1

Sayang, XBOX 720 Tak Bisa Dimainkan Tanpa Koneksi Internet

8 Apr 2013 10:20 2020 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Akhir-akhir ini ada gosip terbaru yang berhubungan dengan platform game buatan Microsoft yakni mengenai perangkat Xbox 720 yang ternyata hanya bisa dijalankan menggunakan koneksi internet saja. Hal ini mungkin sangat mengagetkan para gamer di seluruh dunia, dan hampir kebanyakan menentang hal ini.

Akhir-akhir ini ada gosip terbaru yang berhubungan dengan platform game buatan Microsoft yakni mengenai perangkat Xbox 720 yang ternyata hanya bisa dijalankan menggunakan koneksi internet saja. Hal ini mungkin sangat mengagetkan para gamer di seluruh dunia, dan hampir kebanyakan menentang hal ini. Kabarnya, platform Durango (nama lain dari Xbox Microsoft 720) rencananya akan menggunakan fitur Always On, Always Connected, ini merupakan fitur yang akan membuat konsol Xbox 720 selalu terkoneksi pada jaringan internet setiap saat dalam keadaan menyala. Fitur ini memang akan membuat para penggunanya tidak perlu merepotkan diri untuk melakukan pembaruan dari setiap permainan yang dimainkan.

Canggihnya, Xbox ini tidak perlu dimatikan jika sudah selesai dimainkan. Pihak Microsoft selaku pengembangnya telah menanamkan sebuah sistem teknologi baru yang nantinya akan membuat Xbox ini akan menggunakan sangat sedikit daya listrik saat sedang tidak dimainkan. Selain itu, untuk memulai permainan, semua game yang sudah kompatibel dengan Xbox terbaru ini harus dilakukan proses install terlebih dahulu pada hard drive. Prosesnya mungkin hampir sama ketika Anda menginstal sebuah game pada perangkat PC atau laptop, dengan sistem instalasi inilah diklaim dapat mempercepat pemain untuk memulai sebuah game.

Biasanya platform yang tidak membutuhkan proses instalasi akan menjalanksn masa loading yang lama, meskipun Xbox terbaru ini masih tetap didukung media kaset Blu-Ray, Microsoft hanya menggunakan media tersebut untuk mendistribusikan game kepada pemain. Lagipula, pemain juga tidak dapat bermain secara langsung melalui Blu-Ray, tanpa proses instalasi terlebih dahulu.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa fitur Always On, Always Connected membuat banyak pro kontra di kalangan para gamer, dan sepertinya lebih banyak yang kontra. Di berbagai forum game yang membahas Xbox, banyak gamer mempertanyakan bahwa untuk memainkan sebuah game konsol harus selalu terkoneksi dengan internet tanpa putus, bagaimana apabila koneksi sedang buruk atau lambat? Seperti yang sering terjadi pada game online, pastinya akan macet apabila koneksi internet melambat sedikit saja. Contohnya, pada game Point Blank permainan akan tersendat jika Room Master memiliki koneksi yang buruk. Sebagai jawabannya, untuk mengantisipasi hal yang ditanyakan para gamer tersebut, kabarnya Microsoft sudah membuat sebuah sistem di mana jika koneksi internet terputus selama 3 menit lebih, maka secara otomatis game akan terhenti.

Dengan metode Always On, Always Connected bisa dipastikan bahwa Xbox terbaru yang sudah dibeli hanya akan menjadi pajangan di rumah Anda jika tidak ada koneksi internet. Ya, tanpa koneksi internet Anda tidak akan dapat menjalankan game maupun aplikasi apapun. Isu ini akhirnya menjadi cibiran di kalangan para gamer, mereka umumnya tidak setuju dengan sistem yang dipakai Microsoft pada Xbox ini. Hal ini cukup mengkhawatirkan, terutama bagi para gamer yang berada di daerah di mana koneksi tidak selalu stabil. Anda bisa merasakan sendiri di Indonesia kualitas layanan internetnya masih jauh di bawah negara-negara lain. Dengan berbagai respons negatif dari para gamer, Adam Orth selaku Microsoft Studios Creative Director akhirnya menanggapi permasalahan ini dan berbicara melalui akun Twitternya. "Setiap perangkat sekarang sudah 'always on', dan kita hidup di dalam dunia seperti itu," tulis Orth. Selain itu, Orth juga membuat perumpamaan mengenai perabot vacum cleaner yang akan tidak berfungsi saat tidak ada aliran listik. Jadi, ia berpendapat bahwa syarat koneksi internet pada Xbox ini sebenarnya tidak terlalu tinggi dan masih dalam taraf wajar.

Informasi lain yang beredar, Xbox 720 yang direncanakan akan muncul pada gelaran Electronic Entertainment Expo (E3) bulan Juni 2013 ini, rencananya akan didukung dengan beberapa jenis sistem power untuk menjaga konsol tetap pada keadaan online serta tetap sedikit mengonsumsi listrik. Untuk peluncurannya, Xbox terbaru ini diperkirakan akan dihadirkan pada akhir tahun 2013 atau mungkin awal 2014. Konsol ini sengaja dirancang untuk bersaing dengan PlayStation 4 generasi terbaru, namun yang menjadi andalan adalah bahwa konsol ini akan dilengkapi sensor gerak Kinect yang akan menjadi salah satu power game Microsoft. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel