yang disatukan, dan tentunya pekerjaan tersebut tidaklah terlalu menyenangkan. Pasalnya para buruh harus melakukan hal itu berulang-ulang. Video inipun menyebutkan bahwa setiap hari pabrik tersebut memproduksi sekitar 4.000 tablet dalam sehari. Dengan upah yang kecil dan beban kerja yang dominan, tentunya harus dibuat reguliasi yang menguntungkan buruh dan pihak produsen sendiri. [MS]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel