1

Harga Handphone Nokia Mengalami Penyusutan

5 May 2012 14:00 3928 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pabrikan ponsel asal Finlandia, Nokia, yang sempat merajai pasar ponsel telepon seluler di dunia dan menjadi pelopor untuk *smartphone* pertama di dunia dengan Symbian dan Windows Mobilenya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi seluler, banyak pesaing dari Nokia yang bertajuk smartphone bermunculan, seperti Apple dengan iPhone-nya, dan Google dengan Androidnya yang diusung oleh Samsung Galaxy yang saat ini justru merajai pasar *smartphone* dunia.

Pabrikan ponsel asal Finlandia, Nokia, yang sempat merajai pasar ponsel telepon seluler di dunia dan menjadi pelopor untuk smartphone pertama di dunia dengan Symbian dan Windows Mobilenya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi seluler, banyak pesaing dari Nokia yang bertajuk smartphone bermunculan, seperti Apple dengan iPhone-nya, dan Google dengan Androidnya yang diusung oleh Samsung Galaxy yang saat ini justru merajai pasar smartphone dunia.

Untuk mendapatkan kembali posisi puncak untuk klasemen smartphone, Nokia harus berjuang keras untuk menggulingkan saingannya tersebut yang notabene telah menguasai pasar smartphone dengan jalan menyusutkan harga handphone Nokia. Namun, alih-alih menggulingkan pesaingnya tersebut, Nokia dengan ponsel Windows Mobile-nya yang bisa dibilang telah tertinggal jauh dari pesaingnya tersebut dan telah menyusutkan harga handphone Nokia belum cukup tangguh menghadapi gempuran dari kedua pesaingnya itu di pasar penjualan ponsel pintar dunia maupun di tanah air sendiri. Untuk sistem operasi Windows Mobile sendiri saat ini belum dilirik sepenuhnya bagi pada pengguna ponsel pintar diseluruh dunia karena kurangnya inovasi dalam hal pemasaran yang tidak memadai seperti para pesaingnya.

Termasuk juga yang terjadi di tanah air, harga handphone Nokia mengalami penyusutan. Seperti salah satu ponsel Nokia yang mengusung sistem Windows Phone yang notabene baru saja memasuki pasar dalam hitungan minggu, tidak lantas membuat harga dari ponsel tersebut cenderung stabil seperti smartphone lainnya. Seperti Nokia Lumia yang harus menjatuhkan harga handphone Nokia-nya hingga kisaran Rp 150.000,00 untuk bulan ini yang terjadi selamat dua kali penurunan, dari semula turun Rp 100.000.00 lalu diturunkan lagi menjadi Rp 50.000,00 hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Semua seri Nokia Lumia mengalami penurunan yang drastis dalam hal harga, dari Nokia Lumia 800 dan Nokia Lumia 710 yang kini menapaki harga menjadi Rp 2.850.000,00. Dan Nokia Lumia 800 yang terkerek menjadi Rp 5.100.000,00.

Tidak hanya terjadi pada seri Windows Phonenya saja, bahkan harga handphone Nokia yang menganut Symbian Anna pun diturunkan. Ponsel Symbian Anna seperti Nokia 500 dan Nokia 700 mengalami penurunan hingga Rp 200.000,00 pada pasar penjualan ponsel di tanah air yang saat harga handphone Nokia 700 menjadi Rp 2.675.000 yang sebelumnya harga handphone Nokia 700 tersebut bertengger di harga Rp 2.875.000. Tidak hanya seri smartphone Nokia saja yang harus menyusutkan harga, harga handphone Nokia dari seri C pun harus rela diturunkan harganya hingga kisaran harga Rp. 25.000,00.

Sedangkan di sisi lain, pabrikan Android dan iOS Apple masih mendominasi penjualan pasar smartphone di tanah air maupun pasar penjualan smartphone di dunia dan masih memiliki harga yang stabil. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel