1

Bocoran ROM Android Jelly Bean Pada Sony Xperia P

3 Apr 2013 21:20 3025 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bocoran ROM Sony Xperia P sepertinya menjadi kabar cukup menyenangkan bagi pemiliki ponsel canggih ini, tapi benarkah cukup aman?

Jika Anda memiliki smartphone Sony Xperia P maka Anda akan gembira mendengar beberapa berita bagus mengenai update Android Jelly Bean. Baru-baru ini dikabarkan bahwa Android Jelly Bean resmi dirilis yang notabene lebih cepat dari perkiraan karena mengikuti sneak preview screenshot di mana menunjukkan perangkat lunak yang bekerja pada Xperia P. Tidak lama kemudian ada berita lebih lanjut tentang bocoran ROM Android Jelly Bean, aAkan tetapi perlu diketahui bahwa proses penyempurnaan ROM Jelly Bean ini tengah berlangsung dan belum selesai tapi bisa diterapkan. Maksudnya, meskipun ROM ini belum sempurna dibuat, Anda tetap bisa mencoba dan menggunakannya.

Sebelumnya, ketika Anda membaca atau mengikuti update beberapa hari yang lalu, Anda akan mendapati screenshot yang menunjukkan nomor produksi 6.2.XXXXX dan versi kernel 3.0.8. ROM Jelly Bean yang kini telah bocor memiliki nomor produksi 6.2.A.0.399 dengan versi kernel 3.0.8 + dan ROM ini dikembangkan untuk menguji unit pengembang Sony Xperia P secara internal meskipun telah ditemukan untuk bekerja pada unit produksi standar .

Paseban juga akan menunjukkan bahwa karena ROM ini belum selesai, tidak semuanya bekerja dengan layak seperti seharusnya. Ada juga unsur-unsur tertentu yang hilang dan tidak seperti yang Anda harapkan. Jelly Bean firmware 6.2.A.0.399 ditandai hanya untuk mengikuti preview bocoran yang telah diberitahukan sebelumnya. Ini khusus untuk Xperia P (LT22i) dan pengembang DooMLoRD juga menyebutkan bahwa firmware ini dimaksudkan untuk fitur pengujian internal. File-file tertentu dapat hilang atau mungkin telah ditambahkan pada saat rilis final resmi.

Pengembang ROM untuk Xperia P ini memberi catatan bahwa ROM seperti ini mudah untuk flash update.zip melalui recovery, prerooted dan busybox yang terinstal tetapi mencatatkan bahwa hal-hal tidak bekerja (sering dilaporkan) adalah bahwa kernel yang diberikan tidak memiliki recovery kerja dan bahwa baseband tidak diakui.

Perlu ditekankan bahwa jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan Anda tidak perlu melakukan flash pada ROM Experia P ini, karena sebaiknya Anda menunggu update resmi yang datang dari Sony. Hal ini lebih ditekankan karena ROM yang belum selesai dan fakta bahwa itu benar-benar dimaksudkan untuk digunakan hanya untuk kalangan pembuat saja (meskipun fakta menunjukkan bahwa ROM ini bootable pada unit produksi). Jika Anda merasa cukup memenuhi syarat untuk terus maju meskipun kemudian harap dicatat bahwa Anda melakukannya dengan resiko Anda sendiri dan itu adalah tanggung jawab Anda sendiri jika ada yang tidak beres. Bagi banyak pembaca, membuat pengaturan perangkat adalah sesuatu yang benar-benar hal yang mengasyikan, jadi artikel ini hanyalah bersifat informasi, Anda dapat membuat keputusan Anda sendiri.

Jika Anda bertekad untuk melakukan flash pada ROM Jelly Bean Xperia P, Anda harus menyiapkan backup perangkat Anda termasuk data SDCARD sebelum Anda memulai flashnya. Untuk melakukan flash, Anda akan perlu menjalankan ICS ROM Stock atau ROM AOSP berbasis stock. Tentu saja Anda juga harus memastikan bahwa bootloader perangkat Anda tak terkunci.

Untuk mengetahui semua hal yang Anda butuhkan, carilah tautan link sumber XDA sebelum Anda menemukan Jelly Bean dengan firmware 6.2.A.0.399 yang bocor, screenshot lebih lanjut, peringatan, persyaratan dan petunjuk instalasi penuh. Bahkan meskipun Anda memutuskan bahwa flashing ROM ini bukan untuk Anda, setidaknya ini adalah tanda lain yang menjanjikan bahwa rilis resmi Jelly Bean untuk Xperia P mudah-mudahan tidak akan lama lagi.

Pemilik Sony Xperia P yang berminat bisa mencoba melakukan flash pada perangkatnya tersebut meskipun hal ini sangat tidak dianjurkan. Perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan flash pada Xperia P, terlebih dahulu harus menjalankan ROM ICS bawaan atau bisa juga menjalankan ROM dari AOSP. Ingat, saat Anda benar-benar ingin melakukan flash pastikan bahwa bootloader-nya tidak terkunci. [MR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel