1

Nvidia Tegra 4i - Chipset Processor Terbaru Yang Terintegrasi Dengan 4G LTE Buatan Nvidia

2 Apr 2013 17:30 1947 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Baru-baru ini Nvidia memperkenalkan chipset processor terbaru yang sudah terintegrasi dengan 4G LTE. Dan meski memiliki sebutan **Nvidia Tegra** 4i, namun chipset baru ini bukan sekedar revisi minor dari Tegra 4 yang sudah hadir lebih dulu. KeberadaanTegra 4i dan Tegra 4, juga membuat produsen ponsel superphone/smartphone dapat memanfaatkannya pada produk berbeda. Jika Tegra 4 lebih ditujukan untuk penggunaan tablet dan smartphone berdimensi lebar dengan konsumsi daya besar.

Baru-baru ini Nvidia memperkenalkan chipset processor terbaru yang sudah terintegrasi dengan 4G LTE. Dan meski memiliki sebutan Nvidia Tegra 4i, namun chipset baru ini bukan sekedar revisi minor dari Tegra 4 yang sudah hadir lebih dulu. KeberadaanTegra 4i dan Tegra 4, juga membuat produsen ponsel superphone/smartphone dapat memanfaatkannya pada produk berbeda. Jika Tegra 4 lebih ditujukan untuk penggunaan tablet dan smartphone berdimensi lebar dengan konsumsi daya besar. maka Tegra 4i secara spesifik dapat dimaksimalkan potensinya untuk ditaruh pada smartphone bertubuh ramping dan mini yang mulai banyak bermunculan.

Perbedaan mendasar tentu saja pada keberadaan i500 LTE modem sehingga bisa dipakai pada jaringan yang berbeda. Meski demikian kemampuan visual Tegra 4i menjadi terbatas pada rentang piksel 1920x1200 LCD, ditambah dukungan untuk output HDMI 1080p. Dibawah potensi maksimal Tegra 4 yang dapat menembus angka 3200x2000. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat Tegra 4i dibuat dengan dimensi yang lebih kecil dan tidak ditujukan untuk kinerja yang terlalu besar.

Sempat diberi nama kode ‘Project Grey’, kemampuan prosesor baru Nvidia ini memiliki 60 kostumisasi pada GPU-nya, ditambah fifth battery saver core. Sehingga membuatnya lebih efisien dengan performa tertinggi yang bisa dicapai. Tegra 4i juga mengalami overclock hingga 2,3 GHz dari revisi terbaru Cortex-A9.

Selain itu, Tegra 4i merupakan proyek rancangan terhadap komptabilitas inti ARM hasil ‘modifikasi’ dengan chipset mereka. "Tegra 4i adalah solusi SoC (System on-Chip) termutakhir berdasar pada prosesor ARM Cortex-A9 dan memperlihatkan kemampuan ARM,” ujar Tom Cronk, Executive Vice President and General Manager, Processor Division, ARM dalam rilis yang dikeluarkan Nvidia. "ARM dan Nvidia bekerja sama untuk lebih mengoptimalkan prosesor Cortex-A9 untuk mendorong kinerja dan efisiensi di berbagai bidang seperti streaming dan kemampuan respons.”

Kehadiran prosesor baru juga dibarengi dengan kemunculan smartphone Nvidia yang memiliki kode "Phoenix”, yang memanfaatkan prosesor Tegra 4i ini. Namun sampai sejauh ini Phoenix masih sebatas blueprint, dan kehadirannya diperkirakan dapat dilihat pada perhelatan tahunan Mobile World Congress di Barcelona, 25 - 28 Februari 2013. [DMS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel