1

Ramainya Student Day 3 Se-Jakarta Barat (2)

25 Feb 2012 08:00 2415 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Student Day 3 hari kedua, Rabu (22/02) berlangsung pada pukul 08.00. Para peserta satu per satu mendatangi Ruang Serba Guna Ali Sadikin di Kantor Walikota Jakarta Barat, Jalan Kembangan No. 2. Masih dalam rangkaian gelaran yang sama, pembukaan acara hari kedua dibuka oleh pertunjukkan tarian tradisional khas Sulawesi dari para siswi MAN 1 Jakarta Barat.

Student Day 3 hari kedua, Rabu (22/02) berlangsung pada pukul 08.00. Para peserta satu per satu mendatangi Ruang Serba Guna Ali Sadikin di Kantor Walikota Jakarta Barat, Jalan Kembangan No. 2. Masih dalam rangkaian gelaran yang sama, pembukaan acara hari kedua dibuka oleh pertunjukkan tarian tradisional khas Sulawesi dari para siswi MAN 1 Jakarta Barat. Beberapa booth peserta tampak lengang. Terlebih booth para peserta Job Fair. Student Day 3 kali ini tidak hanya menyuguhkan acara Edu Fair yang diperuntukkan bagi para siswa SMA/SMK/MA se-Jakarta Barat, tetapi dapat menjadi ajang pencarian kerja bagi para alumninya.

Menurut salah satu panitia acara, Job Fair dapat dimanfaatkan oleh para alumni SMK ataupun pencari kerja lainnya untuk dapatkan informasi pekerjaan.

"Panitia mengundang 27 perusahaan yang siap memberikan informasi dan lowongan kerja, khususnya bagi para calon ataupun lulusan SMK yang ingin langsung bekerja. Selain itu, lulusan SMA yang tidak berniat untuk langsung meneruskan ke jenjang kuliah pun, dapat memanfaatkan Job Fair ini untuk mencari informasi mengenai persaingan dunia kerja saat ini" jelasnya

Peserta Job Fair hari kedua tampak lebih ramai dibandingkan pada hari pertama. Namun, ketidakjelasan mengenai informasi acara sempat menjadi kendala tersendiri bagi pengunjung umum yang sengaja datang untuk mencari pekerjaan. Beberapa pengunjung mengeluh mengenai ruang Edu Fair dan Job Fair yang bersatu.

Acara pun diselingi oleh hiburan berupa pertunjukkan seni tari dari berbagai SMA dan SMK di Jakarta Barat. Sementara peserta perguruan tinggi pun tidak lupa melakukan presentasi untuk berinteraksi dengan para pengunjung. Salah satu peserta presentasi tersebut adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Pihak IPB melakukan presentasi dengan cara unik. Mereka berinteraksi dengan para pengunjung menggunakan video yang diolah begitu menarik. Selain itu, mereka tidak lupa membagikan beberapa souvenir kepada para pengunjung.

Booth Paseban pun tidak mau tertinggal. Animo pengunjung semakin bertambah ketika hari menjelang siang. Para siswa tertarik mencoba latihan SNMPTN online yang dapat mereka akses langsung di tempat. Kali ini tim Paseban membuat kuis berhadiah pulsa dari Indosat bagi para siswa yang dapat menyelesaikan beberapa soal latihan dengan benar, adapun soal dalam aplikasi Latihan SNMPTN Online Paseban ini secara khusus disediakan oleh RExa Education Care Bandung.

Mereka kemudian berkumpul untuk mengetahui cara kerja aplikasi latihan tersebut. Sebagian siswa yang gagal menjawab pertanyaan mendapatkan ejekan dari rekan-rekannya. Tapi, bagi mereka yang dapat menjawab soal dengan benar, hadiah berupa pulsa dari Indosat dapat mereka bawa pulang.

Gelaran Student Day 3 ini berawal dari ide dan kepedulian Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) se-Jakarta Barat terhadap keinginan dan kebutuhan siswa setelah lulus sekolah. Ide tersebut rupanya didukung oleh Kasudin Dikmen Jakarta Barat, H. Slamet Widodo yang ikut hadir dalam penutupan acara tersebut. Menurutnya, Student Day 3 dapat menjadi ajang persiapan layanan informasi seluas-luasnya terutama bagi para siswa kelas XII terkait persiapan masuk dunia kerja atau perguruan tinggi. Slamet menambahkan agar setiap kepala sekolah dapat mengakomodasi dan mengerahkan anak didiknya agar target panitia acara tercapai dan berlangsung sukses.

Student Day 3 berlangsung hingga pukul 16.00 sore. Para pengunjung satu per satu meninggalkan Ruang Serba Guna Ali Sadikin. Prosesi penutupan diisi dengan penyerahan piala kepada peserta lomba essay dan prosesi pemukulan gong oleh Slamet Widodo beserta perwakilan panitia dari MGBK. [MS]

Liputan hari pertama Student Day 3 bisa Anda lihat di sini

Ramainya Student Day 3 Se-Jakarta Barat (2)

Ramainya Student Day 3 Se-Jakarta Barat (2)

Ramainya Student Day 3 Se-Jakarta Barat (2)

Ramainya Student Day 3 Se-Jakarta Barat (2)

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel